Kuliner Khas Turki Mantab !!!

Panduan nyicipin kuliner khas turki langsung di negara aslinya, Buktikan !!!!!

Nyicipin kuliner khas Turki sudah tentu sebuah aktivitas yang hukumnya wajib kalo Boma bilang, masak sih udah jauh – jauh ke Turki masih mau diet juga….ayo…ayo yang lagi pada diet ditunda dulu 1 minggu ya :). Salah satu kenikmatan dalam memesan menu makanan di Turki  adalah kita ga mesti pesen semua pesanan makanan sekaligus dalam 1 waktu, di setiap restoran kita boleh makan 1 -2 menu dulu (bahasa jawanya icip – icipan) baru nanti kalo rasanya cocok kita tinggal order lagi. Berhati – hatilah wahai teman – temanku, kalo ada camilan di depan meja JANGAN DIMAKAN dulu ya….itu bukan gratisan kaya di Indonesia, itu bayar !!! dan bisa jadi tagihan yang muncul akan sangat menyedihkan karena harganya agak terlalu tinggi buah sebuah camilan. Dan ga usah bingung bahwa mayoritas pramusaji tempat makan di Turki akan terus – terusan nawarin teman – teman makanan walaupun makanan belum habis karena hal itu biasa di Turki untuk memastikan bahwa anda akan terus memesannya, cukup bilang “No Thanks” ketika teman – teman sudah merasa cukup dengan hidangan yang disuguhkan. Selanjutnya Boma mau cerita nih tentang asiknya wisata kuliner Turki:

Lokanta

kuliner khas turki

Lokanta ini bisa disebut “warteg-nya” Turki dimana kita bisa memesan menu yang sudah disajikan hangat di sebuah etalase maupun meja saji. Khusus di Lokanta ini teman – teman tidak perlu repot – repot untuk menumpuk piring dan membawanya ke tempat yang sudah disediakan karena. Biasanya dalam sebuah pemesanan makanan, kita akan diberikan juga secara cuma – cuma tambahan seperti supkacangdan hidangan terong. Untuk hidangan penutup ya tidak perlu terlau berharap (karena namanya saja warteg, walaupun adanya di Turki), kalau cuma pudik sederhana biasanya ada dan teman – teman bisa memesannya buat yang pengen melengkapi makannya dengan hidangan pencuci mulut.

Restoran
Memang beda – beda tipis antara Lokanta dan Restoran, biasanya tempatnya akan lebih bagus dan juga diikuti dengan harganya yang lebih mahal, kalau secara menu hampir sama hanya saja makanan di restoran sudah tentu bukan makanan siap saji dan perlu waktu untuk dimasak terlebih dahulu.

Kebab dan Kofteci

Pada dasrnya ini adalah street stall atau penjual makanan di jalan, Kebab tentu saja teman – teman sudah paham, inilah kuliner khas Turki yang bahkan di Indonesia aja seabrek – abrek gerobaknya, tapi ya apa salahnya untuk mencoba kebab ASLI buatan orang Turki dan di negara asalnya. Kalau Kofteci ini semacam kebab juga tapi fokus makanannya seperti bakso yang dipanggang, asik juga untuk dicoba lho teman -teman.

Pideci

kuliner turki usmani

Kalau Itali punya Pizza, nah Turki punya Pideci, gampangnya ini adalah Pizza-nya Turki. Pideci juga dibuat dengan oven kayu bakar seperti layaknya kita liat orang bikin Italian Pizza, dan di sini kita bisa milih topping-nya misal daging sapi, keju untuk makan di tempat atau take a way atau dikenal dengan bahasa setempat Lahmacun Package.

Cukup membuat ngiler ya, Turki memang pada dasarnya jadi sampe dilihat dari aspek kulinernya pun menarik. Jika teman – teman pengen tahu lebih detil tentang kuliner khas Turki dan panduan wisata ke Turki dengan budget yang jauh lebih murah, teman – teman bisa baca ebook Boma tentang Panduan Wisata Turki.

Bima

Professional wedding photographer and blogger since 2010 who put a concern to write a story about photography, traveling, culinary, and hospitality services

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *