Pengalaman Liburan ke Luar Negeri Bawa Anak Balita


Persiapan liburan bareng anak di bawah 2 tahun itu memang seru banget, karena segala daya dan upaya pasti tercurah buat si baby kecil ini. Menurut beberapa orang (yang ga setuju sama saya), liburan ngajakin anak di bawah 2 tahun adalah salah besar (tapi bagi saya tidak). Kalau yang mereka lihat adalah repotnya, susahnya, memang iya, tapi bagi saya dan istri mengikutsertakan anak berusia 1-2 tahun untuk liburan adalah justru pelajaran berharga buat kita berdua dan juga si anak kecil ini. Ketika dulu kita memeprsiapkan keberangkatan ke Kuala Lumpur, Hong Kong dan Macau selama 8 hari, jujur bahwa hampir 50% isi koper adalah milik anak saya, mulai dari bubur bayi, mie bayi, crackers khusus bayi, sampe segala macam jenis baju dibawa juga. Saya tidak munafik bahwa repotnya setengah hidup cuma karena dasarnya saya suka jalan-jalan, yang beginian ini justru seneng banget.

Cuma kalau saya bisa kasih saran nih, ga perlu juga berlebihan seperti yang saya dulu lakukan, artiya begini, bawa aja makanan secukupnya dan yang lainnya tinggal beli di negara yang akan kita tuju. Selama saya bawa anak saya liburan, yang paling penting itu cuma makanan kecil dan minuman, itu mesti ada di tas saya maupun istri saya. Dan ternyata maskapai yang strick banget ga ngebolehin penumpangnya bawa minuman ke dalam kabin ternyata kalau kita bawa bayi diperbolehkan juga, MRT Singapura yang strick juga ga ngebolehin kita makan di dalam kereta ternyata kalo yang minta makan bayi ternyata boleh juga, jadi ternyata bawa bayi ga repot-repot amat karena banyak aturan yang ternyata bisa dinegosiasikan dengan petugas.

Kesimpulan sementara dari saya sih gini, kalau emang penasaran gimana rasanya bawa anak liburan ke luar negeri maka cobain deh yang deket-deket dulu aja, misal Kuala Lumpur atau Singapura, dah dirasain dulu, kalo emang kalian orangnya santai-santai aja berarti itu rumor tentang jangan bawa anak kecil ke luar negeri hanyalah mitos semata!

Baca sejarah Bomanta.com di sini!

Bima

Professional wedding photographer and blogger since 2010 who put a concern to write a story about photography, traveling, culinary, and hospitality services

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat WhatsApp us