Harajuku, Fashion Street Asik buat Cuci Mata

Harajuku adalah sebuah kata yang sering kita dengar jika berbicara mengenai dunia fashion yang ada di  Jepang, atau yang lebih dikenal dengan istilah Harajuku Style. Sebenarnya, Harajuku adalah sebuah julukan untuk sebuah kawasan di sekitar Stasiun JR Harajuku Distrik Shibuya, Tokyo. Karena kawasan ini merupakan pusat berkumpulnya para remaja Jepang dalam mengekspresikan diri  melalui gaya berpakaian mereka yang unik, maka timbullah istilah Harajuku Style setelah banyak orang-orang yang tertarik mengikuti gaya berpakaian anak muda ini dan mengenalkannya ke luar Tokyo, dan bahkan ke luar negeri. Jika Anda ingin ke Harajuku,  Anda bisa berjalan kaki dari Shibuya dengan waktu yang tidak lebih dari 15 menit, atau Anda bisa naik kereta dari stasiun Shibuya ke stasiun Harajuku dengan hanya memakan waktu 5 menit perjalanan. Jika Anda menggunakan kereta, setelah keluar dari stasiun Anda akan berkenalan dengan Takeshita Dori, sebuah jalan di Harajuku.

Berada di Takeshita Dori, Anda sudah bisa merasakan suasana yang berbau fashion disini, karena di jalan dengan panjang 400 meter ini banyak terlihat anak muda dengan busananya yang fashionable, dan membuat Anda seakan-akan sedang berada di dunia manga Jepang. Selain itu, di Takeshita Dori Anda juga bisa melihat banyaknya took-toko pakaian yang berjejer rapi dengan konsep yang menarik, dan dengan adanya banyak remaja yang berpakaian unik, kawasan ini sperti jalur catwalk besar sebuah acara fashion show. Bisa dibilang, Takeshita Dori menggambarkan sisi mode yang ada di Tokyo, seperti Paris-nya Prancis.

Namun, tidak setiap hari kawasan ini penuh dengan anak muda Jepang yang gaya berpakaiannya berkiblat ke Harajuku Style. Sehingga, disarankan jika Anda ingin melihat kawasan ini dengan banyak remaja dan keunikan mode mereka yang berkonsep Harajuku Style, maka sebaiknya Anda datang pada saat weekend, kuhususnya di hari Minggu. Jembatan penyebranagn rel kereta dari Stasiun Harajuku ke Yoyogi Park juga merupakan salah satu tempt hang out anak muda yang berkostum seru, unik, dan menarik untuk dilihat ini. Sehingga memang banyak juga terlihat beberapa turis luar negeri yang asyik dengan kameranya untuk mengambil gambar anak-anak muda Jepang di lokasi ini.

Kawasan Harajuku juga terdapat banyak sekali toko atau butik yang bisa Anda kunjungi untuk sekedar ‘cuci mata’ ataupun berbelanja, lokasi atau bangunan perbelanjaan yang popular di kawasan ini diantaranya adalah LaForet Harajuku  dan Oriental Bazar.

LaForet Harajuku merupakan pusat berbelanja pakaian anak muda di Jepang. Terdiri dari tujuh lantai yang isinya toko pakaian (semacam distro) dan butik, kecuali di bagian lantai paling atas yang biasanya digunakan untuk pertunjukan. Tempat ini konsepnya seperti pasar Beringharjo yang ada di Yogyakarta. Buka setiap hari dari jam 11.00 – 20.00 waktu setempat. Sedangkan Oriental Bazar adalah sebuah bangunan toko souvenir terbesar di Tokyo, sangat terkenal di kalangan para turis asing. Di Oriental Bazar terdapat berbagai macam souvenir khas Jepang, seperti boneka, lampu, kimono, furniture, dan barang-barang pecah belah serta samurai pun bisa Anda beli di tempat ini. Kalau Anda merupakan tipe orang yang menyukai tentang dunia fashion, maka kawasan Harajuku ini harus ada di list ‘tempat yang akan Anda kujungi’ ketika Anda berlibur ke Jepang.

Boma

Professional blogger since 2010 who put a concern to write a story about traveling, culinary, and hospitality services - An airbnb Host since 2013 in Boma House Yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat WhatsApp us