Minumas Khas Thailand

Selain makanan, Boma juga ingin memberi bocoran ke teman-teman tentang minuman-minuman khas Thailand. Tidak hanya kopi dan teh saja lho teman-teman, tetapi ada juga kelapa bakar dan es serut ala Thailand. Jenis minuman-minuman yang akan Boma ulas bisa teman-teman dapatkan dari gerai di pasar maupun di kafe ataupun restoran.

Es Kopi Dengan Bola-bola Tepung Beras (Gafa-Yen Lua-mit)




Di Thailand, teman-teman akan melihat banyak gerai yang menjual minuman kopi dengan bola-bola warna-warni. Bola-bola warna-warni itu terbuat dari tepung tapioca atau dari tepung beras, biasanya banyak di campur pada campuran kopi dan susu.

Es Teh (Cha Dum Yen)

Tidak ada racikan yang terlalu special dalam jenis minuman es teh ini. Hanya saja, bagi teman-teman penggemar minuman teh, minuman dengan daun teh Thailand ini pantas untuk dicicipi.

es teh thailand

Es Susu Kental Manis (Num Yen)

Di Thailand, minuman ini sebenarnya hanya campuran dari susu kental manis, susu putih cair dan sirup. Sirup yang digunakan sebenarnya menggunakan produk Hale’s Blue Boy, tetapi orang Thailand melafalkannya jadi ‘Hellbruboy’. Minuman ini mungkin akan menyerupai dengan rasa strawberry milkshake, tapi ada rasa yang tetap beda. Teman-teman harus coba sendiri

Krim Kelapa Muda (Nam Maprow Hom)

Minuman ini terbuat dari daging kelapa muda, yang tentu saja jenis kelapa muda nya berbeda dari kelapa muda yang ada di Indonesia. Kelapa muda Thailand memiliki bentuk kelapa yang lebih kecil. Biasanya minuman ini diberi susu kental manis, dank rim kemudian di blend.

Jus Kelapa Muda (Ma Praw On)

Hampir sama dengan krim kelapa muda, hanya tanpa diberi tambahan susu dan rim.

Minuman Bi Tua (Nam Bi Tua)

Bi Tua adalah semacam buluh atau alang-alang Thailand yang daunnya dapat diseduh dan diminum seperti teh. Minuman ini memberikan warna kehijauan pada airnya.

Teh Buah Bael (Nam Matoom)

Minuman ini termasuk minuman kesehatan di Thailand. Baik untuk melancarkan saluran pencernaan dan mengatasi permasalahan perut seperti mual dan kembung.

Es Serut Hale’s Blue Boy (Nam Kang Siy)

Boma agak ragu hidangan ini seharusnya masuk dalam kategori minuman atau hidangan penutup. Tetapi apapun itu, sangat nikmat dinikmati baik sebagai minuman maupun hidangan penutup. Minuman ini sebenarnya berupa es serut yang diberi sirup merk Hale’s Blue Boy atau Helbruboy dengan susu kental manis. Rasanya manis dan ber krim, seperti es krim soda.

Kelapa Muda Panggang (Ma Praw Paow)

Minuman ini akan di panggang di bara api dulu sebelum di sajikan kepada teman-teman. Biasanya akan ditanya mau diberi es batu atau tidak, kalau Boma akan menyarankan untuk meminumnya selagi hangat, rasanya akan sangat berbeda. Sangat menggiurkan untuk dicoba.

Tamarind (Nam Ma Kham Wan)

Tamarind adalah jenis buah khas Thailand, rasanya sangat asam.

Minuman Kuat Herbal (Ya Dong)

Ya Dong dipercaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit di Thailand. Jika teman-teman coba bertanya pada orang lokal tentang Ya Dong, mereka akan menjawab bahwa mnuman ini terbuat dari penis kadal atau cicak dicampur dengan bahan tanaman narkotik. Tetapi itu hanya bualan saja, bahan sesunggunya tidak lebih dari ginseng, plaonoi, kulit pohon dan vodka atau wiski.

Teh Hibiskus (Cha Ka Jeape)

Teh Hibiskus merupakan teh herbal tradisional Thailand.

The Hijau Thailand – Gotu Cola (Nam Bai Bua Bok)

Bai Kua adalah tanaman herbal hijau yang digunakan untuk minuman kesehatan. Bahkan sudah di klaim bisa menyembuhkan kanker. Bahan utama minuman ini, Bai Kua, juga bisa dimakan mentah-mentah, rasanya agak sedikit pedas.

Teh Chrysanthenum

Satu lagi jenis bunga atau tanaman yang dapat diracik menjadi minuman teh adalah bunga krisan kuning. Bunga yang sudah dikeringkan ini bisa teman-teman dapatkan dalam bentuk masih kasar ataupun yang sudah dihaluskan dan diseduh dengan air panas.

Teh Thai (Cha Yen)

Cha Yen, minuman berwarna oranye cerah diracik dari teh hitam kental, susu kental manis, dan santan.




Bima

Professional wedding photographer and blogger since 2010 who put a concern to write a story about photography, traveling, culinary, and hospitality services

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *