Sejarah Dibangunnya Menara Eiffel Tahun 1889 dan Informasi Tiket Masuk


Menara Eiffel memang tidak bisa dipisahkan dari Paris dan hingga kini inilah simbol negara Prancis yang paling dikenal orang selain tokoh Napoleon Bonaparte. Dimanapun anda mencari kata Paris maka menara tinggi ini selalu muncul dan menjadi simbol kemegahan Paris. Eiffel pertama kali dibuka untuk umum pada tanggal 31 Maret 1889 (128 tahun usianya pada tahun 2017) dan dirancang oleh Gustave Alezandre Eiffel dibantu asistennya Maurice Koechlin dan Emile Nouguier serta seorang arsitek bernama Charles Leon Stephen Sauvestre. Menara yang pada awalnya dibangun untuk pameran karya l’Exposition Universelle ini dibuka dengan banyaknya protes dari warga setempat yang menjadi sangat khawatir jika suatu saat menara ini roboh. Tentu ini bukan sebuah alasan yang mengada-ada karena menara ini pernah menjadi menara tertinggi di dunia karena tingginya yang mencapai 312,27 meter (jadi 324 meter kalau termasuk antena). Secara umum menara Eiffel dibangun dalam waktu 2 (dua) tahun yaitu sejak 1887 s.d. 1889 dan beberapa restorasi dilakukan hingga pada tahun 1930 disebutkan bahwa Eiffel telah menghabiskan 15.000 ton besi baja.

Baca juga – 9 Makanan di Paris Dengan Harga di Bawah 5 Euro

Menara Eiffel ini terdiri dari 3 (tiga) lantai yaitu: lantai 1 di ketinggin 57 meter, lantai 2 di ketinggian 115 meter, dan lantai ketiga di ketinggian 276 meter. Jika sepintas anda lihat menara ini sangat kokoh tapi pada kenyataannya Eiffel pernah bergerak 13 cm dari titik kedudukan semula karena ada angin kencang yang melanda kota Paris. Mulai pada awal abad ke-20, Menara Eiffel diperuntukkan untuk transmisi radio hingga kini selain sebagai simbol kota Paris anda para wisatawan bisa mengunjungi Eiffel dan naik hingga di ketinggian tertentu untuk melihat pemandangan kota Paris seluas 360 derajad.

Menara Eiffel bisa anda kunjungi setiap hari dan sepanjang tahun, tidak perduli anda mengunjungi Kota Paris pada musim semi, panas, gugur, maupun dingin, dijamin anda akan terus menerus ingin kembali ke Paris lagi untuk ke sekian kalinya. Menara Eiffel buka pada pukul 9 pagi dan pengunjung terakhir hanya dilayani hingga pada pukul 12 malam, dan semua wisatawan sudah harus meninggalkan menara pada pukul 00.45 dini hari.

Spesifikasi Menara

  • Dirancang oleh Gustave Alezandre Eiffel (++ Maurice Koechlin, Emile Nouguier, dan Charles Leon Stephen Sauvestre
  • Mulai dibangun 1887
  • Selesai dibangun 1889 (2 tahun pembangunan)
  • Ketinggian Menara – 312.27 meter atau 324 meter (termasuk antena)
  • Menghabiskan 15.000 ton besi baja

Tiket Masuk Menara Eiffel – Valid s.d. 31 Oktober 2017

  • Lift hingga lantai 2: 11 Euro (dewasa), 8.54 Euro (12-24 tahun), dan 4 Euro (4-11 tahun)
  • Lift hingga puncak: 17 Euro (dewasa), 14.5 Euro (12-24 tahun), dan 8.5 Euro (4-11 tahun)
  • Anak di bawah 4 tahun bisa mengeksplorasi Menara Eiffel secara GRATIS

Stasiun Metro Terdekat

Stasiun metro terdekat dengan menara Eiffel adalah Bir-Hakeim di dalam rute #6 metro ligne. And abisa berjalan kaki sejauh 400 meter dari stasiun tersebut hingga anda akan menemukan menara Eiffel tepat di depan anda. Selain itu anda juga bisa turun di Ecole Militaire Metro Station yang menggunakan rute #8 ligne. Di bawah ini terdapat salah satu foto bersejarah ketika menara Eiffel disambar petir pada bulan Juni 1902 pukul 21.20 hingga mengakibatkan antena dan lampu pemancar di ujung antena rusak dan harus segera diganti.

menuju menara eiffel

Setalah membaca artikel ini tentu anda semakin ingin mengunjungi Paris dengan segala bentuk kecantikan kotanya hingga kuliner khas Prancis yang akan selalu membuat anda ingin terus mencicipi setiap makanan yang anda jumpai di setiap sudut kota.

Boma

Professional blogger since 2010 who put a concern to write a story about traveling, culinary, and hospitality services - An airbnb Host since 2013 in Boma House Yogyakarta

One thought on “Sejarah Dibangunnya Menara Eiffel Tahun 1889 dan Informasi Tiket Masuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *