Jalan Jalan ke Malaysia


Jalan Jalan ke Malaysia

Acara jalan jalan ke Malaysia kali ini akan diawali dari keberangkatan saya melalui Bandar udara internasional Adisucipto di Yogyakarta. Karena masih berharap dapat tiket murah maka penerbangan ke Kuala Lumpur pun menggunakan Air Asia dengan biaya Rp. 1.400.000,- PP. Untuk standar harga kali ini sebenarnya tidak tergolong sangat murah tetapi masih lebih murah dari pada kita ke pergi wisata ke Bali menggunakan Garuda Indonesia ataupun Lion Air yang bisa memakan biaya hingga Rp. 1.500.000 PP.

Sebagai sebuah bandar udara betaraf internasional, Adisucipto saat ini mampu memfasilitasi penerbangan langsung dari dan ke Singapura dan Malaysia. Tetapi  dengan semakin bertambahnya wisatawan  bandar udara ini sudah seharusnya diperbesar karena pada saat peak hour sering terjadi penumpukan penumpang yang membuat kenyamanan ruang tunggu keberangkatan berkurang.

Beberapa hal yang perlu teman – teman persiapkan pada saat akan melakukan penerbangan internasional adalah passport, visa, dan boarding pass. Seperti dalam artikel Boma terdahulu tentang wisata ke Singapura sebelum memasuki checkin counter sebaiknya siapkan tiket, passport, visa, maupun boarding pass jika anda sudah melakukan check in, hal ini terkait dengan area keberangkatan internasional yang kecil sehingga akan membuat anda panik jika terburu-buru.

Terkait dengan keharusan setiap penumpang untuk melakukan pengisian kartu keberangkatan, tips saya kali ini adalah SIAPKAN BOLPEN, hal ini sangat sederhana tapi ketika kita tidak membawanya, teman – teman akan cukup tergesa – gesa pada saat mengantri di ruang tunggu. Beberapahal yang perlu diisi dalam katu keberangkatan adalah :

  • Nama Sesuai Passport
  • Tempat dan Tanggal Lahir
  • Nomer passport
  • Tempat passport tersebut dikeluarkan
  • Tanggal  pengeluaran dan masa habis berlaku passport
  • Tanda Tangan

Kartu diperoleh dari Imigrasi sebelum keberangkatan

Kartu yang diperoleh di atas pesawat

(Simpan Kartu Ini sampai teman – teman mendarat kembali di kota keberangakatan, karena kartu ini akan diminta lagi oleh petugas bandara pada saat teman –teman keluar dari Bandara).

Tips kedua yang akan saya bagi kepada teman – teman semua yaitu Web Check In, terkait dengan kebijakan baru maka maskapai Air Asia akan memberlakukan sistem Web Check-In dimana kita diharapkan untuk dapat melakukan check in melalui internet sehingga memudahkan pihak penumpang dan pihak maskapai sehingga semua proses penerbangan akan berlangsung lebih cepat dan praktis. Di sisi lain ada berita buruk dari hal ini, terhitung sejak pembelian bulan September 2011 jika teman – teman tetap melakukan check in secara manuyal di bandara (dengan cara mengantri) maka akan dikenakan biaya Rp. 30.000,-. Dalam hal ini saya pun tetap menyarankan teman – teman untuk melakukan web check in karena hal itu akan sangat mempermudah kita semua. Baiklah semoga cerita pertama tentang Jalan Jalan ke Malaysia ini akan membantu teman – teman semua untuk mempersiapkan acara jalan – jalan dengan lebih mudah, selamat merencanakan Jalan Jalan ke Kuala Lumpur ya…!!!

Jalan Jalan ke Malaysia

Menu Makan Air Asia yang dipesan Online - Nasi Lemak

, , , ,

  1. No comments yet.
(will not be published)


− four = 1