Ini Cara Makan Sushi Yang Benar Sesuai Dengan Tradisi Asli Jepang

Jika di artikel sebelumnya Bomanta sempat membahas tentang Sashimi, maka di artikel kali ini kami akan membahas ragam makanan khas Jepang lainnya yang tidak kalah enak, yaitu Sushi. Siapa yang tidak kenal dengan makanan khas Jepang bernama Sushi? Diantara anda yang membaca artikel ini pasti sudah ada yang pernah makan Sushi, tapi bagi yang belum pernah sama sekali tidak perlu berkecil hati karena di artikel ini Bomanta akan memberikan informasi lengkap terkait Sushi. Hampir sama dengan Sashimi, Sushi asli jepang juga ternyata berasal dari daging ikan mentah. Namun, kali ini kita tidak membahas soal daging mentahnya, tapi kita akan berbicara mengenai 7 langkah makan Sushi yang benar.

#1 Sekali Telan

Beberapa orang mengatakan bahwa kenikmatan Sushi bisa didapat ketika anda memakan daging ikannya dahulu baru kemudian nasinya. Beberapa orang bahkan memilih untuk membelahnya menjadi dua dan kemudian memakannya dari bagian tengah. Tapi tahukah anda bahwa cara makan Sushi yang paling benar adalah dengan memakannya sekali telan untuk mendapatkan rasa yang sempurna.

#2 Menggunakan Jahe

Jahe menjadi salah satu rahasia dibalik kelezatan Sushi namun tidak banyak yang tahu cara memadukan jahe ini dengan Sushi. Beberapa orang berpendapat bahwa irisan jahe harus ditaruh di atas Sushi atau dicampur dengan sausnya. Namun, bukan begitu caranya karena jahe seharusnya dimakan tanpa dicampur dengan saus atau ditaruh diatas ikan. Jahe bisa dimakan setelah anda menelan Sushi dengan tujuan untuk menetralkan lidah bisa lebih peka untuk menikmati sajian sushi berikutnya.

#3 Urutan Makan

Kebanyakan orang Indonesia ketika makan tidak memiliki urutan tertentu dimana semua yang terlihat langsung dimakan. Lain halnya ketika anda makan Sushi karena seni memakan Sushi harus diikuti agar mendapatkan rasa yang sempurna dan berkualitas. Pertama, anda bisa makan varian daging ikan mentahnya dulu, kemudian lanjut varian sushi yang disajikan dengan nasi di bawah potongan ikan mentah, setelah itu barulah anda bisa mulai makan Sushi gulung yang biasa disebut sushi roll

#4 Mencelupkan Sushi

Mencelupkan Sushi ke dalam saus ternayata ada tekniknya juga. Kebanyakan orang gagal dalam proses ini sehingga Sushi hancur pada saat dicelupkan ke dalam saus. Cara yang benar adalah yaitu saat anda mengambil Sushi lalu anda membalikkan sushinya agar nasi berada di atas sementara daging ikan berada dibawah nasi, dengan teknik ini maka daging ikan mentah akan menahan agar nasi tidak hancur.

#5 Tambahkan Wasabi

Menyantap Wasabi juga ada caranya, banyak orang memakan wasabi bersamaan dengan Sushi padahal cara ini kurang sempurna. Oleh karena itu biasanya Wasabi akan disajikan di piring terpisah oleh pembuat sushi. Wasabi bisa anda santap di awal atau di akhir.

#6 Menggunakan Sumpit

Bagi orang Indonesia, Sumpit adalah hal yang asing karena kita lebih sering menggunakan sendok atau tangan saat makan. Saat makan Sushi anda harus terbiasa dengan sumpit karena ini adalah ciri khasnya. Kalau orang Indonesia punya seni makan dengan tangan, maka Jepang punya sumpit dalam seni makannya. Buat anda yang belum mahir menggunakan sumpit maka bisa segera mencobanya.

#7 Jenis Ikan dalam Sushi

Memilih jenis ikan saat makan Sushi adalah hal yang paling penting karena di sinilah letak kelezatan dari Sushi tersebut. Ketika dihidangkan satu porsi Sushi, anda akan mendapatkan beberapa jenis ikan dalam setiap set. Jadi, saat ingin memakannya sangat disarankan agar anda memilih jenis ikan yang dagingnya lembut dulu seperti scallop. Selanjutnya, baru bisa memakan ikan ekor kuning, ikan salmon, hingga pada akhirnya anda makan daging tuna sebagai daging yang paling berat.

Boma

Professional blogger since 2010 who put a concern to write a story about traveling, culinary, and hospitality services - An airbnb Host since 2013 in Boma House Yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *