Tidak Pernah Ada Kata Terlalu Kaya Untuk Sebuah Kesehatan




Saya pernah bermimpi untuk bisa hidup di masa tua dengan keadaan yang lebih baik dari apa yang orang tua saya pernah capai baik dari sisi keuangan, ketenangan hidup dan tentu kebahagiaan. 3x merawat mamah saya yang sudah puluhan tahun terkena diabetes dan berakhir pada serangan stroke membuat saya bisa mengambil kesimpulan bahwa ‘Tidak Pernah Ada Kata Terlalu Kaya Untuk Sebuah Kesehatan’, ini bukan masalah sepele dan saya sudah buktikan bahwa puluhan hingga ratusan juta bisa habis hanya dalam waktu 1 hari untuk sebuah kesehatan manusia. Ketika besok saya tua saya hanya ingin sebuah hal yaitu Ketenangan, tentunya hal sederhana ini harus diperjuangkan secara serius sejak muda dimana energi masih meluap tanpa batas.

Ketenangan tentu bisa diartikan banyak hal dan hal tersebut akan datang jika hal-hal yang bersifat kebutuhan dasar sudah terpenuhi misal makan, tempat tinggal, pakaian, kenikmatan hidup, keuangan, dan tentu juga kesehatan. Tentu kadang semua hal tadi tidak bisa kita dapatkan sempurna tapi kalau mau ditanya apa yang paling bikin kita bahagia? jelas kesehatan jawabannya. Orang sehat tentu bisa beraktivitas, berkarya, dan mengumpulkan uang tapi orang sakit jelas tidak akan mampu melakukan apapun. Bagi saya pribadi sedih sekali melihat kenyataan bahwa mamah saya harus terbaring bermingu-minggu karena penyakit stroke yang diidapnya sedangkan puluhan tahun saya menyaksikan dengan mata kepala saya sendiri dia melanglang buana mulai dari satu kota ke kota yang lain hingga dari satu negara ke negara yang lain.

Pikiran dasar manusia mengatakan bahwa inilah kenyataan yang harus dihadapi ketika nanti tiba di masa tua, tapi tentu sebagai manusia kita akan terus berjuang untuk memperbaikin keadaan. Hal sederhana mulai coba saya lakukan yaitu badminton bersama sahabat-sahabat terbaik seminggu sekali yang sudah berjalan lebih dari 1 tahun. Dari olahraga sederhana ini mulai terasa bahwa kesehatan mulai bisa terjaga, sungguh bersyukur ketika tetangga sekitar rumah mulai terserang flu hingga berhari-hari dan kita masih bisa beraktivitas rutin tanpa ada halangan. Tentunya memiliki jaminan hari tua, jaminan pensiun, dan kesehatan murah seperti BPJS juga membuat kehidupan ini menjadi lebih tenang, setiap bulan saya hanya perlu membayar 25 ribu (tidak lebih mahal dari 1 porsi makanan cepat saji yang biasa saya pesan) tapi saya bisa merasakan ketenangan ketika tiba-tiba saya harus cabut gigi atau bahkan diare karena salah makan.

Bekerja secara fulltime sebagai seorang destination wedding photographer dan part-time sebagai seorang penulis blog pariwisata membuat kehidupan saya mengenal banyak orang, dan pada akhirnya sebuah kesimpulan tentang arti kebahagiaan sesungguhnya mulai bisa saya gambarkan di dalam kepala. Siapapun tentu ingin hidup bahagia di hari tuanya, tidak terkecuali siapapun manusia yang ada di muka bumi ini. Saya ingin tetap memeluk istri, anak, dan cucu saya, mungkin kadang perlu terbang bersama istri untuk mengunjungi mereka di luar kota atau bahkan di luar negeri, sebuah hal indah di masa tua yang selalu ada di dalam blue-print impian saya.

Sungguh saya mencintai keluarga saya dan saya ingin melihat mereka semua selama yang saya mampu. Kesehatan adalah prioritas utama karena itulah satu-satunya hal yang akan membuat kita bisa lebih bahagia di masa tua. Anda semua bisa memilih dan mengambil keputusan bijak masing-masing tentang segala bentuk upaya yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan masa tua yang bahagia, dan semoga Allah SWT selalu menyertai kita dalam lindungannya.

Boma

Professional blogger since 2010 who put a concern to write a story about traveling, culinary, and hospitality services - An airbnb Host since 2013 in Boma House Yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *