3 Hari 2 Malam di Jogja Dengan Budget 1 Juta


Daerah Istimewa Yogyakarta atau lebih dikenal dengan Jogja adalah tujuan wisata terkenal kedua setelah Bali yang layak kamu kunjungi pada masa-masa liburan nanti. Jogja adalah kota yang sangat eksotis, klasik, sekaligus indah sehingga tidak heran jika banyak orang Indonesia dari daerah lain yang ingin berlibur ke jogja. Selain itu, liburan ke Jogja juga tidak mahal, cukup bermodalkan 1 juta rupiah per orang saja, anda bisa menghabiskan liburan di Jogja selama 3 hari 2 malam. Berikut beberapa tips buat anda yang ingin melancong ke Jogja.

#1 Mulai Perjalanan dengan Kereta Api Ekonomi (Rp. 370.000 PP)

Bagi anda yang tinggal di Jakarta, tidak perlu naik pesawat untuk pergi ke Jogja. Naik kereta bisa lebih hemat. Sebagai awal jadi perjalanan, anda bisa beli tiket kelas ekonomi ke Jogja dengan harga tiket sekitar Rp. 185.000 untuk sekali jalan. Jadi, tiket pulang pergi hanya sekitar Rp. 370.000 saja. Anda bisa berangkat malam dan sampai disana pagi hari, lalu bisa langsung jalan-jalan keliling kota Jogja.

Baca juga – Serunya Nonton Cabaret Lady Boy Oyot Godhong di Jogja

#2 Cari Penginapan Paling Terjangkau (Rp. 200.000 untuk 2 malam)

Penginapan di Jogja juga tidak begitu mahal, tapi tergantung di mana anda akan menginap. Berhubung budget tidak terlalu banyak maka carilah hotel yang murah. Misalnya, anda bisa menuju ke Sosrowijayan di jalan Malioboro. Dari Stasiun Lempuyangan bisa naik Transjogja dengan membayar Rp.3.500 dan turun di Jalan Malioboro kemudian cari hotel murah di Sosrowijayan. Ada beberapa penginapan murah disekitar Malioboro dengan harga sekitar Rp. 100.000 per malam.

#3 Sewa Motor Dengan Harga Murah (Rp. 120.000 untuk 2 hari + Rp 50.000 bensin)

Agar lebih hemat, anda bisa menyewa motor yang mungkin disediakan oleh pihak penginapan. Cukup membayar Rp. 60.000.-/hari maka anda bisa jalan-jalan naik motor seharian.

#4 Menjelajahi Kota Yogyakarta (Rp. 100.000,-)

Hari pertama bisa anda habiskan di pantai hingga larut malam. Selanjutnya, hari kedua anda bisa lanjutkan untuk jalan-jalan keliling kota Jogja dan mengunjungi situs-situs bersejarah disana seperti Taman Sari, Candi Ratu Boko, Keraton Jogja, Museum Kereta, dan lain-lainya. Tiket masuk untuk setiap tempat juga tidak mahal, sekitar 7 ribu saja. Pada saat sore hari, anda bisa menuju Candi Ratu Boko untuk menyaksikan keindahan sunset dan jangan lupa untuk mengambil foto sebagai kenang-kenangan. Tapi, tiket masuk ke candi agak mahal dibandingkan tiket ke Taman Sari. Anda hanya perlu membayar Rp. 30.000 untuk bisa menikmati sunset dari Candi Ratu Boko. Kenapa tidak ke Candi Borobudur? Sebenarnya anda bisa saja berkunjung ke Candi Borobudur, tapi lokasinya cukup jauh dari Jogja sementara budget yang kamu miliki minim sekali. Alternative lainnya, anda bisa mengunjungi candi Prambanan yang letaknya tidak jauh dari Candi Ratu Boko.

#5 Menikmati Kuliner Jogja Sebelum Pulang (Rp. 100.000)

Masa liburan akhirnya sampai di hari ketiga dan saatnya untuk pulang ke Jakarta. Sekedar mengingatkan, selama anda liburan di Jogja, sebaiknya tidak perlu memilih makanan yang macam-macam agar tidak boros, karena itu anda bisa membeli nasi kucing dengan harga Rp. 2000,-/bungkus. Di hari terakhir ini ada baiknya anda memburu kuliner Jogja yang sangat khas di sepanjang malioboro seperti nasi gudeg, angkringan, penyetan, dan kopi joss.

Nah, itulah beberapa tips buat anda yang ingin liburan ke Jogja dengan modal Rp. 1.000.000 selama 3 hari 2 malam. Perlu diingat bahwa info ini hanya berlaku bagi anda yang tinggal di pulau Jawa dimana transportasi ke Jogja bisa menggunakan kereta ekonomi, Selamat berlibur di Jogja!!!

Bima

Professional wedding photographer and blogger since 2010 who put a concern to write a story about photography, traveling, culinary, and hospitality services

One thought on “3 Hari 2 Malam di Jogja Dengan Budget 1 Juta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat WhatsApp us