7 Referensi Hotel Murah di Singapura Agar Biaya Liburan Makin Terjangkau


Singapura, sampai kapanpun negara mungil ini pasti akan sering dikunjungi oleh wisatawan Indonesia. Sebagai negara serumpun (selain Malaysia dan Brunei), Singapura relatif menjadi pilihan pertama bagi orang Indonesia yang ingin menjajal keberaniannya untuk melakukan perjalanan ke luar negeri pertama kali.

Di dalam tulisan kali ini, saya akan membagikan referensi pribadi tentang 7 hotel dan penginapan instagramable, artinya desain eksterior dan interionya keren serta dengan kisaran harga yang masih terjangkau. Tapi sebelum itu ijinkan saya memberikan overview terebih dahulu sehingga memudahkan anda untuk memahami Singapura dengan lebih baik

Tentang Singapura

Sistem Transportasi di Singapura

Sebagai negara maju, Singapura jelas memiliki infrastruktur kota serta moda transportasi yang sangat memadai. Saking bagus sistem transportasinya, nanti anda akan menjumpai bahwa baik orang kaya maupun orang kelas menengah dan bawah cenderung menggunakan kereta bawah tanah MRT daripada kendaraan pribadi maupun taksi.

Jika anda belum pernah menggunakan kereta bawah tanah ini sebelumnya silahkan download peta MRT terbaru dan baca tulisan saya tentang cara menggunakan kereta MRT.

Visa ke Singapura

Karena termasuk dalam negara ASEAN maka kita orang Indonesia tidak memerlukan visa sama sekali untuk masuk ke Singapura, hanya saja pastikan paspor anda masih berlaku dalam kurun waktu minimal 6 bulan

7 Hotel Murah di Singapura

Bagi saya pribadi, tinggal di daerah seperti Bugis, Chinatown, maupun Orchard adalah sebuah hal yang menyenangkan. Selain akses kemana-mana menggunakan MRT mudah, jajanan dan pertokoan selalu ada kemanapun mata saya melihat.

#7 Ibis Bencoolen

Setelah 2x menginap di hotel ini saya bisa mengatakan bahwa Ibis merupakan salah satu hotel terbaik yang bisa anda coba.


Stasiun terdekat untuk menuju Ibis adalah dengan berhenti di Bugis dimana anda akan melewati ruko-ruko kecil serta Bugis Market yang di dalamnya dipenuhi penjual souvenir murah dan aneka jus untuk melepas haus setelah berjalan kaki, selain itu hotel ini berada tepat di samping mini market 24 jam 7 eleven.

Saya sarankan anda melakukan cek harga hotel Ibis Bencoolen melalui Agoda maupun Booking.com terlebih dahulu karena kedua situs ini seperti ‘rival’ sehingga mereka cenderung bersaing antara satu dengan lainnya.

#6 Carlton City Hotel

Kalau anda bepergian bersama keluarga dekat maupun dalam rangka urusan pekerjaan di sekitaram Chinatown, maka Carlton adalah hotel terbaik yang bisa anda pesan.


Baik di Agoda maupun Booking.com, Carlton selalu berada pada nilai di atas angka 8 (skala 1 – 10) untuk hotel terbaik yang bisa anda pesan di kawasan Chinatown – Tanjong Pagar – Raffles.

Untuk menuju Carlton anda cukup naik MRT dan berenti di stasiun Tanjong Pagar dan kemudian berjalan kaki sekitar 5 menit ke arah hotel. Jika anda terbiasa jalan kaki, maka kawasan elit Raffles Placepun hanya berjarak 1,5 km dimana dari tempat ini anda bisa mencoba melihat-lihat kota Singapura dengan menaiki Singapore River Cruise seharga SIN$5 untuk rute short trip.

#5 Harbour Ville

Jika anda ingin berhemat di dalam pembiayaan penginapan, maka Harbour Ville bisa jadi pilihan yang tepat. Bisa dibilang hotel ini termasuk dalam kategori menengah sekalipun pihak hotel memberikan diskon special jika anda memesan jauh hari sebelumnya


Dari sisi luar hotel ini memang punya tampilan yang terbilang Jadul tapi cukup baik di bagian interior serta bagian taman. Beberapa tahun terakhi rini Harbour Ville juga melakukan renovasi total dengan memilih model furniture dan material untuk interior kamar yang lebih modern sehingga anda tetap memiliki sensasi menginap di hotel modern sekalipun harga yang ditawarkan masih cukup terjangkau

Setelah anda memasukkan tanggal kedatangan anda melalui Agoda dan mendapatkan kisaran harga termasuk tax, pastikan juga membukanya melalui Booking.com dan cek harga finalnya yang sudah termasuk tax.

#4 Holiday Inn Express Orchard

Holiday Inn ini adalah salah satu jaringan penginapan budget yang bisa anda temui di kota-kota besar baik di Indonesia dan luar negeri.


Sahabat saya selalu bilang bahwa jaringan hotel Holiday Inn ini punya standar yang relatif stabil untuk unit-unitnya yang disebar di seluruh dunia. Jadi baik Holiday Inn di London, Holiday Inn di Semarang, dan tentu aja Holiday Inn di Singapura.

Baik ukuran kamar, interior, hingga pelayanan staf hotel semuanya standar. Ukuran kamarnya pun relatif lebih luas daripada hotel-hotel bintang 3 lainnya, dan pastikan bandingkan harganya di Agoda maupun Booking.com sebelum anda memesan kamar.

#3 Amara Hotel Singapore

Jangan dulu panik ketika anda dengar nama Amara Hotel, sekalipun kelasnya termasuk bintang 5, hotel ini punya rate harga yang cukup menggoda khususnya bagi anda yang pergi ke Singapura sambil membawa keluarga.


Jika anda memutuskan untuk menginap di Amara, maka setelah keluar dari bandara Changi langsung naik MRT dan turun di Tanjong Pagar. Setelah keluar dari stasiun maka anda cukup berjalan kaki 5 menit sampai tiba di hotel ini.

Seperti hotel yang saya sebutkan sebelumnya, hampir semua hotel yang dekat dengan Tanjong Pagar maka akan cukup dekat juga aksesnya menuju Chinatown sekalipun anda menempuhnya dengan berjalan kaki. Silahkan cek terlebih dahulu rate harga Amara Hotel ini melalui Agoda dan Booking.

#2 Fragrance Hotel 

Lagi-lagi saya sarankan hotel di kawasan Bugis, lokasi ini jelas jadi primadona buat anda yang ingin berbelanja dengan biaya murah.


Karena sudah menginap di kawasan Bugis, sempatkan juga mampir ke Mustafa dimana area perbelanjaan di sini mayoritas buka 24 jam.

Jarak Mustafa Center dengan Bugis hanya sekitar 1,5 km dan pastikan anda catat bahwa kereta MRt hanya beroperasi hingga pukul 23.00 jadi jika anda pulang setelah jam tersebut maka taksi atau uber adalah pilihan yang tepat bagi anda. Cek kembali harga kamarnya dan pastikan anda cek hingga ke sistem akhir sehingga terlihat harga final kamar yang sudah termasuk tax baik melalui Agoda maupun Booking.

#1 Park View

Hotel dengan gaya klasik ala peranakan ini cocok bagi anda yang ingin nostalgia suasana Singapura di masa lalu.


Lokasi hotel ini ada di Beach Rd dimana anda bisa mengakses stasiun MRT, Mustafa Center, dan juga beragam restoran murah mulai dari harga SIN$5.

Pastikan juga anda mulai mencoba membuat itinerary perjalanan anda selama di Singapura, mulailah dari ketika anda mendarat dan check in di hotel Park View ini hingga mengitari lokasi-lokasi wisata yang ingin anda kunjungi.

Jika anda ingin melihat contoh itinerary liburan ke Singapura, coba sempatkan baca tulisan saya di sini

My Little Step to SingaporeBiasakan berjalan kaki sebelum anda pergi ke Singapura untuk yang pertama kalinya!

Terima kasih sudah membaca tulisan saya kali ini,

Anda bisa membaca ebook My Little Step to Singapore jika ingin mengetahui secara lebih detil tentang tempat-tempat wisata di Singapura secara lebih lengkap, cara berkeliling negara ini tanpa menggunakan jasa agen, hingga rekomendasi tempat makan dan hotel – hotel yang nyaman maka.

Jika anda sudah pernah bepergian ke Singapura, silahkan tinggalkan komentar dan saran perjalanan anda melalui komentar di bawah ini!

Bima

Professional wedding photographer and blogger since 2010 who put a concern to write a story about photography, traveling, culinary, and hospitality services

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat WhatsApp us