Cara Naik Kereta MRT di Singapura

MRT atau Mass Rapid Transit adalah sebuah moda transportasi di Singapura yang sebaiknya anda pergunakan untuk berkeliling kota, selain ini adalah alternatif transportasi yang cepat, anda juga bisa berhemat hingga 1/5 biaya yang harus anda keluarkan ketika naik taksi.

Secara umum MRT di Singapura banyak dioperasikan di bawah tanah kecuali ketika anda bepergian dari Tanah Merah menuju Bedok, Kembangan, dan Eunos. Sejak dioperasikan saat pertama kali pada bulan November 1987, hingga saat ini ada 174 stasiun dimana 117 sudah beroperaso, 52 masih dalam tahap pengerjaan dan perencanaan, dan 5 sisanya dalam tahap pengecekan kelayakan. Ketika anda baru mendarat di Bandar Udara Changi, maka silahkan cari tanda yang bertuliskan train to city dimana anda akan masuk ke area platform atau pemberhentian kereta. Di area tersebut anda juga bisa langsung membeli tiket one day pass maupun kartu eazylink, jika menemukan kesulitan maka anda bisa menanyakannya ke petugas jaga yang ada di dalam kantor tertutup kaca di dekat platform kereta.

Sebelum mempergunakannya, saya sarankan anda mendownload terlebih dahulu peta MRT – nya terlebih dahulu agar saya bisa mengajarkan kepada anda tentang bagaimana cara naik kereta MRT di Singapura.

jalur kereta mrt
Perhatikan tanda panah keluar masuknya pengguna MRT, anda wajib berdiri teratur di jalur yang sudah ditentukan

Cara keluar dari Bandara Changi dengan menggunakan MRT

Pastikan anda membaca artikel berikut ini sambil membuka peta MRT Singapura!

Jika tujuan anda ingin langsung menuju area Kota Singapura maka pastikan anda mengambil jalur kereta ke arah Tanah Merah (EW4). Jalur EW ini adalah singkatan dari East West Line yang berwarna hijau dimana jalur ini menghubungkan antara Pasir Ris (EW 1) hingga Tuas Link (EW33) – dulu jalur ini hanya berhenti sampai di Joo Koon saja (EW29) tapi beberapa tahun lalu pemerintah Singapura memperpanjang jalur ini hingga Tuas Link.

Cara menuju area Chinatown dari Tanah Merah

Jika di keberangkatan kali ini anda memilih penginapan di sekitar Chinatown maka anda bisa mengikuti panduan yang saya sebutkan berikut ini. Area Chinatown ini termasuk area favorit bagi wisatawan karena banyaknya pilihan hotel dari yang kelas backpacker hingga yang berbintang. Adapun cara memilih dan menggunakan kereta MRT-nya adalah sebagai berikut:

  • Ketika berangkat dari Tanah Merah (EW4) maka tetap pergunakan jalur hijau dengan tujuan Tuas Link dan cari stasiun pemberhentian yang paling dekat dengan Chinatown, saya ambil satu contoh yaitu Outram Park (EW16 | NE3) dimana stasiun ini termasuk dalam kategori Interchange Station dimana ada lebih dari 1 jalur kereta di dalam sebuah stasiun.
  • Setelah keluar kereta maka anda harus pindah platform ke jalur NE berwarna ungu yang merupakan singkatan dari North East Line.
  • Pastikan anda memilih kereta yang mengarah ke Punggol (NE17) dimana nantinya anda akan keluar di stasiun Chinatown (NE4 | DT19). Jika anda lihat kembali ke peta MRT maka Stasiun Chinatown ini juga merupakan Interchange Station antara jalur NE atau North East Line warna ungu dengan jalur dengan jalur DT atau Downtown Line dengan warna biru.

Selanjutnya saya akan berikan rekomendasi penginapan yang terbilang asik dan kondusif di daerah Chinatown:

Rekomendasi Hotel Berbintang di Chinatown

  • Carlton City Hotel Singapore – hotel ini termasuk kategori luxury, karenanya akan sangat cocok jika anda bepergian dan menuntut kenyamanan dalam beristirahat seperti dalam masa bulan madu, seminar, maupun keperluan bisnis
  • Amara Singapore – Sekalipun sama-sama bintang 5 seperti Carlton, hotel ini relatif punya standar harga yang lebih murah dan juga hotel ini terletak dekat dengan Nikon School Singapore, sebuah sekolah dan pusat fotografi yang berlisensi langsung dari Nikon

Rekomendasi Hotel Budget di Chinatown

Selanjutnya saya akan buat contoh kasus penggunaan kereta MRT lagi yaitu ketika dari Chinatown anda mau jalan-jalan ke Orchard, sebuah pusat bisnis dan lokasi favorit bagi setiap wisatawan yang ingin melihat Singapura dengan gemerlap brand-brand ternama dunia, mall, dan retail shop kelas dunia.

Cara menuju area Orchard dari Chinatown

Yang perlu anda lakukan pertama kali adalah masuk ke stasiun Chinatown kemudian lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Ambil jalur NE atau North East Line menuju ke Punggol dimana nanti anda akan turun di stasiun kedua dari Chinatown yaitu Dhoby Ghaut (NE6). Dhoby Ghaut ini adalah salah satu stasiun tersibuk di Singapura karena stasiun ini adalah tempat berkumpulnya 3 jalur kereta yaitu NS warna merah atau North South Line, NE warna ungu atau North East Line, dan CC warna kuning atau Circle Line
  • Setelah sampai di Dhoby Ghaut maka anda harus pindah ke platform NS warna merah dan ambilah kereta di jalur tersebut yang menuju ke Jurong East (NS1)
  • Dari Dhoby Ghaut, kereta MRt anda akan transit beberapa menit di Somerset kemudian jalan lagi ke arah Orchard dan di stasiun inilah anda bisa turun kemudian naik ke lantai atas dimana begitu keluar stasiun anda akan langsung menjumpai hiruk pikuk jalan utama di Singapura ini.

Ini adalah suasana ketika anda keluar dari stasiun Orchard,

Saya meng-upload foto-foto perjalanan saya di Singapura dalam resolusi tinggi, jika anda berminat maka anda bisa membelinya di Shutterstock

My Little Step to SingaporeDengan menggunakan kereta MRT anda akan berhemat ratusan ribu rupiah untuk biaya transportasi selama di Singapura!

Terima kasih sudah membaca cerita perjalanan saya berkeliling Singapura dengan menggunakan MRT,

Anda bisa membaca ebook My Little Step to Singapore jika ingin mengetahui secara lebih detil tentang tempat-tempat wisata di Singapura secara lebih lengkap, cara berkeliling negara ini tanpa menggunakan jasa agen, hingga rekomendasi tempat makan dan hotel – hotel yang nyaman maka.

Jika anda sudah sering bepergian ke Singapura, silahkan tinggalkan komentar dan saran perjalanan anda melalui komentar di bawah ini!

Bima

Professional wedding photographer and blogger since 2010 who put a concern to write a story about photography, traveling, culinary, and hospitality services

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat WhatsApp us