Kamera Kecil Tapi Hasilnya Gokil!


Ketika beberapa waktu lalu ngisi workshop tentang liburan ke beberapa temen di Yogyakarta, ternyata ada juga yang nyeletuk dan tanya “mas..mas..itu motret sama bikin videonya pake kamera apa ya?”. Saya pikir iya juga ya….kenapa ga coba saya bahas di sini beberapa peralatan yang saya biasa pake buat bikin liputan jalan-jalan sama makan-makan di blog Bomanta.com. Saya bisa paham bahwa beberapa dari anda yang baca tulisan ini mungkin adalah seseorang yang sudah familiar dengan dunia fotografi dan yang namanya peralatan memotret rasanya ga perlu lagi di bahas tapi tulisan kali ini saya khususkan buat anda yang masih awam dan mungkin bingung kamera jenis apa yang bisa anda beli untuk mendokumentasikan perjalanan anda.

Baca juga: Boma Ngisi Seminar Jalan-Jalan

Kenapa Mesti Kamera dan Bukannya Smartphone?

Pertanyaan paling sering saya dengar nih,¬†simple reason….kamera itu konsentrasinya buat motret dan menghasilkan karya fotografi yang layak untuk anda publish/sebarkan karena mengandung nilai berita yang bisa digunakan untuk mencari popularitas maupun uang sedangkan smartphone itu konsentrasinya adalah untuk eksis dan narsis.

Saya pribadi mengakui kalau yang namanya motret pake smartphone pasti kerasa males mau transfer-transfer jadi mentok-mentok cuma buka instagram atau media sosial lainnya yang sekiranya tinggal publish dan bisa dilihat deh itu hasil-hasil liburan kita.

Kenapa Mirrorless dan Bukannya DSLR?

Mirrorless body-nya kecil dan bisa masuk kemana aja sedangkan DSLR terkecil yang saya kenal sekalipun masih harus lepas-pasang lensa dan suka menuh-menuhin tas slempang saya.

Nah….sekarang saya mau kasih review tentang kamera mirrorless yang saya pake selama ini untuk memotret setiap perjalanan saya baik di pekerjaan saya sebagai seorang fotografer maupun travel blogger. Kameranya kecil…mungil namanya Canon EOS M.

Tentang Canon EOS M Menurut Saya

Pertama kali lihat kamera ini mungkin di sekitaran tahun 2013 dan langsung jatuh cinta karena body-nya yang kecil dan pas di tangan saya. Rasanya EOS M sudah mengeluarkan generasi barunya dan saya yakin pasti hasil dan fiturnya lebih keren lagi, tapi yang saya mau bahas di sini adalah EOS M generasi pertama yang mungkin bisa anda beli sekennya di kisaran 2,5 juta sampai 3,5 juta rupiah. Waktu beli langsung naksir sama yang warna merah dan saya beli yang full package terdiri dari 1 buah kamera mirrorless EOS M, 1 buah lensa 20mm dengan difragma 2,0, lensa 18-55mm dengan difragma 3,5, dan lampu flash kecil mungil yang ternyata bisa bantu-bantu saya kalo pas suasana udah mulai gelap sedangkan mau fofo-foto muka temen-temen yang pada narsis.

Ternyata body kecilnya itu bukan alasan ga bisa bikin gambar bagus, karena saya sempet juga bikin motret pre wedding adik saya dengan kamera ini dan tanpa pandang buluh saya set format gambarnya di RAW dan tetep aja maknyus ketika saya mesti edit fotonya di photoshop.

Kualitas Video EOS M

Baguuussssssss banget…..menurut saya lho ya, dan perlu anda ketahui bahwa semua video behind the scene Bomanta.com yang baru-baru ini dibuat dengan EOS M setelah dulunya saya bikin pake EOS 7D, dan ternyata kamera kecil ini punya kualitas gambar video HD yang keren banget. Puassss saya makenya dari mulai di Hong Kong dan Maldives, buat shooting para penyu yang lagi berenang itu jernih banget gambarnya.

Yang Minus dari EOS M

Baterenya boros, dah itu aja!

Hasil Gambar EOS M

review eos m bomanta 1
Canon EOS M; Exposure 1/400; F number 9; Focal Length 18mm
review eos m bomanta 2
Canon EOS M; Exposure 2; F number 8; Focal Length 35mm
review eos m bomanta 3
Canon EOS M; Exposure 1/100; F number 3,5; Focal Length 18mm
review eos m bomanta 4
Canon EOS M; Exposure 1/200; F number 9; Focal Length 20mm

Hasil Video EOS M

Nah….lengkap sudah saya kasih review tentang kamera kecil Canon EOS M ini, semoga aja ada orang Datascript baca artikel ini terus saya dijadiin Canon Ambassador biar disupport deh peralatan-peralatan saya jadi makin keren kalo berkarya…Amiiinnn!!!!!


Boma

Professional blogger since 2010 who put a concern to write a story about traveling, culinary, and hospitality services - An airbnb Host since 2013 in Boma House Yogyakarta

One thought on “Kamera Kecil Tapi Hasilnya Gokil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *