Transportasi Lokal di Seoul bagian 2

Bus Ekspres dan Bus Antar-Kota

Bus Ekspres da Bus Antar-Kota adalah alat transportasi yang cukup populer untuk menghubungkan kota-kota besar di Korea. Rute bus yang cukup lengkap ini juga dapat digunakan untuk pergi kota kecil di pinggir Korea. Waktu perjalanan disesuaikan dengan keadaan jalan, meski kadang bus tidak berangkat tepat waktu karena alasan tertentu, seperti macet. Kurang efektifnya sistem pemesanan tiket bus, calon pengguna bus dianjurkan untuk membeli tiket mereka langsung dari konter bus di terminal. Setelah membeli tiket, kamu harus mencermati setiap keterangan yang ada di lembaran tiket agar tidak salah menaiki bus. Salah satu terminal bus aantar-kota di Seoul adalah Deong Seoul, yang terletak di Gangbyeon Station, Seoul Subway Station Line 2, Exit #4. Terminal ini menyediakan bus yang akan menuju ke beberapa kota di pinggiran Korea.

Bus Lokal di Seoul

Di Seoul, bus adalah salah satu alat transportasi yang cukup nyaman untuk digunakan di dalam kota. Jenis bus dibedakan berdasarkan warna. Bus berwarna biru melewati jalan-jalan utama dan biasanya digunakan untuk menempuh perjalanan jauh. Bus berwarna hijau memiliki rute yang lebih singkat dan mengantarkan penumpang ke titik transfer transportasi, seperti stasiun kereta bawah tanah. Bus berwarna merah adalah bus ekspres yang mengantarkan penumpang ke daerah pinggiran kota. Sedangkan bus berwarna kuning hanya beroperasi di jalur dan distrik tertentu.

Seoul_bus_B144

Kereta

Salah satu alat transportasi yang cukup nayaman digunakan utnuk bepergian antar-kota di Korea adalah kereta. Jika bus dapat terhadang macet, kereta dapat berjalan sesuai jadwal yang akan meminimalisir kemungkinan keterlabatan penumpang sampai di tujuan.

Kereta di Korea diklasifikasikan berdasarkan kecepatan dan fasilitas yang ditawarkan. Adatiga jenis kereta: KTX ekspres, Saemaul dan Mugunghwa yang berupa kereta dengan kecepatan biasa. Harga tiket juga tergantung pada jnis kereta yang akan dipakai. Ada dua  stasiun kereta utama di Korea: Gyeongu Line yang menghubungkan Seoul dan Busan serta Honam Line dari Yongsan yang menghubungkan kota Seoul dan Mokpo.

Bagi pendatang, disediakan KR Pass, kartu eksklusif yang dapat digunakan sebagai kartu pembayaran tarif kereta yang dapat igunakan untuk membaayar tarif KTX untuk waktu-waktu tertentu. Salah satu stasiun utama di kota Seul adalah Stasiun Seoul yang terletak di Seoul Station Square yang dapat dituju melalui Seoul Station (Subway Lines 1, 4, AREX, dan Gyeongui Lines), Exits 1 and 14.

Oh ya, sudah kah teman – teman baca ebook panduan liburan murah ke Korea yang teman Boma tulis, dibaca yuk…ini mempermudah jalan – jalan kita ke Korea jadi bisa lebih ngerti disana nanti mau ngapain dan kemana aja.

info liburan ke korea

Bima

Professional wedding photographer and blogger since 2010 who put a concern to write a story about photography, traveling, culinary, and hospitality services

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *