17 Tempat Wisata di Jogja Yang Ga’ Boleh Ditinggalin Gitu Aja


Siapa sih yang ga’ tertarik buat liburan ke Jogja? Kota ini memang unik, selain luas wilayahnya yang ga seberapa udah gitu kalo udah yang namanya lebaran, tahun baru, natal, paskah, atau libur long week end macetnya bisa setengah mampus hingga membuat kalian berpikir kayakanya mending jalan kaki aja deh di kota yang terkenal dengan makanan khas Gudeg ini. SERIUS! buat saya yang udah lebih dari 25 tahun tinggal di kota ini makanya saya ‘memaksakan diri’ untuk tidak keluar rumah atau memilih naik sepeda kalau terpaksa harus pergi pada hari-hari libur yang tadi saya sebutkan di atas…mentok-mentok saya milih buat ‘ngonthel’ lewat jalan tikus yang hanya warga Jogja saja yang tau. Di Malioboro misalnya, sejak area parkir motor di pindah hampir 100% ke taman parkir tingkat di Abu Bakar Ali, maka suasana pejalan kaki alias pedestrian di Jogja makin nyaman, bahkan kalian bisa masuk ke Malioboro Mall terus beli es krim 5 ribuan di dekat eskalator menuju swalayan terus duduk-duduk cantik di bangku-bangku pedestrian sambil foto-foto selfie di sana. Nah pada saat kalian merasa nyaman itulah kita yang tinggal di Jogja memilih buat ga’ keluar rumah dan nonton National Geographic aja sampe puas.

Cuma begini, saya sadar betul bahwa pemasukan terbesar kota tempat saya tinggal ini adalah dari pariwisata, jadi saya dan semua warga Jogja akan tetap menyambut kalian semua yang akan liburan ke Jogja, silahkan belanja sebanyak mungkin, jajan sampe kenyang, dan ngubek-ngubek kota ini, TAPI INGAT!!! Jangan ‘Nyampah’ ya…karena saya lihat sendiri pemerintah repotnya setengah mampus buat bersihin sampah-sampah dari ‘orang kampungan’ yang naik mobil atau motor terus buang plastik bungkus makanan sembarangan, terus terang KALIAN KAMPUNGAN!!! jadi jangan kaya begini ya…plissss yuk kita jaga kota ini bareng-bareng

Balik lagi ke masalah tempat wisata ya, di artikel ini saya mau kasih 17 daftar tempat wisata yang mestinya kalian jadikan pertimbangan buat mempersiapkan liburan ke Jogja

#1 Kraton Yogyakarta

Harus tahu bahwa ada 2 pintu di Kraton ini yaitu pintu masuk depan (untuk melihat taman dan hall bersejarah) dan pintu masuk belakang (untuk melihat museum Sri Sultan HB IX), ada FREE SHOW di Kraton setiap jam 10-12 jadi jangan dilewatkan ya — baca tentang Kraton Jogja di sini

sultan palace yogyakarta 4

#2 Benteng Vre de Burg

Benteng peninggalan Belanda bernama Vre de Burg ini masih tetep keren buat dikunjungi, selain ada diorama jaman perang sekarang juga ada cafe dimana kalian bisa santai sambil ngopi cantik di dalamnya

#3 Museum Batik Ullen Sentalu

Jangan bilang ga’ seru dulu tentang museum karena museum ini akan jauh dari ekspektasi ‘BASI’ kalian. Museum ini konon dimiliki oleh banyak orang yang salah satunya adalah keluarga kerajaan dan di dalamnya ada banyak koleksi batik, lukisan, baju kerajaan dari raja-raja terdahulu. Masuk ke museum ini anda akan diajak masuk ke lorong bawah tanah ber-AC yang begitu selesai kalian akan disuguhi minuman tradisonal kegemaran raja

TAPI INGAT!!! Jangan ‘Nyampah’ ya…karena saya lihat sendiri pemerintah repotnya setengah mampus buat bersihin sampah-sampah dari ‘orang kampungan’ yang naik mobil atau motor terus buang plastik bungkus makanan sembarangan

#4 Pantai Ngobaran Gunung Kidul

Garis pantainya memang pendek, tapi di dekat pantai ini ada Pura dan situasinya lebih damai dibandingkan ketika kalian pergi ke pantai-pantai yang udah ‘sejuta umat’ seperti Parangtritis

#4 Taman Sari

Taman Sari ini selalu menarik, aura kerajaan jaman dulu masih kental terasa begitu kalian masuk melalui pintu utamanya. Jalan yang tenang ya waktu melewati perkampungan orang-orang di Taman Sari, mereka bekerja sebagai pekerja seni dan pengajar kursus batik, bisa dicoba!

#5 Rafting di Sungai Progo

Rafting tentu seru banget buat dilakukan pas liburan, main air, basah-basahan…rasanya ga ada aktivitas yang lebih seru daripada ikut rafting

#6 Pantai Nguyahan

Pantai ini ‘sodara-nya’ pantai Ngobaran, jadi sekali jalan ke Gunung Kidul dan bayar sekali di loket wisata kalian bisa datang dan menikmati 2-4 pantai yang berbeda, hemat kan!

#7 Candi Prambanan

Candi saksi cinta bandung Bondowoso ini akan selalu asik buat dikunjungi, sempetin juga makan pecel sambil duduk-duduk santai di atas taman rumput dan lebih asik lagi kalo datang pas sore sambil liat sunset terus lanjut nonton pertunjukan Sendratari Ramayana – Lihat info dan harga tiket Sendratari Ramayana di sini (JANGAN MEPET-MEPET belinya, ini show selalu SOLD OUT)

#8 Malioboro

Belum ke Jogja kalo belum ke Malioboro, sempetin juga masuk ke Jalan Ketandan yang berada di tengah-tengah Malioboro, area ini adalah pecinan-nya kota Jogja, seru banyak makanan enak khusus kalian yang doyan masakan olahan Babi ngui-nguik

#9 Goa Pindul

Tempat ini favorit banyak orang dan banyak sekali operatornya kalian bisa pilih salah satu diantaranya, cuma ingat ya, kapasitas maksimal goa ini buat hanyut-hanyutan pake ban tidak lebih dari 4000 orang dan bisa membludak sampai 30.000 orang pada saat libur lebaran…siap-siap lah dengan hal ini!

#10 Pantai Ngandong

Pantai ini termasuk ‘pantai baru; di kawasan Gunung Kidul, kalian bisa sekaligus mengunjungi pantai indah ini sewaktu menuju ke daerah selatan dari kota Jogja, jarak tempuh sekitar 50km dan bisa ditempuh antara 1,5 – 2 jam pada hari normal

#11 Candi Borobudur

Candi Buddha terbesar di Asia Tenggara ini selalu jadi daya tarik wisatawan, mengunjungi-nya siang hari memang keren tapi siap-siaplah buat bejubel degan ribuan orang lainnya. Buat yang pergi baik sendirian atau dengan rombongan tapi males panas-panasan siang hari bisa gabung ke sharing tour (tur bareng-bareng) buat lihat sunrise di Borobudur, silahkan lihat paket tur bareng-bareng Sunrise Borobudur di sini

tur borobudur

#12 Lava Tour di Merapi

Seru nih aktivitasnya, kalian bakal naik jeep atap terbuka terus jempalitan di atas bekas guguran lava yang sempat membanjiri Jogja atas erupsi merapi tahun 2010 dan 2012 lalu. Kalian akan melewati bunker tempat persebunyian yang justru pada waktu itu memakan korban dan juga melewati rumah juru kunci legendaris Mbah Maridjan

#13 Candi Ratu Boko

Jangan terjebak sama foto-foto di internet yang menampakkan gamar ratu boko karena yang banyak kalian lihat itu hanya ‘pintu gerbang’ nya si Kraton Boko, jalan kaki sekitar 15-20 menit akan membuat kalian melihat candi aslinya yang terdiri dari istana kerajaan jaman dulu disertai dengan kolam-kolam cantik di dalamnya

#14 Goa Jomblang

Jangan banyak harap bisa masuk ke Gua Jomblang kalau kalian males bangun pagi, NO EXECUSE!!! tur di gua ini rebutan dan hanya dibatasi 60 orang per hari yang boleh turun karena semua katrol yang membuat kalian bisa turun dan melihat sun-Ray dilakukan secara manual pake orang, INGAT!! jangan lebih dari jam 10 pagi sudah harus sampai di sana kalau mau turun ke gua-nya

#15 Kalisuci

Nih ada tempat wisata yang lagi trend, namanya Kalisuci, silahkan cebur-ceburan di gua, ga usah takut karena dikasih pelampung buat semua tamu

#16 Kabaret Oyot Godhong

Pernah denger tentang show para ‘laki-laki cantik’ di Thailand? nah di Jogja juga ada, namanya show Oyot Godhong, lokasinya di Mirota Batik Malioboro lantai 3, show jam 19.00 selama 1,5 jam

show kabaret oyot godhong

#17 Kalibiru

Mmapirlah ke tempat keren satu ini terus jangan lupa foto selfie sambil berlatar belakang pemandangan kali biru yang indah

Selamat berlibur di Jogja, semoga informasi ini bermanfaat buat kalian semua, tetap hati-hati selama di jalan dan hormati kearifan lokal.

Boma

Professional blogger since 2010 who put a concern to write a story about traveling, culinary, and hospitality services - An airbnb Host since 2013 in Boma House Yogyakarta

One thought on “17 Tempat Wisata di Jogja Yang Ga’ Boleh Ditinggalin Gitu Aja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *