Cara Mudah Naik Kereta Bawah Tanah MTR di Hong Kong


Berlibur ke Hong Kong tentu akan lebih seru kalau anda mau mencoba moda transportasi lokal dan menjejakkan kaki di tempat-tempat yang terpencil dan menjumpai beragam makanan lokal khas asli Hong Kong.

Sekalipun ada tram, ferry, taksi, dan bis keberadaan kereta bwah tanah bernama MTR ini sangat terasan menfaatnya untuk mengitari Hong Kong selama beberapa hari. Capek memang kalau dirasakan karena harus naik turun tangga dan berjalan pindah platform kereta tapi justru di sinilah asyiknya berlibur ke negeri orang.

Halo nama saya Bima dan terima kasih sudah berkunjung ke blog liburan ini, semoga apa yang saya share di sini tentang cara naik MTR akan bermanfaat buat teman-teman semua.

Informasi Praktis Tentang Hong Kong

Bebas Visa untuk Orang Indonesia

Sejak puluhan tahun lalu, pemerintah Hong Kong sudah memberikan kemudahan bagi kita orang Indonesia serta ratusan negara di seluruh dunia untuk memasuk negaranya secara gratis alias FREE VISA, jadi kita tinggal siapkan paspor yang masih berlaku minimal 6 bulan dan kalau ditanya oleh petugas imigrasi tentang dimana kita tinggal dan kapan pulangnya maka jawablah dengan jelas dan singkat.

Penginapan di Hong Kong

Ada ratusan hotel di Hong Kong yang bisa dicoba tapi yang perlu diperhatikan adalah luasan kamar di Hong Kong yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan kamar hotel di Indonesia. Di bawah ini saya akan berikan rekomendasi penginapan di Hong Kong yang bisa teman-teman coba. Agar terlihat adil maka saya akan berikan 2 referensi penginapan murah atau hostel dan juga 2 referensi penginapan hotel berbintang.

  • Yes Inn Fortress Hill – penginapan sederhana di Fortress Hill ini sangat cocok kalau kita mau ke Macau karena jaraknya dengan pelabuhan menyeberangan tidak terlalu jauh
  • Marrigold – penginapan satu ini cocok buat anda yang ingin tinggal di tengah kota dan yang membuat penginapan ini spesial adalah jaraknya dengan stasiun MTR yang hanya terpaut 100 meter
  • Ovolo 256 – ketika saya tinggal di hotel ini, anggaran belanja street food langsung mendadak tinggi karena hotel ini dekat sekali dengan pasar tradisional dimana para penjaja makanan berjejer dan saling menawarkan dagangannya
  • Four Season – hotel ini jelas pasti nyaman, kamarnya luas, jadi kalau kita pernah menginap di penginapan murah kemudian mencoba menginap di Four Season maka rasanya akan sangat lega.

Transportasi di Hong Kong dengan Kereta MTR

Sebelum saya jelaskan cara membaca peta dan menggunakan kereta bawah tanah MTR ini saya sarankan anda mendownload terlebih dahulu peta MTR Hong Kong, sehingga anda bisa membaca peta sekaligus memahami panduan yang akan saya berikan.

Setelah anda mendownload peta MTR maka saya akan berikan contoh kasus di sini yaitu:

  • Anda menginap di Marrigold yang berada di East Tsim Sha Tsui, dan
  • Ingin berlibur ke Disneyland

Ketika anda mendarat di bandara maka sempatkan dulu jalan-jalan di Bandara jadi tidak perlu buru-buru keluar, begitupun saya, saya memilih santai dulu dengan istri dan mamesan nasi ayam hainan dan beef curry yang sudah compliment dengan 2 gelas orang juice.

Cara Menuju ke Hong Kong Disneyland Menggunakan MTR

Seperti tadi sempat saya ceritakan sebelumnya bahwa Marrigold ini hanya berjarak 100 meter dari stasiun MTR East Tsim Sha Tsui (West Rail Line), begitu keluar hotel maka anda tinggal menyeberang jalan dan masuk ke stasiun. Ambil kereta di jalur yang West Rail Line yang menuju ke Tuen Mun dimana anda hanya cukup naik kereta tersebut sampai ke Stasiun Nam Cheong (stasiun ke 2 dari East Tsim Sha Tsui)

Nam Cheong di sini adalah sebuah stasiun interchangei dimana di dalam satu bangunan terdapat lebih dari 1 jalur kereta. Setelah sampai di Nam Cheong silahkan keluar dari kereta dan pindah platform yang mungkin anda harus pergi ke lantai yang berbeda dari ketika anda tiba.

Carilah jalur Tung Chung Line (jalur warna orange) dan naik kereta di jalur tersebut yang ke arah Sunny Bay. Setelah anda tiba di Sunny Bay anda harus pindah platform lagi untuk menggunakan MTR khusus ke arah Disneyland dimana kereta di jalur khusus ini sudah penuh dengan hiasan-hiasan Disney.

Anda bisa lakukan konsep yang sama seperti di atas untuk menuju ke tempat-tempat lain yang anda inginkan. Berita bagusnya ketika anda menginap di Marrigold adalah anda hanya cukup berjalan kaki kalau ingin ke Avenue of Star dan melihat pertunjukan laser show Symphony of Lights pada pukul 20.00.

Tips Naik MTR

  • Pastikan saldo Octopus Card anda selalu terisi, silahkan cek balance anda di mesin tiket yang tersedia di setiap stasiun
  • Print peta MTR tadi atau simpan di handphone dalam format PDF karena ini adalah pegangan penting untuk anda berkeliling Hong Kong

Travel Photography – saya meng-upload foto-foto perjalanan saya ke Hong Kong dalam resolusi tinggi, jika anda menyukai foto-foto tersebut maka anda bisa membelinya di Shutterstock

Dengan menggunakan MTR ini maka anda bisa menghemat ratusan ribu rupiah daripada anda harus naik Taksi untuk berkeliling Hong Kong!

Terima kasih sudah membaca cerita perjalanan saya tentang kereta bawah tanah Hong Kong yang bernama MTR ini,

Anda bisa membaca eBook Boma’s Guide Hong Kong jika ingin mengetahui secara lebih detil tentang tempat-tempat wisata secara lebih lengkap, cara berkeliling negara ini tanpa menggunakan jasa agen, hingga rekomendasi tempat makan dan hotel – hotel yang nyaman maka.

Jika anda sudah sering bepergian ke Hong Kong, silahkan tinggalkan komentar dan saran perjalanan anda melalui komentar di bawah ini!

Bima

Professional wedding photographer and blogger since 2010 who put a concern to write a story about photography, traveling, culinary, and hospitality services

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat WhatsApp us