Tips dan Panduan Liburan ke Maldives Untuk Honeymooners dan Wisata Keluarga


Bisa liburan ke Maldives tentu menjadi impian setiap orang yang punya kesenangan khusus terhadap pantai, karena itu di dalam tulisan ini saya akan membagi cerita tentang perjalanan ke Maldives atau dikenal dengan sebutan Maladewa oleh kebanyakan orang Indonesia.

Setelah 2x melakukan perjalanan ke Maldives dan menginap di resort bintang 5 yang terekomendasi oleh situs perjalanan dunia seperti Tripadvisor maupun Lonely Planet ada beberapa hal yang sebaiknya anda ketahui sebelum melakukan perjalanan wisata ke negara yang menjadi ‘jujukan’ liburan bagi para selebriti baik di dunia maupun di tanah air.

Halo salam kenal nama saya Bima dan saya adalah founder dari blog Bomanta.com ini, berprofesi sebagai seorang wedding photographer yang secara khusus melayani pemotretan luar negeri membuat saya memiliki berkah tersendiri untuk membawa kaki ini melangkah ke tempat-tempat cantik ciptaan Tuhan karena itu ijinkan saya berbagi pengalaman saya menginap selama beberapa malam di sebuah negara cantik yang bernama Maldives.

Di manakah Maldives itu?

Secara singkat bisa saya jelaskan bahwa Maldives itu adalah negara kepulauan berada di bawah Srilanka, dimana posisi Srilanka ini bisa dilihat persis berdekatan dengan India. Jika terbiasa menggunakan google maps, mungkin anda perlu zoom in peta anda agar Maldives ini terlihat karena dalam tampilan awal biasanya Maldives hampir tidak terlihat karena saking kecilnya atoll-atoll yang ada di negara ini.

 

Apakah Mungkin Liburan ke Maldives Secara Mandiri?

Mungkin! itu adalah jawaban singkat dari saya, bahkan anda bisa melakukan liburan ke Maldives tanpa perlu menggunakan agen perjalanan wisata atau travel agent. Semuanya kembali lagi kepada anda, apakah anda adalah orang yang berani untuk menjelajahi bumi ini ataukah anda orang yang ingin semuanya serba dilayani dan tinggal terima beres.

Liburan ke Maldives itu sendiri secara umum akan saya bagi jadi 2 (dua) yaitu ‘Maldives ala Backpacker’ dan ‘Maldives ala Selebriti’. Setelah membaca dan merasakan sendiri sensasi liburan ke Maldives sebanyak 2x dan mencoba menginap baik di hotel kelas backpacker dan resort bintang 5 maka saya bisa menyimpulkan bahwa SEBAIKNYA anda melakukan liburan ke Maldives ala Selebriti, kenapa begitu?

Jika anda menonton vlog saya di atas dan membaca komentar dari salah satu netizen yang menyebutkan bahwa Maldives tidak sebersih yang dikira karena di Hulhumale masih terlihat sampah. Ya saya tidak memungkiri hal tersebut tapi jika anda tahu bahwa Hulhumale sendiri adalah atoll atau pulau kecil di dekat bandara Velana International Airport yang dulu bernama Ibrahim Naser.

Jika anda menginap di sekitar kawasan ini, saya pastikan anda juga bisa menikmati indahnya pantai, tapi tentu saja ini baru Maldives di level permukaan karena itulah saya berharap Tuhan bisa memberikan anda kelebihan rejeki sehingga anda bisa mengunjungi Maldives dan tinggal di pulau-pulaunya yang terpencil dimana jarak pulau-pulau eksotis ini bisa berkisar 40 s.d. 180 km dari Hulhumale.

ibu kota maldives
Coab lihat inilah Male City ibukota dari Maldives, sebuah kota kecil yang bahkan masih lebih modern Yogyakarta jika dilihat dari tampilan kotanya

Bagaimana cara menuju Maldives?

Karena saya tinggal di Yogyakarta maka dalam tulisan ini saya akan menginformasikan bahwa ada 2 (dua) cara yang pernah saya lakukan untuk menuju Maldives yaitu:

  1. Melakukan penerbangan dari Yogyakarta ke Singapura lalu lanjut dengan penerbangan langsung dari Singapura ke Male, jadi rutenya adalah Jogja – Singapura – Maldives
  2. Melakukan penerbangan dari Yogyakarta ke Singapura lalu menggunakan penerbangan transit dari Singapura ke Colombo (Srilanka) baru kemudian ke Male, sehingga rutenya adalah Jogja – Singapura – Srilanka – Maldives

Tentu saja ini akan tergantung dari mana anda berasal dan maskapai apa saja yang akan anda pilih. Yang perlu anda ketahui adalah banyak maskapai penerbangan yang melayani perjalanan ke Maldives seperti Tiger dan Air Asia untuk budget airlines dan semacam Singapore Airlines, Turkish, Cathay Pasific, dan juga Srilanka Airlines untuk full services airlines.

Untuk cek harga, melihat jadwal penerbangan, dan pemesanan tiket anda bisa mengunjungi situs Jetradar.

Ketika sudah mendarat di bandara kita mesti kemana?

Hal inilah juga yang diluar dugaan sewaktu saya pergi ke Maldives, tadinya saya mau jalan kaki setelah keluar bandara dan menuju Male City, ibukota Maldives tapi jika saya memaksa melakukan itu maka yang ada justru saya ‘nyemplung’ ke laut karena begitu keluar dari gedung terminal bandara anda akan langsung melihat langsung selat.

Kalau pesawat yang anda tumpangi mendarat di Maldives setelah pukul 4 sore maka anda WAJIB menginap di kota dekat bandara bisa di daerah Hulhumale atau sekalian saja mengunjungi Male City. Untuk pergi ke Male City anda cukup naik speeboat yang sudah siap sedia di pelabuhan yang hanya berjarak 50 meter dari bandara dan membayar 10 Rufiyaa (mata uang Maldives) — US$1 atau kisaran Rp. 14.000,0 dan melakukan perjalanan singkat selama 15 menit untuk menuju Male City.

Tentu hal itu berbeda ketika pesawat anda mendarat di Maldives pada waktu pagi hari seperti pesawat Srilanka Airlines yang membawa saya dari Colombo menuju Male dimana saya mendarat di Male pada jam 7 pagi. Jika ini yang terjadi maka anda bisa langsung menuju ke ruang tunggu yang disediakan masing-masing resort dan melanjutkan perjalanan ke resort anda baik secara langsung menggunakan seaplane (pesawat amfibi yang mendarat di laut), menggunakan speedboat khusus dari resort, atau menggunakan kombinasi transportasi berupa domestic flight + speedboat.

Adakah referensi hotel transit yang nyaman?

Lobby di Lucky Hiya

Ada dan banyak dan saya akan membagi salah satu hotel transit nyaman dan strategis yang bisa anda tinggali. Tips bagi anda yang ingin menginap 1 malam untuk transit maka silahkan cari hotel yang harganya ramah di kantong karena di hotel tersebut yang anda perlukan hanyalah tidur 1 malam jadi tidak perlu bermewah-mewah selain memang tidak ada hotel transit mewah di sekitaran Male City.

Saya merekomendasikan anda sebuah hotel yang bernama Lucky Hiya, silahkan klik link barusan untuk lihat review hotelnya. Hotel ini terletak di Male City dimana banyak pertokoan yang menjual souvenir khas Maldives, rumah makan lokal, pedagang bumbu dapur khas Maldives hingga Rumah Sakit. Referensi hotel lainnya yang bisa saya berikan adalah:

  • Novina – hotel transit murah yang berjarak hanya 2,7 km dari bandara
  • Somerset Inn – hotel yang berada di Male City dimana anda hanya butuh naik speedboat selama 15 menit dari bandara
Hotel Somerset
Hotel Novina

 

3 Referensi Resort Bintang 5 Terbaik di Maldives

Dengan senang hati saya akan merekomendasikan hanya yang terbaik menurut pengalaman dan referensi yang saya baca karena di tempat-tempat seperti inilah anda bisa menikmati Maldives dengan sebaik-baiknya keadaan. Di resort-resort terbaik inilah anda bisa berfoto selfie lengkap dengan pemandangan indah, snorkling dan melihat ikan nemo berenang di sekitar tubuh anda tanpa rasa takut, juga melihat bayi hiu secara langsung.

1 – Lux South Ari Atoll

Ini adalah resort pertama yang saya tinggali pada waktu saya mengunjungi Maldives pada tahun 2014 untuk pemotretan pre wedding. Untuk menuju resort ini ada 2 pilihan yaitu dengan menggunakan Seaplane atau kombinasi transportasi berupa domestic flight dan speedboat. Menggunakan seaplane akan lebih mahal karena tentu akan lebih cepat dan juga pengalaman yang luar biasa.

Silahkan lihat foto-foto Lux South Ari Atoll di bawah ini…

biaya liburan ke maldives hotel untuk liburan ke maldives liburan ke maldives resort terbaik untuk liburan ke maldives

Jangan lewatkan untuk melihat baby shark feeding jam 5 sore di jembatan penghubung antara pulau utama dengan kawasan water villa resort dimana anda akan diajak duduk-duduk santai oleh staf hotel yang akan menyebar daging segar ke laut dan tidak sampai 5 menit para bayi hiu ini akan datang menyantap daging yang ada di bawah jembatan tempat anda duduk-duduk.

 

2 – Angsana Velavaru

Resort nomer 2 yang saya rekomendasikan bagi anda yang ingin liburan ke Maldives baik untuk berbulan madu maupun berlibur bersama keluarga adalah Angsana Velavaru.

Ini adalah resort kedua yang saya kunjungi pada tahun 2015 dimana lagi-lagi saya melakukan pemotretan pre wedding di resort ini. Yang menjadikan Angsana unik adalah resort ini memiliki unit yang terpisah dan harus dihubungkan dengan speedboat yang beroperasi setiap 1 jam.

Jika anda ingin menginap di kamar terbaik maka anda harus memesan tipe water villa dimana Angsana akan menempatkan kawasan ini jauh menjorok ke tengah laut, tapi jika anda ingin kamar dengan harga yang lebih murah maka anda bisa menginap di beach villa yang berada tepat di pulau utamanya yang disebut dengan Turtle Island.

Silahkan lihat foto-foto Angsana Velavaru di bawah ini…

resort terbaik di maldives resort angsana velavaru pesan hotel di maldives kamar water villa di angsana velavaru.

Jika suatu saat anda tinggal di resort ini jangan lewatkan makan malam di restoran yang berada di kawasan water villa room, anda bisa mengunjungi kawasan ini sekalipun anda tidak tinggal di area ini, karena di tempat inilah anda akan bisa melihat pemandangan sunset terbaik yang ada di Maldives.

 

3 – Four Season Landaa Giraavaru

Resort terakhir yang saya rekomendasikan berada di bawah brand Four Season, dimanapun saya menggunakan jaringan hotel ini saya selalu mendapatkan kenyamanan menginap kelas dunia.

Menginap di resort ini berarti anda akan menginap di salah satu cagar biosfer dunia langsung di bawah pengawasan UNESCO dimana anda hanya perlu terbang 30 menit menggunakan Seaplane secara langsung dari Velana International Airport. Silahkan lihat foto-foto Four Season Landaa Giraavaru di bawah ini…

5 star luxury hotel in maldives amazing resort in maldives book four season in maldives four season maldives

Pastikan anda menginap di kawasan water villa karena penataan eksterior Four Season yang satu ini sangat cocok untuk anda menikmati sunrise dan sunset.

Saya berharap anda menemukan informasi terbaik tentang liburan ke Maldives dalam tulisan ini, sebuah keberuntungan juga bagi saya bisa mengunjungi negara secantik Maldives dalam setiap sesi pemotretan yang saya lakukan bagi client-client saya. Jika suatu saat anda ingin berlibur ke Maldives dan membutuhkan referensi lebih lengkap maka silahkan tulis komentar anda di bawah.

Saya akan kembali lagi dalam beberapa hari ke depan dengan artikel liburan yang lain dan sekali lagi saya ucapkan terima kasih sudah mengunjungi blog ini, cheers see you soon!

Bima

Professional wedding photographer and blogger since 2010 who put a concern to write a story about photography, traveling, culinary, and hospitality services

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat WhatsApp us