Cara Booking Kamar di Airbnb Buat Kamu Yang Ga’ Ngerti Airbnb

peluang usaha sewa kamarSaya kembali lagi menulis di blog ini setelah menemukan banyak sekali tamu (khususnya orang Indonesia) yang tidak tahu apa dan bagaimana cara memesan kamar di Airbnb. Bagi orang Indonesia yang hobi berlibur ke luar negeri maka menggunakan marketplace ini sudah menjadi hal yang lumrah tapi buat orang Indonesia yang hobi berlibur di dalam negeri memang biasanya tidak paham tentang marketplace yang memang lebih terkenal di kalangan wisatawan mancanegara saat ini. Sebagai host saya perlu kasih tahu anda semua bahwa jika alasan anda menggunakan airbnb hanya untuk cari murahnya harga maka tinggalkan marketplace ini segera karen anda pasti kecewa, traveloka jelas lebih familar untuk anda semua. Tapi jika tujuan anda menggunakan airbnb itu adalah untuk menemukan pengalaman baru dalam hal akomodasi maka marketplace ini sangatlah cocok.

Anjuran cara tanya kamar YANG BENAR antara tamu airbnb dan marketplace lain:

Di atas sudah saya jelaskan bahwa menginap di Airbnb itu BESAR KEMUNGKINANNYA anda akan tinggal dengan pemilik rumah, karena itu budaya kulonuwun, permisi, ramah tamah adalah yang utama karena setiap host bisa mengetahui karakter diri anda dari pertama kali anda menyapa mereka.

Tanya kamar di hotel

“Siang…ada kamar nggak?

Tanya kamar di Airbnb

“Selamat siang nama saya………saya melihat listing hunian anda di airbnb dan rasanya saya nyaman untuk tinggal dengan anda…bolehkah saya tanya apakah ada kamar untuk hari ini?”

ini contoh gaya chat yang benar (baca = sopan) dalam memesan kamar di Airbnb
ini contoh gaya chat yang benar (baca = sopan) dalam memesan kamar di Airbnb


Sudah lihat bedanya? jika anda ingin tanya kamar di Hotel maka anda boleh tanya dengan nada, intonasi, gaya biacara seperti layaknya BOS atau TAMU SUPER yang tanya kepada para staf yang biasanya staf dianggap pelayan yang tanpa perlu unggah-ungguh saja sudah boleh. Sebenarnya mereka (baca = para staf) juga akan lebih senang kalau anda menanyakan dengan baik dan ramah, percaya deh! Tapi di Airbnb anda perlu tanya dengan sangat ramah karena konteks menginap di Airbnb ini adalah anda akan BERTAMU TAPI BAYAR! karena itu keramahan anda adalah hal pertama yang akan dilihat oleh pemilik rumah atau biasa disebut host.

Yang DILARANG untuk ditanyakan di Airbnb

Airbnb MELARANG KERAS baik anda calon tamu maupun kita sebagai host untuk menanyakan dan menyebutkan: alamat email, website, nomer telepon, alamat, dan nomer rekening pembayaran transfer. Tujuannya cuma 1…biar bookingnya via airbnb dan mereka dapat komisi, sesederhana itu saja…business is business anda suka dengan marketplace ini ya tinggal pakai, kalau tidak suka maka tinggal cari yang lain. Mau tahu buktinya? saya sudah pernah di black list sama airbnb hanya karena ada tamu yang menanyakan hal-hal terlarang tadi dan berujung pada saya harus mengirim email secara khusus ke Account Manager Airbnb.

Gimana kalau mau tahu POSISI HUNIAN

Ada teknologi keren di Airbnb namanya GPS, nah pergunakan ini untuk mengira-ira dimana kurang lebihnya posisi si hunian tersebut, coba sesuaikan dengan kebutuhan anda karena alamat hunian BARU AKAN MUNCUL OTOMATIS setelah anda booking via airbnb

Gimana kalau mau jadi WALKING GUEST?

Coba browse di internet dulu tentang hunian yang ingin anda pesan, kalau di internet ada blog, fanpage, atau semacamnya maka anda tinggal hubungi admin hunian tersebut melalui nomer yang ada di website, ingat peraturan awal tadi…menanyakan alamat, nomer telpon, dll akan membuat ANDA JADI TAMU DAFTAR HITAM.

Gimana kalau mau bayar dengan BANK TRANSFER UANG RUPIAH?

Ga bisa!!!! paling tidak hingga saat artikel ini saya tulis (Desember 2016) Airbnb belum punya layanan transfer ATM, bayar di Indomaret dll seperti traveloka, dan jangan sekali-kali lagi menanyakan pada Host kalau mau bayar via transfer gimana karena kode etiknya tidak memperbolehkan…..singkat cerita pembayaran di Airbnb baru bisa dilakukan dengan Paypal atau Kartu Kredit

Apa itu INSTANT BOOKING

Instant booking adalah mode pemesanan dimana anda bisa memesan kamar TANPA APPROVAL HOST. Host dengan tipe booking ini biasanya jauh lbeih profesinal karena dia selalu siap terima tamu kapan saja karena itulah yang punya mode instant booking selalu dipasang sama airbnb di bagian paling atas.

tanda PETIR KUNING adala tanda bahwa host ini bisa instant booking
tanda PETIR KUNING adala tanda bahwa host ini bisa instant booking

Patuhi PERATURAN HUNIAN atau KELUAR!!!!!!

Kalau di marketplace lain ada tagline ‘Tamu Adalah Raja” tapi jangan harap begitu di Airbnb, di sini HOST ADALAH RAJA, anda perlu patuhi setiap peraturan yang diberlakukan oleh setiap pemilik rumah karena setiap host pasti punya peraturan beda-beda.

contoh peraturan dari salah satu host airbnb
contoh peraturan dari salah satu host airbnb

Biasakan KONFIRMASI DAN UCAPKAN TERIMA KASIH

Biasakan berbudaya yang baik dalam memesan kamar, terlepas dari anda jadi atau tidak memesan, sesuai atau tidak hunian tersebut bagi anda, tapi para host sudah berkenan membalas pertanyaan anda maka UCAPKANLAH TERIMA KASIH!

Semoga tulisan ini bisa membantu anda semua yang sedang bingung cari informasi tentang bagaimana caranya pesan kamar dengan airbnb, semoga antara anda calon tamu dan si Host bisa terjadi persahabatan yang baik, selamat liburan!!!!

Yang mau voucher menginap antara USD20 РUSD30 di semua unit airbnb di SELURUH DUNIA (Untuk Transaksi Minimal USD70), silahkan klik di sini!

Boma

Professional blogger since 2010 who put a concern to write a story about traveling, culinary, and hospitality services - An airbnb Host since 2013 in Boma House Yogyakarta

3 thoughts on “Cara Booking Kamar di Airbnb Buat Kamu Yang Ga’ Ngerti Airbnb

  • January 9, 2017 at 2:28 pm
    Permalink

    Halo mas Bima, saya wildan juga host AirBnb di Bandung…
    Wah setelah saya alami selama 5 bulan kebelakang, apa2 yang disebut diatas bener banget! terima kasih sudah sharing

    Reply
  • July 21, 2017 at 2:20 am
    Permalink

    tapi mas, sekarang (tanggal 21 juli 2017) air bnb sudah dalam bentuk rupiah, apa boleh bayar tidak menggunakan kartu kredit? saya mahasiswa blm punya kartu kredit mau travelling rencananya

    Reply
    • July 22, 2017 at 11:19 am
      Permalink

      halo mas ajie, angka rupiah hanya untuk mempermudah kita warga indonesia untuk mengetahui brp harga kamarnya, tapi untuk kena chargenya tetap dikonversi dollar….Airbnb baru bisa melayani dengan kartu kredit maupun paypal mas, blm ada cara lain

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *