5 Makanan Khas Hongkong yang Bakal Bikin Kamu Ngeces


Berdasarkan pengalaman pertama ke Hong Kong yang terlalu sok-sokan karena maunya cuma makan di restoran doang, di kesempatan kedua ini saya sudah berniat bahwa mau makan sebanyak mungkin makanan khas Hongkong yang dijual dipinggir jalan alias street food. Harganya memang murah tapi yang jauh lebih eksentrik itu sensasi dan rasanya dan ini dia cara gimana jadi orang Hong Kong yang sesungguhnya. Mau gimana lagi…pas pesen aja yang jual jarang yang bisa bahasa Inggris jadi cuma tuding-tuding “This…This…and That” terus kadang dipepet ama warga asli Hongkong yang tau-tau ngomong nerocos pake bahasa kanton yang saya sendiri ga ngerti maksudnya apa. Ha3x begitulah teman-teman karena itu di tulisan kali saya bakal cerita tentang makanan khas Hongkong yang bakal bikin kalian semua ngeces parah…siapin tisu atau clemek bayi sekalian ketika kalian baca tulisan Boma yang satu ini.

(1) Sate Gurita

makanan hongkong paling enak

Nah lho!….di Indonesia jarang-jarang kan nemu gurita? kalo cumi-cumi sih banyak, tapi di Hong Kong ga bakal puasa kalo belum makan gurita. Ini gurita dari mulai mentah biasanya direbus pake bumbu khusus yang sekiranya ga bikin amis terus langsung ditusuk pake tusukan sate dan akhirnya ada yang dipanggang, ada yang dikasih saos mayonaise, dan ada juga yang langsung dimakan. Harga 1 tusuk sate gurita ini berkisar HKD10 – HKD20 tergantu kita belinya dimana, kalo di area Causeway Bay bisa sampe HKD20 maklum lah karena daerah elit

(2) Somay Kuah

makanan murah di hongkongSecara bentuk ga ada bedanya ini somay ama yang di Indonesia, hanya kalo dicip-icip ada rasa asin dari kuahnya….si ibu yang jual masukin sekitar 7-8 butir somay ke dalam cup terus dituangin kuah kecap asin yang rasanya aduhai. Untuk 1 cup somay kuah ini kita mesti bayar kisaran HKD10….muantab teman-teman, mesti coba ya!!

(3) Dimsum

dimsum makanan khas hongkong wajib cobaNah…nah…nah, makanan khas Hongkong yang berikut ini mesti dan harus coba, awas kalo sampe ke Hong Kong kalian ga coba ha3x, namanya Dimsum. Buat kita-kita yang muslim ati-ati dikit karena kadang Pao-nya ada yang isi babi, cari aja yang isi sayuran, udang, atau olahan ikan ya. Untuk 1 kotak dimsum harganya berkisar HKD10 – HK25.

 

(4) Egg Waffles

egg waffle makanan murah enak di hongkongSelanjutnya adalah Egg Waffles, ini makanan enak juga dan goodnes-nya bisa kita temuin dimana-mana, hampir setiap sudut kota banyak penjual egg waffle, harganya kisaran HKD8 dan sekarang di Indonesia mulai menjamur yang jual juga. Makanan ini bakal enak banget kalo kita ke Hong Kong pas musim dingin, nah….di luar kan dingin tuh, terus pesen egg waffle ini dan terus langsung makan…nyam….nyam..nyam!!

(5) Wonton Noodles

makanan khas hongkong murah meriahKali pertama ke Hong Kong saya makan ini bakmi kuah tanpa lihat sana sini dan ternyata dapatlah mie wonton ini dengan daging babi, haduuuh “Tuhaaannnn….aku sangat berdosa” nah yang kedua coba-coba cari yang pake daging sapi, katanya penjual sih begitu dan semoga saja dari daging sampe kaldunya semuanya sapi ha3x. Yuk cobain ya teman-teman, Wonton Noodles dijamin dahsyat rasanya, harganya kisaran HKD30

 

 

 


Udah lihatnya? sampe ngecesss ga? nah sana buruan nabung yang banyak terus ajak istri, kakak, adek, mamah dan papah ke Hong Kong. Saran saya sih ke Hong Kong pas musim dingin paling asik, memang langit sering mendung, tapi paling oke buat dikunjungin. Musim panas juga oke tapi ya itu tadi…..sering keringetan dan ya…namanya panas di Indonesia juga sering..bahkan sering banget! Sekedar cerita iseng ya….Boma itu kan rumah di Jogja, nah buat ke Hongkong biasanya Boma pake connecting flight jadi dari Jogja – Kuala Lumpur – Hong Kong dna baliknya juga begitu, kalo yang mau ngebolang tidur aja ngemper di dalam KLIA 2 sekarang nyaman kok sama Air Asia dikasih satu sudut tempat yang dikasih karpet lumayan empuk (bersih enggaknya ga’ tau ya), nah biasanya nih Boma amat-amatin kalo perginya pas musim dingin kok rada murah ya, jadi kemrain itu Boma bayar 6 juta PP buat berdua ama istri jadi masing-masing 3 juta udah dari Jogja sampe Hong Kong pulang pergi.¬†Sekedar mengutip tips liburan ala Boma beberapa waktu lalu, maka rencanakan liburan itu 1 tahun dan dengan cara ini nabungnya lebih mudah karena bisa dicicil dikit-dikit.

Nih biar tambah ngeces langsung Boma liatin video pas beli street food di Hong Kong ya

Oh ya kalau teman-teman mau tahu lebih detil, Boma tulis 2 buah ebook tentang Hong Kong yaitu Panduan Liburan ke Hong Kong dan 100 Damn Awesome Place to Eat in Hong Kong. Format ebooknya PDF dan bisa teman-teman simpan langsung di smartphone, mantab dan praktis ya?

Jika teman-teman ngerasa artikel Boma kali ini bermanfaat, feel free to share ke teman-teman kalian ya, semoga tulisan ini membantu buat yang pada mau nge-bolang ke Hong Kong….sampai ketemu di tulisan Boma berikutnya!!! Ayo semangat pada liburan!!!

cover ebook100 HK resto

Jika ada hal lain yang perlu teman-teman siapin buat liburan ke Hong Kong, nih Boma punya beberapa sarang barang yang bisa dibawa baik buat keperluan narsis sampe yang lainnya.

Bima

Professional wedding photographer and blogger since 2010 who put a concern to write a story about photography, traveling, culinary, and hospitality services

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat WhatsApp us