Cara Menuju Singapore Botanic Garden dengan MRT


Bagi anda yang mencari informasi tentang cara menuju Singapore Botanic Garden dengan MRT maka anda bisa baca tulisan saya berikut ini. Sebelumnya saya mau ucapin terima kasih karena anda berkenan mampir ke blog liburan yang saya bangun sejak tahun 2010 lalu. Singapura memang sudah menjadi ‘rumah kedua’ bagi saya dan keluarga, sekalipun banyak orang bilang bahwa mengunjugi negara ini butuh biaya yang besar (jika dibandingkan dengan ke Kuala Lumpur) cuma segala hal yang saya lihat di Singapura selalu membuat saya ingin kembali ke negara imut ini.

Salam kenal nama saya Bima dan semoga artikel ini bisa bikin saya dan anda punya silaturahim yang makin erat sesama pecinta liburan dan jalan-jalan.

Singapore Botanic Garden

Agar anda punya sedikit gambaran tentang lokasi ini maka saya akan berikan informasi singkat terkait taman indah yang sudah jadi ikon pariwisatanya Singapura bahkan sejak tahun 2010 saya masuk ke dalamnya. Bagi anda mulai bosan dengan gemerlap wisata di Singapura seperti mall dan tempat hiburan modern lainnya, maka ada baiknya anda berkunjung ke Singapore Botanic Garden.

Tempat ini merupakan kebun raya yang di dalamnya terdapat berbagai macam tanaman dari segala penjuru dunia khususnya Asia. Singapore Botanic Garden juga dikenal sebagai Tongkat Ali of Singapore’s botanic gardens karena di kebun ini ada beberapa pohon kecil yang disebut Tongkat Ali atau Eurycoma longifolia.

menuju singapore botanic garden

Di Singapore Garden ini anak-anak dan keluarga anda dapat belajar mengenal tumbuh-tumbuhan yang ada mulai dari namanya hingga manfaatnya bagi manusia. Di dalam kebun raya ini anda juga dapat mengunjungi The National Orchid Garden, di mana di dalamnya anda bisa melihat lebih dari 60.000 jenis tanaman dan khususnya adalah anggrek. Sore hari atau pagi-pagi sekali adalah waktu yang paling tepat bagi anda untuk mengunjungi Singapore Botanic Garden karena anda akan dapat menikmati udara sejuk dan banyak bunga-bunga anggrek yang sedang mekar.

Adapun informasi penting yang perlu anda ketahui sebelum berkunjung ke Singapore Botanic Garden adalah sbb:

Jam Operasional dan Tiket Masuk Singapore Botanic Garden

Singapore Botanic Garden itu terdiri dari beberapa taman, ada yang gratis dan ada yang berbayar karena itu silahkan baca informasi berikut ini

National Orchid Garden

Kawasan taman anggrek ini buka dari jam 08.30 s.d. 19.00 dimana tiket masuk terakhir bisa dibeli pada jam 18.00. Harga tiket masuk ke National Orchid Garden adalah SIN$5 untuk dewasa, wisatawan berusi lanjut (di atas 60 tahun) maupun pelajar US$1, dangratis untuk anak di bawah 12 tahun.

Jacob Ballas Children’s Garden

Taman ini beroperasi mulai dari jam 08.00 s.d. 19.00 diamana akan tutup setiap hari Senin. Taman ini bisa dikunjungi semua kalangan baik anak-anak hingga orang berusia lanjut hanya saja khusus untuk anak-anak di bawah 14 tahun WAJIB didampingi orang tua. Untuk tiket masuk GRATIS!

Healing Garden

Healing garden akan buka pada jam 05.00 s.d 19.30 dimana akan tutup setiap hari Selasa, tiket masuk GRATIS!

Bonsai Garden and friends

Yang dimaksud ‘friends’ di sini adalah taman Ethnobotany, Evolution, Foliage, Ginger, dan Learning Forest dimana khusus untuk Ethnobotany, Foliage, dan Evolution garden anda DILARANG MEMBAWA ANJING. Kawasan ini buka jam 05.00 s.d. 23.59 tapi khusus untuk Taman Bonsai akan tutup pada jam 18.00 setiap harinya.

SBG Heritage Museum

Museum heritage di dalam kawasan taman nasional ini beroperasi jam 09.00 s.d 18.00 dimana akan tutup pada hari Senin yang jatuh di akhir bulan

CDL Green Gallery

Kawasan ini beroperasi jam 09.00 s.d. 18.00 dan akan tutup pada hari Selasa yang jatuh di akhir bulan

Library of Botany and Horticulture

Area ini beroperasi pada jam 09.00 s.d. 17.00 dimana akan tutup pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional

Centre for Ethnobotany (TERBARU)

Kawasan terbaru ini akan buka pada jam 09.00 s.d. 18.00 dimana akan tutup pada hari Rabu yang jatuh di akhir bulan.

Jam Operasional Singapore Botanic Garden dengan MRT Tiket Masuk Singapore Botanic Garden dengan MRT cara menuju Singapore Botanic Garden dengan MRT

Jika anda ingin menggunakan foto-foto saya tentang Singapura untuk kepentingan editorial atau komersial maka anda bisa mendownload foto-foto perjalanan saya ke Singapura dalam resolusi tinggi melalui Shutterstock.

Anda juga bisa membaca tulisan saya tentang

Cara Menuju Singapore Botanic Garden dengan MRT

Dari hotel manapun anda tinggal anda tinggal cari cara untuk bisa berhenti di Stasiun MRT CC19 Botanic Garden (Circle Line warna oranye) dimana stasiun ini juga merupakan interchange dengan Stasiun MRT DT11 Newton (Downtown warna biru).

Bagi anda yang masih bingung atau belum paham cara menggunakan kereta bawah tanah bernama MRT maka silahkan baca tulisan saya tentang Cara Naik Kereta MRT di Singapura.

Agar jadi lebih mudah saya akan berikan contoh kasus cara menuju Singapore Botanic Garden dengan MRT dimana dalam contoh ini anda akan tinggal di Hotel Ibis Bencoolen, sebuah hotel bintang 3 keren di kawasan Bugis yang kalau anda mau belanja ke Bugis market maka tinggal jalan kaki 10 menit. Jika anda tinggal di kawasan ini maka cara menuju Singapore Botanic Garden dengan MRT adalah sbb:

  • Jalan kaki menuju Bugis Station (EW12/DT14) ini adalah interchange station antara East West Line dengan Downtown Line
  • Pastikan anda menuju ke platform Downtown Line (warna biru) dan kemudian naik kereta yang ke arah Bukit Panjang (DT1) tapi anda hanya akan turun di Botanic Garden Station DT 9
  • Dari stasiun Botanic Gardens anda tinggal jalan kaki sebentar dan pasti ada petunjukan arah untuk menuju ke Singapore Botanic Garden

Bagi anda yang juga masih bingung menentukan hotel tempat menginap selama di Singapura maka anda bisa baca juga tulisan saya beberapa waktu lalu tentang 7 Hotel Murah di Singapura, beberapa di antara pernah saya pake langsung secara pribadi untuk keperluan bisnis sampe liburan bersama keluarga.

Dengan menggunakan kereta MRT anda akan berhemat ratusan ribu rupiah untuk biaya transportasi selama di Singapura!

Terima kasih sudah membaca cerita perjalanan saya tentang cara menuju Singapore Botanic Garden dengan MRT.

Anda bisa membaca ebook My Little Step to Singapore jika ingin mengetahui secara lebih detil tentang tempat-tempat wisata di Singapura secara lebih lengkap, cara berkeliling negara ini tanpa menggunakan jasa agen, hingga rekomendasi tempat makan dan hotel – hotel yang nyaman maka.

Jika anda sudah sering bepergian ke Singapura, silahkan tinggalkan komentar dan saran perjalanan anda melalui komentar di bawah ini!

Bima

Professional wedding photographer and blogger since 2010 who put a concern to write a story about photography, traveling, culinary, and hospitality services

7 thoughts on “Cara Menuju Singapore Botanic Garden dengan MRT

  • Pingback: Wisata Belanja Sampai Tepar di Orchard Road Singapura | BOMANTA

  • April 14, 2016 at 7:44 pm
    Permalink

    Gan, kalo turun langsung di MRT Botanic Garden keluarnya ke exit mana ya?
    trims
    Vany

    Reply
    • April 16, 2016 at 7:26 pm
      Permalink

      Halo Vany, haha lupa nih, tapi setiap platform di MRT pasti ada peta kok dan arah ke botanical pasti tercantum jelas krn itu main attraction

      Reply
  • November 14, 2017 at 7:49 pm
    Permalink

    kalau dari orchaard naik mrt jalur apa ya?

    Reply
    • November 16, 2017 at 12:13 pm
      Permalink

      Halo Syahmi salam kenal dari orchard sebenernya cuma kisaran 5-10 menit pake MRT, jadi nanti bisa naik Orchard MRT (North-South Line) terus dilanjutkan naik bis sekitar 5 menit lalu turun di Tanglin Gate, selamat liburan ya

      Reply
  • September 12, 2018 at 11:35 pm
    Permalink

    Klo dari MRT thiong Bharu jalur apa ya gan
    Thanks
    Betty

    Reply
    • September 13, 2018 at 8:25 am
      Permalink

      Halo Betty, bisa naik East West Line ke Buona Vista trus ganti platform Circle Line langsung turun di Botanic Garden….selamat jalan2x ya

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat WhatsApp us