Umbul Songo Kopeng, Wisata Semarang yang Belum Terjamah

Berada di Kopeng, Getasan, Kabupaten Semarang, siapa sangka ternyata Semarang menyimpan wisata alam berupa air terjun yang jauh dari hiruk-pikuk kota. Selama ini sebagian orang menganggap bahwa tempat wisata di Semarang didominasi oleh wisata kota saja. Namun, sebenarnya jauh lebih daripada itu, kota ke-5 terbesar di Indonesia tersebut menyimpan segudang kejutan yang dapat dijadikan alternatif wisata oleh anda yang ingin berlibur karena di tempat ini masih ada kawasan yang belum terjamah oleh masyarakat banyak!

Salah satu destinasi di Semarang yang sebaiknya anda kunjungi adalah Umbul Songo Kopeng. Sekalipun masih jarang dikunjungi oleh sebagian besar wisatawan, Umbul Songo sangat cocok bagi anda yang gemar wisata alam serta anda yang mulai merasa bosan untuk ‘sekadar’ menjelajahi perkotaan saja, selain itu beberapa infrastruktur pendukung wisata juga sudah dibenahi oleh pemerintah setempat. Sedikit tips dari Bomanta bahwa track atau jalan untuk sampai di kawasan tersebut belum cukup baik. Di satu sisi memang hal tersebut cukup menyulitkan tetapi bagi anda yang gemat dengan wisat alam maka medan seperti ini justru akan menjadi sebuah tantangan tersendiri. Bakal jadi pengalaman baru di kota tersebut, bukan?

Air Terjun Primadona Pemburu Keindahan Alam

Bagi orang Semarang pada khusunya, Umbul Songo Kopeng hadirkan sesuatu yang cukup berbeda. Oh ya, jika sejak tadi kami bicara tentang Umbul Songo Kopeng, perlu diketahui juga bahwa kawasan tersebut menawarkan spot air terjun sebagai tujuan utamanya. Dengan ketinggian lokasi wisata sekitar 1.450 meter dari permukaan laut, Umbul Songo sudah barang tentu akan menghadirkan suasana yang asri nan eksotis. Lokasinya juga berada di antara dua gunung, yaitu Gunung Merbabu dan Telemoyo. Hal tersebut semakin menambah semarak suasana alam yang permai di sekitaran air terjun.

via. yogyakarta.panduwisata.com

Karena lingkungan yang masih alami maka akan terlihat bahwa dinding air terjun masih diselimuti oleh lumut dan beberapa tumbuhan hijau, jadi bagi anda yang ingin mengunjungi lokasi wisata silahkan berhati-hati dan tetap memperhatikan setiap langkah dan pijakan kaki ketika berjalan. Dengan ekosistem sekitar air terjun yang masih sangat terjaga, anda bahkan bisa saksikan sendiri bahwa air terjun ini akan tetap mengalir deras sekalipun pada musim kemarau, sebuah fenomena alam yang tidak akan anda jumpai ketika hanya berkunjung ke area perkotaan saja. Ada satu hal menarik lagi yang perlu anda ketahui yaitu area sekitar air terjun ini adalah surga bagi para burung, karena ini jangan kaget kalau kiacauan burung-burung ini yang akan menjadi teman dalam petualangan anda.

Kita sudah sebutkan di atas bahwa infrastruktur di lokasi wisata ini sudah mulai dibenahi, jadi ketika anda mengunjungi Umbul Songo Kopeng dan berkeinginan untuk menginap maka anda bisa mendapatkan penginapan yang cukup memadai tidak jauh dari lokasi air terjun tersebut. Karena penginapan yang ada masih didominasi oleh Guest House dan Homestay maka anda bisa mendapatkan penginapan dengan harga yang sangat terjangkau. Jadi, tidak perlu ‘ngoyo’ untuk melakukan one-day trip disaat menjelajah tempat wisata ini.

Untuk fasilitas pendukung lainnya di sekitar area ini juga telah tersedia lahan parkir yang memadai, kolam renang bagi anda yang ingin mengajak putra dan putri anda untuk berenang, serta mushola untuk tempat ibadah. Untuk urusan retribusi masuk anda juga tidak perlu khawtir karena biayanya sangat terjangkau. Untuk bisa menikmati pemandangan indah yang masih alami ini anda hanya cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000/orang, biaya yang sangat murah untuk menikmati pemandangan alam seindah Umbul Songo.

via. wisataterbaru.com

Lokasi Getasan memang terbilang cukup jauh dari pusat kota, yaitu sekitar 54 kilometer. Saya kalau anda langsung pulang, jadi bila masih betah untuk berkeliling di kawasan Getasan, selain Umbul Songo Kopeng anda juga bisa mencoba tempat wisata lainnya yang ga boleh ditinggalin begitu saja. Beberapa diantaranya bahkan benar-benar baru lagi di telinga anda, sebut saja G-Pass yang menawarkan pemandangan kota Semarang dari atas ketinggian, kemudian ada Bukit Harapan Cuntel yang eksotis khususnya saat langit mulai gelap dan menampakkan siluet orang-orang di atas bukit. Selain itu ada juga air terjun lainnya yaitu Air Terjun Grinjingan. Bagi anda yang ingin berinteraksi lebih dekat dengan warga lokal, di Getasan terdapat beberapa desa wisata seperti Desa Wisata Tanon Ngrawan, Desa Wisata Sumogawe dan beberapa desa lainnya.

via. semarangpedia.com

Supaya perjalanan liburan makin seru, anda juga bisa ikut tur, coba deh lihat-lihat informasi menarik di sini selengkapnya karena siapa tahu anda bisa dapatkan tiket murah ke Semarang ataupun sewa mobil murah ke Getasan yang memang terbilang masih jarang dikunjungi oleh para wisatawan lainnya.

Boma

Professional blogger since 2010 who put a concern to write a story about traveling, culinary, and hospitality services - An airbnb Host since 2013 in Boma House Yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *