Contoh Itinerary Liburan Musim Semi ke Jepang Selama 5 Hari 4 Malam, Baca Deh!

Negara satu ini memang ga’ pernah kehilangan eksotismenya sejak beberapa tahun lalu saya kunjungi. Mulai dari budaya, warganya, makanan, souvenir, hingga sampai ragam vending machine-nyapun membuat saya, anda, dan kita semua selalu ingin kembali ke Jepang.

Halo Jepangers, salam kenal saya Boma dan terima kasih sudah mampir ke blog Bomanta.com. Sejak 2010 saya membangun blog ini dengan penuh rasa cinta pada dunia jalan-jalan dan makan-makan hingga di tahun 2018 ini Bomanta genap berusia 8 tahun, kalau untuk ukuran anak SD ya sekitar kelas 2 lah tapi saya selalu berharap setiap tulisan saya akan bermanfaat buat teman-teman semua yang punya hobi sama dengan saya yaitu liburan! Kembali bicara tentang Jepang, buat anda semua yang sudah mengantongi tiket liburan musim semi ke Jepang saya ucapkan selamat karena itu berarti tidak lama lagi anda akan segera terbang ke Jepang buat ketemu sama bunga imut warna pink, putih, dan peach bernama sakura di negara yang lagi dalam keadaan super eksotis ketika dikunjungi di waktu musim semi.

Ebook panduan liburan ke Jepang

Bagi anda yang baru pertama kali ke Jepang, bisa juga sempatkan baca ebook panduan liburan ke Jepang berjudul ‘One Step Closer to Japan‘ yang saya tulis beberapa waktu lalu.

Dalam tulisan kali ini perkenankan saya berbagi tips tentang itinerary atau rencana perjalanan selama anda semua berlibur ke Jepang di waktu musim semi nanti, tentu saja anda bisa memodifikasinya sesuai dengan keperluan anda semua…sok atuh di catat ya:

Hari 1

musim dingin di shibuya tokyo


Setibanya anda di bandara internasional Jepang, tidak masalah anda mendarat di Haneda maupun di Narita (ya bedanya kalau turun di Narita perjalanan ke Tokyo butuh waktu yang lebih lama), maka saya sarankan check in hotel lebih dulu, kemudian beres-beres, dan mandi. Beruntung sekali buat anda yang bisa berangkat dari Indonesia tengah malam sehingga pada waktu pagi hari anda sudah mendarat di Jepang. Buat yang sudah terlanjur lapar maka bisa cari sarapan di bandara atau kalau mau lebih eksotis ngemil cantik dulu aja baru setelah check in cari sarapan yang mengenyangkan, tujuannya sih cuma satu biar bisa rasakan sensasi makan pinggir jalan di pinggiran Kota Tokyo. Sempatkan eksplor daerah Shibuya dan Harajuku Street dimana kalau hari menjelang malam maka anak-anak muda kece badai mulai tuh tumplek blegg ke jalanan dengan dandanan keren, rambut warna-warni, sepatu boot, dan ragam variasi keren lainnya. Caranya gampang kok, tinggal naik kereta dari stasiun Tokyo dan turun di Stasiun Shibuya.

Hari 2

ueno park jepang

Yuk mulai jejakkan kaki anda ke beberapa lokasi jalna-jalan asik seperti Kuil Sensoji, Kuil Meiji, Tokyo Tower, dan Tokyo Skytree. Khusus bagi anda yang gemar dengan gadget maupun alat-alat elektronik bisa mampir ke daerah Akihabara, inget dompet di pegangin, bukan karena ada copet tapi nanti bisa kalap mata lihat barang-barang di Akihabara ha3x. Karena kali ini anda berlibur secara khusus dalam rangka menikmati musim semi, silahkan coba tradisi Hanami dengan duduk-duduk santai sambil makan dan minum di beberapa taman yang  terkenal seperti Ueno, Yoyogi, atau Sumida.

Jujur buat turis Indonesia biasanya rada males duduk-duduk begitu, selain kita itu orangnya grasah-grusuh, duduk-duduk begitu rasanya kaya boros di waktu kecuali bagi anda yang punya teman atau saudara di Jepang. Di taman-taman cantik seperti inilah sebenarnya kita bisa benar-benar menikmati suasana musim semi lengkap dengan bunga-bunga sakura yang mekar dengan indahnya.

Hari 3

salah satu sahabat Boma yang baru liburan ke Jepang tahun lalu

Saatnya menikmati keindahan Gunung Fuji, sekalipun anda tidak perlu harus mendaki sampai puncak dengan berjalan kaki, ada beberapa titik pemberhentian yang bisa dijadikan spot terbaik untuk menikmati suasana gunung sakral yang puncaknya selalu diselimuti salju. Di sekitar Gunung Fuji ini ada sekitar 5 (lima) danau yang juga sangat eksotis dimana beberapa danau yang cukup terkenal yaitu Danau Kawaguchi dan Danau Saiko. Jika butuh membeli souvenir unik maka anda bisa luangkan waktu mengunjungi Gotemba dimana banyak souvenir-souvenir unik dan lucu yang saya yakin membuat anda ‘lapar mata’ dan ingin membelinya.

Hari 4

Berlibur ke Desa Shirakawago Jepang, Situs Warisan Dunia Yang Dilindungi UNESCO

Tentatif sih sebenarnya, tapi saya bisa sarankan anda untuk naik kereta ke Shirakawago dimana di area tersebut ada sebuah kawasan heritage yang berisi rumah-rumah tradisional Jepang yang sangat eksotis. Di kawasan ini kadang masih suka turun salju jadi justru menarik dimana anda bisa melihat desa wisata ini berbalut putihnya salju yang lembut. Perjalanan dari Tokyo ke Shirakawago bisa ditemouh sekitar 3 jam dengan menggunakan kereta dimana selama perjalanan tersebut anda bisa dengan leluasan menikmati pemandangan alam Jepang dari jendela kereta lalu sore dan malamnya langsung balik lagi ke Tokyo

NOTE – Di dalam blog ini saya juga menulis beberapa artikel tentang Jepang yang sekiranya bisa anda baca-baca sebagai panduan maupun referensi liburan anda ke Jepang seperti:

Hari 5

Ini nih hari paling menyedihkan karena anda sudah harus kembali ke Indonesia, coba cari deh flight paling malam sehingga anda bisa jalan-jalan dulu di Tokyo dan menikmati waktu-waktu terakhir anda di negara matahari terbit ini. Khusus bagi anda yang masih ingin melanjutkan perjalanan liburan maka di hari ke 5 inilah anda bisa mulai pindah ke Kyoto maupun Osaka, 2 kota favorit buat liburan ke Jepang setelah Tokyo.

Dalam artikel sebelumnya saya sempat menulis 7 hotel menarik dengan harga murah di Tokyo yang bisa anda pesan dimana salah satu dari 7 hotel yang saya rekomendasikan itu adalah Emblem Hostel Nishiarai, ini foto hotelnya:

hotel murah di tokyo 1

7 Hotel Murah dan Instagramable di Tokyo

Tadi di atas sudah saya tulis link untuk melihat dan membaca review hotel murah di Tokyo, tapi agar anda juga jadi lebih mudah mencatat nama-nama hotelnya atau bahkan mau langsung memesannya melalui Agoda maka saya akan tulis sekalian daftarnya di bawah ini:

  1. emblem hostel nishiarai
  2. Oakhostel Zen
  3. Kaisu Hostel
  4. ARTnSHELTER Tokyo
  5. Grid Hostel Lounge Akihabara
  6. Khaosan Tokyo Samurai Capsule dan yang terakhir adalah
  7. Khaosan Tokyo Laboratory

Bagi anda yang sudah mengenal platform bernama Airbnb, maka anda juga bisa menggunakan link yang akan saya berikan berikut ini untuk mendapatkan voucher menginap sebesar USD33 dimana voucher tersebut baru akan berfungsi ketika anda melakukan transaksi minimal USD63, silahkan download voucher menginap dengan airbnb!

Sebagai bonus buat anda yang masih ingin melanjutkan perjalanan ke Kyoto dan Osaka, berikut ini saya berikan referensi tempat penginapan menarik yang bisa anda tinggali, silahkan di catat atau langsung pesan kamar sebelum habis melalui link di bawah ini.

PERHATIAN – musim semi adalah salah satu musim dimana Jepang akan sangat Peak atau sibuk karena itu hotel-hotel akan fully book dengan sangat cepat, hindari memesan hotel dalam waktu mepet karena harga akan cenderung naik tinggi. Di bawah ini adalah link hotel melalui Agoda yang masih banyak memberikan diskon atau kemudahan seperti bayar di belakang atau bayar pada waktu check in yang akan memudahkan proses perencanaan liburan anda ke Jepang

7 Referensi Hotel di Kyoto

Berikut ini 7 daftar hotel di Kyoto yang bisa anda pertimbangkan:

  1. Khaosan Kyoto Guesthouse
  2. EL INN KYOTO
  3. Sotetsu Fresa Inn Kyoto-Shijokarasuma
  4. Hotel Kanra Kyoto
  5. OI 1 Bedroom Apt near Kinkakuji 123 Haradani
  6. guest house kyorakuya kinkakuji dan yang terakhir adalah..
  7. Kyo Koyado Kinkakuji Benten

7 Referensi Hotel di Osaka

  1. Nest Hotel Osaka Shinsaibashi
  2. Candeo Hotels Osaka Namba
  3. EX Japanese & Western 3 Bedroom near Osaka Castle
  4. ZenLabo Osaka
  5. Hotel Kanade Osaka Namba
  6. The Park Front Hotel at Universal Studios Japan™ dan…
  7. The Bridge Hotel Shinsaibashi

Kita sudah sampai akhir dari artikel hari ini, Boma ucapkan selamat jalan-jalan dan menikmati liburan musim seminya di Jepang. Jika sekiranya ada hal-hal lain yang ingin ditanyakan teman-teman bisa tinggalkan komentar di bawah ini dan sebisa mungkin saya akan bantu jawab….selamat liburan teman-teman, perbanyak makan dan jangan hiraukan angka di timbangan sepulangnya nanti di Indonesia ha3x.

Bima

Professional wedding photographer and blogger since 2010 who put a concern to write a story about photography, traveling, culinary, and hospitality services

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat WhatsApp us