Menjelajah Tempat Wisata Solo


Hi para travel madness ๐Ÿ™‚ Beberapa waktu lalu Boma kembali jalan-jalan nih tujuannya adalah Kota Solo, wuiiiihhh ternyata penataan kotanya menarik. Kota ini berkesan sangat “hidup” baik di saat siang dan malam hari. Perjalanan dari Jogja cuma memakan waktu 1,5 jam via mobil, bisa lebih cepet lagi kalo temen-temen mau naik kereta Prambanan Ekspress atau disingkat dengan istilah PRAMEKS. Kalo diitung perjalanan Jogja-Solo lebih cepet nyampe dibandingkan kalo kita pulang kantor dari daerah Senayan menuju Depok, wuaaa bisa stress dijalan.

Kali ini Boma milih hotel rada bagus namanya Solo Paragon bertempat tidak jauh dari jalan utama Jl. Slamet Riyadi. Beruntung hotelnya baru aja di-launching hehehe jadi masih “mulus”.

Untuk pemesanan hotel Boma melakukan via online biar lebih praktis dan berharap diskon dari Agoda (tempat boleh Oye tapi urusan diskon mah teteeeeep), temen-temen bisa booking Hotel ini dengan klik banner Agoda dibawah ini :

Abis check in, nurunin barang bawaan, dan nge-cek kamar langsung deh turun ke lobi…..ehhhhh ternyata di lobi lagi ada acara Jazz Music, hahayyyyyy nonton bentar ah,selama gratisan ga akan Aku sia-siakan.

Nah…menurut cerita temen-temen yang asli Solo ada beberapa tempat wisata solo yang bisa kamu datengin, misalnya Keraton Solo, Alun-Alun Kota, Pasar Klewer dan Pasar Beteng (buat yang pada doyan belanja murah), Jl Triwindu (buat yang pada cari barang bekas tapi yahud), dan tentunya wisata kulinernya Donkkkk ๐Ÿ™‚

Kalo berkunjung ke Solo, selalu ingat sama yang namanya Nasi Liwet, Timlo, Serabi, dan Susu Shijack hahayyyy ini makanan khas yang mesti kalian coba.

Nasi liwet yang aku coba kemarin sih ada di Keprabon dan tentu saja ditemani ibu-ibu sinden yang akan selalu menyanyi lagu-lagu semi keroncong dan campursari.

Selanjutnya ada tempat minum susu murni yang terkenal di Solo namanya Susu Shijack, semacam warung tenda dengan berbagai pilihan menu ringan seperti sate telur puyuh, roti bakar aneka rasa, dan tentunya variasi olahan susu segar. Shijack ini punya banyak cabang di Solo jadi temen-temen bisa temukan warung tenda ini dengan mudah

Nah waktu udah menunjukkan pukul 10 malam jadi sudah saatnya balik ke hotel untuk istirahat, seandainya teman-teman ada yang tahu lokasi ter-ENAK dari beberapa makanan di atas boleh banget di share dengan cara kasih komentar di bawah ini ya…

Nah hari sudah pagi, saatnya mandi dan sarapan terus bisa langsung check out dari hotel yang asik ini dan tentu saja menjelajah tempat wisata Solo.

Sarapan khas hotel, selalu ada beef, omelet, sosis, keju, dan beberapa pilihan masakan lainnya, yang terakhir Gongnya…minum secangkir teh anget biar perut lebih enak.

Jalanan kota ini cukup rame mobil dan motor,selalu hati-hati kalo mau nyebrang jalan. Di sepanjang jalan saya lihat banyak pepohonan yang bikin Kota Solo sejuk udaranya

Menurut cerita, walikota Solo yang kali ini orangnya concern banget ama namanya pariwisata jadi kota ini terlihat indah.

Ada juga wisata keliling kota yang menggunakan kereta “jaduuuul” banget tapi OK banget danย  ga rugi Guys, ni kereta melintas sepanjang Jl. Slamet Riyadi…mungkin ini sebagai bentuk beda dari bis Hipo di Singapura ama bis yang roofless di Eropa sana, sangat cerdas konsep pariwisatanya.

Sebelum meninggalkan Solo aku sempet mampir ke salah satu Alun – Alun kota ini, yang lucunya ada hewan lucu yang biasanya disebut dengan “Kebo Bule” – emang beda ama Kebo lainnya karena yang ini kebonya albino jadi warna kulitnya itu rada-rada merah, nah konon ini adalah hewan yang dikeramatkan oleh Kesultanan Solo…so sering diarak kalo ada acara keraton.

Oke guys, mari share di sini biar informasi tentang kota Solo bisa terus update…senang kalian sudah membaca postingan ini, see u Guys !!!!


Boma

Professional blogger since 2010 who put a concern to write a story about traveling, culinary, and hospitality services - An airbnb Host since 2013 in Boma House Yogyakarta

4 thoughts on “Menjelajah Tempat Wisata Solo

  • February 10, 2011 at 6:18 am
    Permalink

    OK banget ni website….tambah lagi dunk tempat jj baru..

    Reply
    • February 10, 2011 at 4:08 pm
      Permalink

      siap bro….jalan-jalan ke Medan siap2x jd guide yaaa

      Reply
  • June 25, 2011 at 2:17 am
    Permalink

    Selamat pagi om boman.. ada beberapa lagi yg menurut saya maknyuss…
    # 1 . Gudeg Ceker Bu Kasno di Margoyudan. Buka jam 1-2 pagi.
    # 2. Dim Sum Roda di sisi Barat Gor Manahan Solo.
    # 3. Roti Orion
    # 4. Tengkleng pasar klewer.

    Reply
    • June 25, 2011 at 9:01 am
      Permalink

      Hi Mas Tansend, tx infonya….kmrin baru sempet coba timlo sastro di pasar gede hahaha, makan sambil bau tong sampah tetep enak ternyata…bsk aku coba deh yg di saranin barusa

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *