Bus Bandros Bandung dan Surabaya Heritage Track

Tren wisata keliling kota dengan bus kota semakin meluas. Sebagai alternatif menjelajahi dan menikmati keindahan kota bagi wisatawan, fasilitas bus wisata bisa menjadi alternatif transportasi untuk berkeliling kota. Hampir setiap kota besar di pulau Jawa menyediakan layanan keliling kota menggunakan bus pariwisata. Ada yang gratis hingga berbayar, namun dengan harga yang jauh lebih murah dari transportasi umum.

Terdapat dua kota di pulau Jawa yang memiliki keunikan tersendiri saat kamu mencoba tur keliling kota dengan bus pariwisata-nya, yaitu kota Bandung dan Surabaya. Sejak diresmikannya bus pariwisata di kedua kota ini, animo masyarakat terhadap pariwisata juga semakin tinggi. Buat kamu yang mau ke Surabaya / Bandung, cek info tentang bus pariwisata berikut ini ya.

Bandros: Bandung Tour on Bus

bus bandros

Foto:traveltodayindonesia.com – Bus Bandros yang berwarna-warni

Singgah di Bandung jangan lupa melirik deretan bus wisata yang disediakan oleh pemerintah daerah setempat untuk keliling kota. Bus Bandros namanya, diresmikan bulan Januari 2018, dan kini tersedia puluhan unit bus yang beroperasi setiap hari mulai pukul 09.00 pagi hingga 16.00. Terbagi dalam 5 warna bus, setiap warna akan memiliki tujuan yang berbeda-beda.

Kamu bisa langsung menuju terminal bus Bandros dan memilih rute yang diinginkan dengan membayar Rp10.000 sekali jalan. Terkait dengan warna bus dan tujuannya, kamu bisa langsung bertanya ke loket pembelian tiket bus Bandros ya.

Perjalanan keliling Bandung dengan satu rute bus Bandros memakan waktu sekitar 60 menit. Waktu satu jam tidak akan begitu terasa, karena ada banyak tempat bersejarah yang akan dilalui transportasi ini. Bus ini juga memiliki pemandu yang akan menceritakan fakta dan sejarah kota Bandung dan tempat-tempat ikonik yang bisa kita lihat di sepanjang perjalanan wisata.

Dibandingkan bus wisata yang dimiliki kota-kota lainnya, Bandros cukup istimewa dengan bentuknya yang unik, mungil dan berwarna-warni. Kapasitasnya bisa menampung hingga 24 orang saja. Karena kapasitasnya yang kecil dan wisatawan Kota Bandung yang ramai, kamu mesti antri dengan tertib ya.

Surabaya Heritage Track

surabaya heritage track

Foto:goodnewsfromindonesia.id – Bus SHT nyaman dengan AC

Berbeda dengan rute bus wisata Bandros di Bandung yang memiliki rute tetap, Bus Surabaya Heritage Track memiliki tema yang berbeda setiap harinya. Bus wisata yang disediakan oleh House of Sampoerna ini memang istimewa karena tema trek wisatanya bermacam-macam seperti Babad Surabaya, Surabaya The Heroes City, atau Surabaya The Trading City. Ada pula regular tour dengan tema Explore Surabaya yang mengunjungi landmarknya kota Pahlawan.

Untuk menikmati kota Surabaya di balik bus yang nyaman dan ber-AC ini cukuplah mudah. Jika pergi berombongan, lakukan dulu reservasi di Museum House of Sampoerna agar semua anggota dapat terangkut seperti rencana. Jika ingin pergi sendirian, biasanya tersedia kursi kosong untuk pengunjung on the spot yang jumlah tidak banyak. Tapi ingat, meski memiliki tiga rute, setiap pengunjung hanya boleh mengikuti satu saja. Mau mencicipi rute yang lain, pesanlah kursi di bus Surabaya Heritage Track untuk esok hari.

Bus kota ini juga dilengkapi dengan pemandu yang bersahabat yang akan menceritakan sejarah tempat yang kita lewati. Hal yang paling menarik dari Surabaya Heritage Track adalah kita tidak melulu berdiam dalam bus, ada masanya penumpang diajak turun di tempat bersejarah yang disinggahi.

Jika ada waktu liburan yang cukup panjang, kamu bisa mencicipi Bandros di Bandung sampai puas lalu naik kereta api Bandung Surabaya untuk kemudian berkeliling kota di Surabaya keesokan harinya. Menarik bukan?

Mau Liburan ke Bandung dan Surabaya sekaligus? (why not..)

liburan ke bandung

foto:@gotravellinggirl – Suasana dalam kereta Argo WIlis

Bila kamu ingin mencoba menikmati kedua wisata tur keliling kota ini, bisa saja karena jarak kedua kota hanya mulai dari 12 jam perjalanan dengan menumpang kereta api. Terdapat pilihan kelas kereta mulai dari ekonomi hingga eksekutif. Bila ingin berangkat lebih pagi dari Bandung, ada kereta Argo Wilis yang berangkat pukul 08.30 dengan harga tiket di kelas Eksekutif sebesar Rp 450 ribu.

Untuk jadwal kereta api Bandung Surabaya lainnya lebih banyak tersedia pada sore hingga ke malam hari. Untuk sore hari ada kereta Mutiara Selatan dengan kelas bisnis yang berangkat pada pukul 16.50 dengan harga tiket mulai dari Rp 310 ribu. Mutiara Selatan juga melayani kelas eksekutif.

Untuk malam hari ada kereta eksekutif Turangga dengan harga tiket sebesar Rp 450 ribu. Dan paling malam adalah kereta Harina yang berangkat pukul 21.37 dengan harga tiket di kelas ekonomi Rp 250 ribu dan Eksekutif sebesar Rp 450 ribu.

Perlu diingat kota Bandung dan Surabaya memiliki iklim yang berbeda. Bandung cenderung dingin sehingga membutuhkan pakaian yang hangat, Surabaya cenderung panas dan gerah jadi siapkan juga pakaian tipis lebih banyak. Perjalanan kamu pasti lebih nyaman, meski berangkat malam kamu sudah sedia pakaian hangat. Mau pilih berangkat pagi atau sore dari Bandung, kamu masih bisa mencoba wisata kuliner saat sampai di Surabaya, karena kota ini tak pernah tidur!

Bima

Professional wedding photographer and blogger since 2010 who put a concern to write a story about photography, traveling, culinary, and hospitality services

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat WhatsApp us