Tur Perkebunan Kopi di Losari Resort


Saat ini waktu sudah jam 9.30 dan Boma bersiap – siap menuju ke club house sebagai tempat berkumpul para tamu yang mau mengikuti tur kebun kopi. Sebelumnya para pemandu tur menganjurkan kita semua untuk memakai obat anti nyamuk berhubung para hewan penghisap darah itu sepertinya udah pada laper dan buat yang badannya tambun kaya Boma bakal dijadikan sasaran utama. Pukul 10.15 tur dimulai dan kita semua berjalan kaki melewati jalan setapak untuk mengitari perkebunan kopi. Losari Plantation ternyata mempunya beberapa jenis kopi yaitu Exelsa, Robusta, Arabica, dan dan kopi Jawa walaupun yang paling banyak di hasilkan adalah kopi robusta. Produksi kopi di Losari Plantation mencapai 80 ton/tahun dan semuanya itu hanya dikonsumsi untuk kebutuhan resort. Para pekerja kebun kopi termasuk karyawan resort ini kebanyakan diambil dari masyarakat sekitar jadi keberadaan resort ini justru meningkatkan perekonomian sekitarnya..Salut !!!!

Setelah cukup lama berkeliling, para peserta tur dibawa ke ke sebuah tempat peristirahatan dimana kita bisa duduk – duduk sambil istirahat dan tentunya menikmati kopi hasil kebun yang sudah siap dikonsumsi, ada juga minuman jamu tradisional bagi yang ingin mencicipnya. Di tempat peristirahatan ini ternyata juga terdapat beberapa mesin produksi kopi yang masih digunakan dari mesin penumbuk kopi, penyaring, hingga mesin sangrai kopi.

Ga kerasa tur ini sudah berlangusng lebih dari 1 jam dan waktu sudah menunjukkan pukul 11.20 padahal pada pukul 12 tepat barang – barang Boma sudah harus diangkut dari kamar dan selanjutnya check out artinya sudah akan selesai nih liburan Boma di Losari Resort kali ini, overall Boma puas bisa berkunjung ke tempat ini, merasakan kenikmatan beristirahat ala bangsawan, dan dapat banyak pengalaman baru. Selanjutnya masih banyak hal – hal yang Boma ingin bisa share ke teman – teman semua sehingga memberikan wacana baru tentang dunia Jalan – Jalan dan wisata kuliner.

Selalu ikuti jalan-jalan Boma selanjutnya ya teman-teman, Love You All Guys…!!!

Artikel Terkait

Bima

Professional wedding photographer and blogger since 2010 who put a concern to write a story about photography, traveling, culinary, and hospitality services

8 thoughts on “Tur Perkebunan Kopi di Losari Resort

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *