Proses dan Cara Pembuatan Kereta Cepat Shinkansen

Bicara soal kerea cepat pasti anda langsung berfikir tentang Jepang dimana negara ini memang sangat terkenal dengan industri kereta dan kemajuan teknologi. Pasti juga anda sudah pernah kereta cepat yang disebut dengan Shinkansen, dimana moda transportasi ini begitu terkenal di negeri Sakura sebagai sarana transportasi cepat selain pesawat. Secara harafiah Shinkansen berarti peluru yang bergerak cepat karena itu kereta ini dikenal juga dalam bahasa Indonesia sebagai kereta peluru. Filosopi ini ternyata bukan sekedar sebuah kata semata karena memang Shinkansen bisa bergerak secepat peluru dimana kecepatan yang bisa diatur bisa mencapai 320 km/jam. Siapakah yang membuat kereta Shinkansen ini dan bagaimana proses pembuatannya? yuk lanjutkan membaca artikel Bomanta berikut ini. Shinkansen diproduksi oleh Nippon Sharyo LTD, sebuah perusahaan yang sudah lama berdiri yang fokus melakukan riset dan produksi kereta cepat di Jepang. Menurut informasi, Nippon Sharyo LTD telah membuat sebanyak 6 jenis kereta Shinkansen di dalam sebuah pabrik seluas 250.000 meter persegi. Ada beberapa tahapan penting yang harus dilakukan untuk membuat satu gerbong kereta Shinkansen dimana semua tahapan tersebut harus dilakukan secara detil dan presisi.

Sebelum proses produksi dilakukan maka diperlukan desain kereta dan perincian tentang hal-hal yang dibutuhkan seperta roda, komponen gerbong, dan pemasangan rangka gerbong mulai dari depan, samping, dan belakang. Setelah dibuat desainnya kemudian mulailah pencetakan seluruh komponen yang dibutuhkan. Selanjutnya, dilakukan pengecatan pada komponen-komponen kereta. Setelah proses pengecatan selesai maka dilanjutkan dengan pemasangan perangkat elektronik dan audio visual. Pada bagian akhir dilakukan pengecekan komponen untuk memastikan komponen berada di posisi yang tepat dan juga melakukan instalasi interior kereta.

Selanjutnya, para teknisi juga wajib memeriksa roda kereta agar tidak ada kesalahan kemudian baru roda dipasang di badan kereta. Ketika semua peralatan dan komponen terpasang dengan benar para teknisi akan melakukan uji coba kereta sebelum diguankan untuk umum. Disini, pihak terkait akan melakukan QC (Quality COntrol) kereta Shinkansen agar bobotnya sesuai dengan yang dibutuhkan. Setelah uji coba, kereta Shinkansen yang sudah siap beroperasi tersebut di uji kembali di jalur kereta Shinkansen baru setelah lulus uji kereta, Shinkansen pun dikirim ke pihak operator terkait.

Berapa lama proses pembuatan kereta Shinkansen tersebut? Ternyata pembuatan kereta super cepat ini memakan waktu cukup lama. Dibutuhkan sekitar 4 tahun mulai dari proses awal hingga proses akhir pembuatannya. Proses awal adalah proses yang memakan waktu cukup lama dimana para desain harus mendesain kereta secera mendetail dan tahapan ini memakan waktu sekitar 2 tahun. Pada beberapa jenis kereta yang typical maka proses desain sudah tidak diperlukan lagi karena blue print dari desain sudah disimpan rapi di dalam perusahaan pembuat kereta. Hingga saat ini, Jepang telah membuat sekiitar 3500 gerbong sementara itu kereta Shinkansen sendiri diproduksi untuk Japan Railway sebagai penyedia trasportasi kereta di Jepang.

Sungguh luar biasa sekali bukan? Jepang sebagai negara maju memang ahli dalam dunia teknologi khususnya dalam dunia perkerata apian. Mungkin, anda berencana jalan-jalan ke Jepang, bila ada waktu ada boleh singgah sebentar ke perusahaan Nippon Sharyo untuk melihat lebih dekat lagi proses pembuat kereta super cepat ini. Kira-kira kapan ya kereta Shinkansen ada di Indonesia? Sebelum kereta Shinkansen ada di Indonesia, mungkin anda bisa terlebih dahulu merasakan sensasi naik kereta Shinkansen ketika datang ke Jepang untuk liburan dan bandingkan dengan kereta api yang ada di Indonesia di beberapa tahun mendatang. Pastinya, naik kereta Shinkansen akan terasa sangat nyaman serta aman walaupun melaju dengan kecepatan diatas 300 km/jam.

Nah, itulah informasi tentang pembuat kereta Shinkansen yang mungkin perlu anda ketahui. Kapanpun ada liburan ke Jepang, jangan sampai melewatkan kesempatan naik kereta Shinkansen dan bagikan pengalaman anda dengan teman-teman di Indonesia.

Boma

Professional blogger since 2010 who put a concern to write a story about traveling, culinary, and hospitality services - An airbnb Host since 2013 in Boma House Yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *