Mengenang 6 Tahun Paska Tsunami di Jepang

Pada tanggal 11 Maret tahun 2011 telah terjadi bencana Tsunami hebat yang melanda Negara Jepang dan meluluhlantahkan semua bangunan yang ada disekitarnya. Kini, Jepang kembali memulihkan segalanya dan merenovasi semua bangunan yang rusak. Bagaimana kondisi saat ini 6 tahun pasca Tsunami Jepang? Meskipun ada sekitar 20.000 orang kehilangan tempat tinggal, namun Jepang masih punya harapan untuk pulih kembali. Setelah Tsunami dinyatakan tidak akan terjadi lagi, Jepang kembali memperbaiki semua bangunan yang rusak disepanjang pesisir Sanriku di Prefektur Miyagi dan Iwate. Pemerintah Jepang berupaya mencegah terjadinya Tsunami untuk kedua kalinya dengan meningggikan lokasi di bibir pantai. Tidak hanya itu, sistem transportasi pun kini telah berjalan normal dan menjadi lebih baik dari sebelumnya berkat adanya Sanriku Expressway yang telah diperbaharui. Lokasi terjadinya Tsunami adalah di kota Miyako dimana Pantai Jodogahama adalah bagian yang paling parah mengalami kerusakan akibat Tsunami 6 tahun silam.

Renovasi bangunan dan infrastruktur untuk wisatawan tampaknya telah selesai dibangun kembali termasuk beberapa hotel serta tempat penginapan yang ada disana. Misalnya, Jodogahama Park Hotel yang menjadi tempat favorit para turis yang ingin menginap di pantai ini. Lokasinya juga sangat indah dan dikelilingi oleh pohon pinus serta memberikan kesempatan bagi turis untuk menikmati pagi mereka di pantai ataupun melihat matahari terbit.

hotel di jepang
Hotel Jodogahama


Dari kawasan bekas tsunami ini pengunjung juga bisa datang ke Rikuzentakata dimana terdapat pusat perbelanjaan terbaru yang bernama Abasse Takata dan telah dibuka untuk umum. Bangunan baru ini juga dibangun lebih tinggi 10 meter agar terhindar dari Tsunami yang mungkin bisa terjadi untuk kedua kalinya. Namun demikian, semua berharap agar tsunami tidak terjadi lagi untuk selamanya dan warga sekitar bisa hidup lebih damai dan tenang. Selain Abasse Takata, pengunjung dan warga sekitar juga bisa berbelanja di Maiya Supermarket yang baru saja dibuka. Pemerintah Jepang sepertinya benar-benar serius dalam membangun kembali lokasi yang hancur akibat tsunami pada tahun 2011 silam. Kini, di lokasi tersebut juga sedang dibangun memorial park untuk mengenang bencana hebat tsunami yang melanda area tersebut. Sementara itu di Kesennuma yang juga menjadi wilayah paling buruk kerusakannya tampak pulih kembali. Daerah ini juga sedikit ditinggikan beberapa meter agar terhindar dari Tsunami yang mungkin bisa terjadi lagi. Saat ini, sudah ada begitu banyak bangunan baru di wilayah ini termasuk bangunan apartement besar yang bisa dijadikan tempat evakuasi kalau kalau tsunami terjadi lagi nantinya. Selanjutnya, di Minamisanriku juga dibangun pusat perbelanjaan baru yang dibangun diatas permukaan tanah yang ditinggikan. Kini, semua pengunjung bisa lebih cepat menuju Minamisanriku berkat adanya pembangunan Sanriku Expressway.

Secara umum, pembengunan di wilayah yang terkena dampak Tsunami hampir selesai meskipun ada beberapa bagian yang belum sempurna. Mungkin, beberapa tahun yang akan datang semua pembagunan selesai dan akan kembali seperti sedia kala. Banyak juga turis asing yang berkunjung ke lokasi tersebut paska tsunami 6 tahun lalu. Jika anda juga merasa penasaran dengan perkembangan pembangunan di wilayah yang terkena dampak tsunami di Miyako maka anda bisa merencanakan berlibur ke Jepang dan mengunjungi area ini untuk melihat bekas-bekas bencana yang terjadi pada tahun 2011 yang lalu.

Boma

Professional blogger since 2010 who put a concern to write a story about traveling, culinary, and hospitality services - An airbnb Host since 2013 in Boma House Yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *