Menikmati Hanami di Ueno Park

Selain samurai dan ramen, bunga sakura juga merupakan salah satu ciri khas Jepang. Jika Anda yang akan melakukan perjalanan wisata ke Jepang, maka tempat yang paling cocok dan terkenal untuk menikmati keindahan bunga sakura adalah di Ueno Park, yang terletak di Taito, Ueno, Jepang. Ueno Park atau Taman Ueno adalah sebuah taman yang sangat terkenl di Jepang karena keindahan bunga sakuranya. Berada persis di sebelah stasiun Ueno, taman ini dulunya adalah bekas area sebuah kuil yang dibangun oleh Jendral Tokugawa. Kuil yang dikenal dengan sebutan K’ei-ji oleh masyarakat Jepang ini awalnya dibangun Tokugawa sebagai tempat penjagaan benteng Edo (Edo sendiri adalah sebutan untuk Tokyo di masa lalu), namun selama perang Boshin, yaitu perang antara klan Tokugawa dan faksi yang ingin mengembalikan kekuasaan politik di tangan Kaisar berlangsung, kuil ini dianggap membawa sial dan kemudian dihancurkan. Taman Ueno kemudian dibuat oleh Kaisar Taisho pada tahun 1942. Nama resminya adalah Taman Ueno Koen Onshi, yang berari ‘Hadiah dari Kaisar’.

ueno park jepang

Untuk ke tempat ini, dari stasiun Tokyo Anda bisa menggunakan JR (Japan Rail) Train dengan tujuan ke stasiun Ueno menggunakan Keihin Tohoku line dan membyar harga tiket sebesar 150 yen (harga tahun 2010). *info : 1 yen Jepang = 101.67 Rupiah Indonesia  (kurs 2013). Memasuki taman ini, Anda akan melihat sebuah patung lelaki berpakaian samurai dengan patung anjingnya. Ini adalah patung Saigo Takamori, seorang jendral yang berhasil menggulingkan Jendral Tokugawa pada perang Boshin, dan diceritakan bahwa jendral Takamori memiliki anjing yang sangat setia, sehingga patung anjingnya pun dibuat bersama patung jendral ini.

Jika Anda telah menikmati jalan santai di taman dengan melihat keindahan bunga sakura di taman, Anda bisa menikmati beberapa tempat wisata lainnya yang berada di sekitar area taman ini.  Ada beberapa museum dan kuil yang bisa Anda masuki, salah satu museumnya adalah National Science Museum, yang menawarkan Anda pengetahuan tentang sejarah Jepang dan ribuan alat seni Negara sakura ini. Ada juga kuil Beasiswa atau Yushima Tenjin Shrine Temple yang sangat popular di kawasan Uen.  Kuil ini dinamakn kuil beasiswa (Shcolarship Temple)karena merupakan salah satu kuil di Jepang yang paling sering didatangi para pelajar untuk berdoa agar sukses dalam ujian atau untuk sukses mendapatkan beasiswa.

Selain kuil dan museum, ada juga kebun binatang Ueno yang bisa Anda kunjungi dengan berjalan kaki kurang lebih 5 menit dari stasiun kereta api Ueno. Pada tahun 2010 lalu, harga masuk kebun binatang ini untuk orang dewasa (16-64 tahun) dikenakan tarif 600 yen,  untuk lansia (65 dan seterusnya) 300 yen, sedangkan untuk pelajar 200 yen, dan gratis bagi anak-anak di bawah umur  13 tahun.

Setelah puas berkeliling tempat wisata di sekitar area Ueno Park, Anda bisa mampir ke pasar tradisional Ameya Yokocho yang terletak di depan stasiun Ueno. Anda bisa mencari oleh-oleh atau membeli sesuatu di pasar ini sebagai kenang-kenangan yang akan mengingatkan Anda kepda Ueno yang memiliki sebuah taman sakura yang indah dan tempat wisata lainnya yang sudah Anda kunjungi, sebelum akhirnya Anda balik ke Tokyo atau bahkan pulang ke Indonesia.

Bima

Professional wedding photographer and blogger since 2010 who put a concern to write a story about photography, traveling, culinary, and hospitality services

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat WhatsApp us