Liburan Keluarga di Bali dengan Biaya Kurang Dari 8 Juta Untuk 4 Orang


Bisa meluangkan waktu untuk liburan keluarga di Bali rasaya jadi salah satu dambaan setiap anda yang memiliki keluarga kecil. Apa yang akan anda baca dalam postingan ini adalah sebuah cerita nyata dari apa yang sudah saya lakukan bersama istri dan kedua anak saya ketika liburan keluarga di Bali pada bulan Januari 2017 lalu.

Salam kenal saya Bima dan terima kasih sudah mampir ke blog ini, sejak 2010 saya membangun blog ini dengan tujuan agar setiap orang yang membaca tulisan saya akan selalu punya impian untuk meluangkan waktu berlibur bersama keluarga. Liburan tidak selalu harus berlama-lama, anda juga tidak perlu terlalu boros tapi juga jangan sampai terlalu ‘ngirit’, intinya adalah bagaimana cara anda menetapkan target liburan dan menikmati setiap langkah kaki anda.

Mempersiapkan Liburan Keluarga di Bali

Paska kejatuhan bisnis yang menelan kerugian sampai dengan 200 juta dan membutuhkan waktu pemulihan yang memakan waktu hampir 3 tahun, saya bahkan tidak bisa meluangkan waktu untuk berlibur karena konsentrasinya adalah memulihkan cashflow bisnis agar pulih kembali.

Hingga pada bulan januari 2016 ketika usaha sudah mulai pulih saya berdiskusi dengan istri bagaimana kalau kita merencanakan liburan keluarga di Bali sebagai bentuk rasa syukur dan refreshing paska kebangkrutan. Jika sesuai dengan rencana maka liburan keluarga di Bali ini akan berlangsung pada bulan Januari 2017, tepat 1 tahun saya dan istri punya waktu untuk menabung.

Liburan pertama paska kebangkrutan bisnis tentu tidak bisa berlama-lama seperti pada waktu saya dan keluarga liburan ke Hong Kong, karena itu ditetapkan bahwa kami hanya akan berlibur selama 4 hari 3 malam di Bali, sebuah waktu yang relatif cukup bagi kami untuk meluapkan rasa syukur kehadirat Tuhan serta melepas penat sejenak. Agar liburan ini jadi lebih mengasyikkan maka ada beberapa hal yang saya persiapkan yaitu:

  1. Mengurangi hutang kartu kredit SEBANYAK MUNGKIN sehingga sepulang dari liburan kami tidak menyisakan hutang
  2. Membayar semua tagihan liburan secara TUNAI tanpa ada cicilan sepeser pun
  3. Menabung SEBANYAK MUNGKIN
  4. Mencari tiket pesawat TERMURAH yang bisa kami beli
  5. Menginap di hotel yang dirasa CUKUP untuk melepas penat dan bukan untuk pamer selfie
  6. Bepergian di Bali dengan mobil sewaan TERMURAH yang tetap memberikan rasa aman dan nyaman
  7. Tidak segan untuk MAKAN APA ADANYA sekalipun hanya jajanan pinggir jalan

Pembelian Tiket Pesawat dari Yogyakarta ke Bali PP

Berbeda dengan beberapa teman yang sama sekali ‘ngirit’ pada waktu liburan keluarga di Bali sehingga harus naik mobil selama 22 jam lebih dari Jogja, saya tetap memutuskan untuk menggunakan pesawat dengan alasan faktor kenyamanan dan pengalaman terbang bagi anak-anak.

Jika anda perhatikan kedua screenshots di bawah ini maka bisa dilihat bahwa saya membeli tiket pesawat pulang pergi di waktu yang berbeda dimana hal tersebut dilakukan karena semua pengeluaran liburan di bayar secara bertahap sesuai dengan jumlah uang yang ada di tabungan.

Tiket Berangkat Jog-Dps (4 orang)

Saya membeli tiket berangkat di Traveloka untuk 2 dewasa dan 2 anak (usia 7 dan 4,5 tahun artinya bukan infant) pada tanggal 5 September 2016 dimana ini adalah pengeluaran liburan pertama yang saya bayar, hotel, ground transportation, dll tentu saja belum .

Seperti di atas bahwa saya membeli tiket pesawat ini LUNAS TANPA CICILAN KARTU KREDIT dimana untuk tiket berangkat 4 orang Jog-Dps saya membayar Rp. 1.661.008 –> biar lebih mudah saya bulatkan jadi Rp. 1.661.000,-

biaya liburan keluarga di bali
Tiket berangkat

Tiket Pulang Dps-Jog (4 orang)

Selama 1 bulan saya dan istri menabung keras untuk bisa membeli tiket pulang sehingga pada tanggal 14 Oktober 2016 kita bisa membeli tiket pesawat melalui kartu kredit sebagai perantara yang setelahnya juga saya bayar LUNAS!

Dalam screenshots di bawah ini terlihat bahwa saya mendapatkan harga Rp. 1.828.377 –> biar lebih mudah saya bulatkan jadi Rp. 1.828.000,-

tips liburan keluarga di bali
Tiket pulang

Pemesanan Hotel Selama Liburan Keluarga di Bali (3 Malam)

Dalam liburan kali ini saya sengaja mengajak keluarga untuk bermalam di 2 lokasi yang berbeda yaitu Ubud dan Denpasar. Ubud adalah sebuah tempat yang menarik sehingga saya ingin memberikan gambaran kepada anak-anak bahwa daerah ini adalah tempat yang menyenangkan bagi siapapun yang ingin menikmati pemandangan alam dan kesunyian.

Villa Mandi di Ubud

Jika anda berlibur dengan keluarga di Ubud maka saya bisa merekomendasikan untuk menginap di Villa Mandi, sebuah villa keluarga yang nyaman lengkap dengan teras, air panas, kolam renang yang menghadap ke sawah serta sudah termasuk sarapan untuk 2 orang.

villa mandi best to stay in ubud
yeehayyy….pool

Anda bisa memesan villa ini baik melalui beragam platform penyedia hotel yang salah satunya adalah Agoda.com, dan kembali saya ingatkan bahwa pastikan anda membayarnya secara LUNAS juga dan bukan dengan menyisakan hutang agar sepulang dari liburan kondisi keuangan anda tetap stabil.

Di dalam pemesanan hotel ini saya membayar Rp. 307.154 (saya bulatkan jadi Rp. 307.000) untuk 1 malam termasuk sarapan untuk 2 orang dimana pada prakteknya nanti saya menambah 2 porsi sarapan @Rp. 25.000 sehingga total tambahan sarapan adalah Rp. 50.000,-

hotel untuk liburan keluarga di bali

Untuk memudahkan anda dalam melihat seperti apakah Villa Mandi itu silahkan lihat vlog saya di bawah ini…

Legian Sunset Residence

Setelah 1 malam di Ubud saya memilih untuk meluangkan 2 malam sisa liburan saya di daerah perkotaan dimana saya menginap di daerah Seminyak dimana terdapat sebuah hotel keluarga yang saya sewa dengan Airbnb dengan harga USD41.20/malam + service fee USD10.30, jadi untuk 3 hari 2 malam di tempat ini saya membayar USD92.70 atau Rp. 1.300.000,-

Hotelnya menarik karena terdapat kolam renang, microwave, kulkas, serta terdiri dari 2 lantai dimana dikedua lantainya terdapat 2 queen bed. Tentu saja villa semacam ini sangat memudahkan saya dalam beristirahat karena saya bisa membagi ruangan tidur dengan anak-anak.

Jika anda ingin menginap dengan Airbnb maka silahkan ambil voucher USD30 dari saya dengan catatan biaya menginap sebelum ditambahkan dengan airbnb service anda minimal USD70

Sama seperti di atas, untuk memudahkan anda melihat seberapa nyaman villa ini maka silahkan lihat vlog saya di bawah ini…

 

Sewa Mobil di Bali

Jika anda bisa mengendarai mobil maka menyewa mobil selama liburan keluarga di Bali adalah pilihan terbaik karena hal ini bisa memperkecil biaya transportasi ketimbang anda harus menyewa mobil dan driver. Mobil sewaan favorit bagi saya dan keluarga selama di Bali adalah Karimun Estilo, sebuah mobil mungil dengan cc 1000 yang sangat irit dan lincah untuk muter-muter di Bali.

Standar harga mobil ini adalah Rp. 175.000 untuk 24 jam dimana dalam perjalanan kali ini saya menyewa untuk 3 x 24 jam sehingga total yang harus saya bayarkan adalah Rp. 525.000.

Karena cc mobil ini kecil maka untuk perjalanan selama 4 hari 3 malam di Bali saya hanya menghabiskan uang bensi Rp. 200.000 dimana saya melakukan perjalanan mulai ke Pura Ulun Danu, Ubud, Bali Safari Marina Park, dan tentu perkotaan di sekitar Legian dan Denpasar.

Tiket Bali Safari Marine Park

Bisa dibilang bahwa inilah pengeluaran terbesar untuk memasuki tempat wisata yang saya kunjungi. Di dalam wahana ini saya membayar Rp. 150.000 x 2 dewasa = Rp. 300.000,- +++ Rp. 110.000 x 2 anak = Rp. 220.000 sehingga totalnya adalah Rp. 520.000.

Dengan membeli tiket ini anda sudah bisa melihat free show hewan, show gajah, dan muter-muter sampai puas menggunakan shuttle yang disediakan secara gratis oleh pihak taman safari.

 

Total Keseluruhan Biaya Liburan Keluarga di Bali 4 Hari 3 Malam

Setelah anda membaca cerita saya di atas maka saya akan membuat kesimpulan tentang rincian biaya liburan keluarga di Bali selama 4 hari 3 malam yang saya keluarkan, adapun datanya sebagai berikut:

  • Tiket berangkat 2 dewasa dan 2 anak – Rp. 1.661.000
  • Tiket pulang 2 dewasa dan 2 anak – Rp. 1.828.000
  • 1 malam di Villa Mandi Ubud (termasuk sarapan 2 orang) – Rp. 307.000
  • Tambahan sarapan 2 orang x 25 ribu – Rp. 50.000
  • 2 malam x 650 ribu di Legian Sunset Residence – Rp. 1.300.000
  • Sewa Karimun Estilo 3 hari x Rp. 175.000 – Rp. 525.000
  • Bensin mobil selama di Bali – Rp. 200.000
  • Makan malam special seafood di Menega Jimbaran – Rp. 300.000 (terdiri dari ikan + kerang + udang + sayur + buah + nasi) Menu ini saya makan 2x untuk makan malam dan dibawa pulang untuk sarapan keesokan harinya)
  • Tiket Bali Safari Marine Park 2 dewasa dan 2 anak – Rp. 520.000
  • Uang saku untuk makan selain di Menega, parkir mobil, snack, dan beli oleh-oleh – Rp. 1.000.000 (saya sempat makan di Burger King bandara, warung mie instan, nasi padang, dan beberapa kali nasi campur khas Bali serta mampir beli oleh-oleh di Krisna)
  • TOTAL Rp. 7.691.000 (Tujuh Juta Enam Ratus Sembilan Puluh Satu Ribu Rupiah)

 

Kesimpulan

Sangatlah mungkin anda melakukan liburan keluarga di Bali untuk 4 orang (suami, istri, dan 2 orang anak) dengan biaya KURANG DARI 8 JUTA RUPIAH, untuk waktu yang sama dengan saya yaitu 4 hari 3 malam sahabat saya menghabiskan biaya hampir 15 juta dan ketika saya tanya maka ada pembengkakan budget di hotel dan makan, mereka menginap di hotel bintang 3 serta makan di restoran yang bisa dibilang menengah ke atas.

Platform liburan yang saya rekomendasikan:

  • Traveloka – anda bisa mencari tiket murah melalui situs ini
  • Agoda.com – ini adalah situs pencarian hotel terbaik yang saya rekomendasikan untuk anda pakai
  • Airbnb – manfaatkan voucher diskon USD30 milik saya jika reservasi kamar anda minimal USD70

5 Fakta Menarik Tentang Liburan di Bali

  1. Seporsi nasi campur yang terdiri dari telur separuh, nasi, sayuran, suwiran ayam, dan sate lilit bisa anda beli dengan harga Rp. 20.000/porsi
  2. Mie instan-pun akan tetap enak untuk anda santap di setiap perjalanan anda
  3. Banyak tempat wisata murah di Bali yang bisa anda kunjungi dengan tiket masuk tidak lebih dari Rp. 10.000/orang
  4. Pembelian oleh-oleh adalah faktor boros terbesar yang bisa anda kendalikan
  5. Anda bisa berlibur tenang dan nyaman jika SEMUANYA anda bayar TUNAI, tahan penggunaan kartu kredit anda dan biarkan kartu tersebut stand by hanya untuk keadaan darurat*

*Jika anda adalah orang yang sedang terlilit hutang kartu kredit maka anda bisa baca eBook saya bagaimana saya keluar dari hutang kartu kredit yang total kerugiannya mencapai 200 juta, ini bukan mustahil karena saya alami sendiri bahwa kesalahan penggunaan kartu ini bisa membuat anda rugi ratusan bahkan milyatan

Semoga artikel ini bermanfaat buat anda semua yang sedang mempersiapkan liburan keluarga di Bali, silahkan tinggalkan komentar jika anda ingin berdiskusi tentang liburan keluarga anda.

Bima

Professional wedding photographer and blogger since 2010 who put a concern to write a story about photography, traveling, culinary, and hospitality services

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat WhatsApp us