Ivan Orkin, Bule yang Sukses Bikin Warung Ramen di Jepang dan Amerika

Anda pasti tahu tentang makanan khas orang Jepang yang bernama Ramen, sebuah olahan mie yang disajikan dengan kuah kaldu, telur, dan potongan daging. Rasanya sungguh nikmat karena sensasi menyeruput kuah demi kuah dan menikmati mie khas Jepang ini sungguh luar biasa apalagi ditambah ketika anda menikmatinya di bukan di sebuah restoran bintang 5 melainkan di sebuah kedai atau warung kecil dimana setiap orang bisa duduk berdempet-dempetan dengan pembeli lainnya. Seperti yang anda ketahui bahwa hanya di kota Tokyo saja itu adalah “rumah” dari 10.000 kedai ramen jadi kalau suatu saat nanti anda berkunjung ke Jepang, sempatkanlah untuk mengunjungi warung-warung Ramen yang tersebar di seluruh penjuru kota baik di Tokyo, Osaka, Kyoto, dan di kota manapun anda tinggal. Di Jepang, ramen bukan hanya sebuah makanan melainkan sebuah budaya yang setiap hari orang Jepang lakukan, jadi mereka biasa menyantap ramen sepulang kantor di sebuah kedai-kedai kecil pinggir jalan maupun di warung tenda yang ada di dalam perjalanan mereka menuju rumah.

makanan khas orang jepang


Tapi ada satu kedai ramen yang saya sarankan untuk anda kunjungi, namanya Ivan Ramen. Perlu anda tahu bahwa kedai ramen yang satu ini didirikan oleh orang yang bukan warga asli Jepang melainkan asli orang Amerika bernama Ivan Orkin. Karena kepiawainnya meracik ramen maka hingga saat ini Ivan Ramen bahkan menjad salah satu kedai ramen yang terkenal di seantero Jepang dan digemari oleh warga asli Jepang. Rasanya yang pas serta upayanya untuk menyuguhkan ramen dengan metodenya yang khas-lah yang mmebuat kualitas ramen karya Ivan Orkin ini digemari oleh banyak wisatawan.

Memang sudah menjadi impian Ivan untuk mendedikasikan dirinya di dunia kuliner hingga dia memantabkan hati untuk berpetualang ke Jepang dan mengenal lebih dekat tentang semua hal yang ada di negeri matahari terbit ini. Setelah berpetualang ke sana ke mari maka pada tahun 2007 kedai pertama Ivan Ramen berdiri bahkan karena kesuksesan usahanya Ivan mendirikan cabang keduanya di tahun 2010 bernama Ivan Ramen Plus. Ternyata kecintaan Ivan terhadap kuliner khas Jepang satu ini tidak membuatnya terbuai nyaman dengan keberadaannya di Jepang, dan di tahun 2012 Ivan kembali ke New York Amerika untuk mengembangkan usahanya dengan tetap menjalankan bisnis kedai ramennya di Tokyo.

Dari website resminay www.ivanramen.com anda bisa melihat secara lebih detil tentang Ivan Orkin serta cabang restoran yang dimilikinya. Cabang kedai ramennya yang kedua ternyata tidak hanya lebih besar daripada kedai pertamanya yang hanya muat tidak lebih dari 20 orang, tapi juga lebih sukses dari kedai sebelumnya.

Untuk membuat raman yang berkualitas baik. Ivan mempersiapkan semuanya di dalam kedainya mulai dari kuah kaldunya yang terbuat dari rebusan tulang babi dan ayam (chashu prok) hingga memberikan bumbu khas pada semua bahan dasar ramen yang dibuatnya. Dari semua bahan dasar hanya mie-nya saja yang dibuat di luar kedai dan tetap dengan pengawasan Ivan. Slogan yang diusungnya adalah “Slow Food Fast” membuatnya untuk terus memberikan kualitas bahan-bahan, rasa, dan penyajian terbaik tanpa memberikan tambahan bahan pengawet atau kimia lainnya pada ramen ciptaannya.

Bima

Professional wedding photographer and blogger since 2010 who put a concern to write a story about photography, traveling, culinary, and hospitality services

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *