Transportasi di Swiss

Seperti kebanyakan Negara Eropa lainnya, Swiss juga memiliki sistem transportasi yang sangat baik dan bagus, bahkan beberapa situs di internet pun menilai sistem transportasi di Swiss adalah salah satu yang terbaik di Eropa setelah Jerman.

Di Swiss sendiri, walaupun terdapat beberapa alat transportasi seperti kereta, bus dan kapal. Namun, kebanyakan yang berlalu lalang adalah kereta, hal ini karena di Swiss, bis tidak begitu memiliki jalur yang panjang seperti halnya kereta, hanya tersedia beberapa stasiun dan jalur yang berada di dalam kota-kota utama, sehingga bisa dibilang kereta merupakan  alat transportasi utama di Negara ini.

Jalur kereta hampir mencakup semua wilayah yang ada di Negara ini, baik di perkotaan maupun pedesaan. Kita juga tidak perlu khawatir ketinggalan kereta, karena selalu saja ada kereta yang berangkat dengan tujuan yang sama dalam waktu 1 jam. Kereta Swiss dioperasikan oleh beberapa operator regional, masing-masing punya nama sendiri, seperti contoh kereta Gornergrat dibawah ini yang naik dari Zermatt ke Gornergrat, yang menawarkan pemandangan puncak gunung Alpen.

Transportasi di Swiss

Membeli tiket kereta di Negara ini juga bisa dibilang mudah, kita tinggal membayar langsung saat berada di stasiun, ataupun kita bisa menggunakan tiket Pass, semacam tiket sebagai alat pembayaran. Jika rencana liburan lebih dari 3 hari, ada baiknya jika membuat Rail Pass. Pass ini juga terdapat beberapa jenis, tetapi yang paling menjadi favorit dalam liburan versi backpacker adalah Swiss Pass.

Walaupun kereta merupakan alat transportasi yang menjadi favorit di Swiss, tidak menutup kemungkinan bahwa alat transportasi danau/ laut merupakan alat transportasi yang memiliki kesan tersendiri bagi para wisatawan asing. Misalnya seperti di Zurich yang memiliki danau di tengah kotanya, terdapat dermaga Burkliplatz yang berada di bawah Bahnhoffstrasse, salah satu tempat shopping dengan barang-barang mewah di Swiss. Di dermaga ini, Anda bisa menikmati alat transportasi local berupa kapal uap, yang akan membawa Anda menyebrangi Danau Zurich ke daerah-daerah sekitar Zurich. Selain kapal uap, ada juga kapal sungai atau bus sungai yang sedikit lebih murah dibandingkan kapal uap.

Jika teman – teman masih ingin tahu lebih banyak tentang Swiss, yuk baca buku liburan ke Swiss buatan teman Boma yang mantan travel guide dan banyak pengalaman “ngubek-ngubek” Swiss berikut ini.

liburan ke swiss

Bima

Professional wedding photographer and blogger since 2010 who put a concern to write a story about photography, traveling, culinary, and hospitality services

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *