Jangan Remehkan Mereka Hanya Karena Sebuah Liburan Sederhana dan Menginap di Masjid

Halo nama saya Bima seorang travel madness asal kota Gudeg Yogyakarta, saya ucapkan terima kasih karena anda berkenan membaca tulisan saya kali ini. Ya..blog sederhana bernama Bomanta.com ini saya bangun sendiri sejak tahun 2010 dan selalu bercerita tentang liburan dan makan-makan baik di tempat yang pernah saya kunjungi sendiri hingga tempat-tempat yang memang sedang saya impikan. Kebiasaan liburan memang sudah mendarah daging sejak saya masih pacaran dengan seorang wanita yang saat ini sudah menjadi istri saya, cuma dulu ga pernah bisa yang sampe nginep paling mentok cuma liburan ke Solo dimana kita berangkat jam 7 pagi dan pulang jam 7 malam, itu aja mentok patungan 50 ribu seorang buat semua keperluan dari naik kereta Prameks, makan, naik becak, sampai dengan beli oleh-oleh buat tanda bukti kita memang lagi jalan-jalan.

Teman-teman yang baik, beberapa waktu lalu saya mendengar bahwa salah satu wali murid di tempat anak saya sekolah baru saja melakukan liburan sekeluarga mereka ke Solo…wah sebuah kota kecil yang menarik. Tujuannya cuma 1 yaitu lihat Kirab dari Kraton Solo, yang menjadikan saya kagum bahwa keluarga yang terdiri dari pasangan suami-istri dan anaknya masih ditambah kedua orang tua pergi ke Solo naik kereta Prameks dan menginap DI MASJID!! Mendengar cerita kalau keluarga kecil ini sampai menginap di Masjid hanya untuk sebuah liburan sayapun kaget, dalam hati saya…ini niat-nya luar biasa dan determinasi mereka untuk liburan patut dihargai. Anda tahu…? Sebagian wali murid mencibirkan keputusan mereka yang menginap di Masjid karena hal itu dianggap tidak bahagia…norak, dan sebaginya.

stasiun purwosari solo
villa-mandi-ubud
Villa Mandi Ubud

Saya sudah bilang di atas bahwa saya adalah seorang travel madness, cara saya liburan adalah dengan merasakan setiap pengalaman yang ada tanpa ada batasan baik itu dari sisi biaya, waktu, kesempatan, gengsi dan hal lainnya yang sekiranya banyak dipikirkan orang. Saya pernah ‘Ndlosor’ semalaman di bandara cuma gara-gara ga punya duit buat nginep di hotel, tapi saya juga pernah menginap di resort bintang 5 di Makau. Saya tidak pernah perdulikan omongan orang tentang bagaimana liburan yang benar karena setiap orang punya caranya masing-masing, dan tentu saja disesuaikan dengan kemampuannya saat ini.

Baca review saya tentang pengalaman menginap di Venetian Resort Makao

Bagi saya…menginap di masjid bukanlah sebuah hal yang hina karena saya yakin inilah HAL TERBAIK yang bisa mereka lakukan untuk mewujudkan sebuah kebahagian, ini sungguh-sungguh luar biasa. Saya bisa menyimpulkan bahwa keluarga sederhana yang menginap di Masjid ini jauh lebih bahagia ketimbang orang-orang lain yang sekiranya hanya bisa mencibir dan tidak punya kesempatan bahkan kemauan untuk liburan.

Teman-teman yang baik…dimanapun posisi kehidupan anda sekarang berada, berapapun jumlah uang yang ada di dalam tabungan anda sekarang cobalah sisihkan 5 – 10% untuk liburan tanpa perlu dipikirkan APAPUN BENTUKNYA. Cobalah….ini akan sangat mengasyikkan, jika keadaan saat ini anda baru bisa ajak keluarga liburan ke Candi Borobudur sekalipun rumah anda di Magelang (ini cuma perjalanan 20-30km) maka lakukanlah karena itulah yang terbaik untuk anda saat ini. Jika suatu saat Tuhan memberikan anda kelebihan sehingga punya uang yang cukup untuk ke Singapura maka lakukanlah karena pengalamannya akan sangat berbeda.

Saya mau berbagi sedikit pengalaman yang saya harap bisa menginspirasi anda semua terkait perencanaan liburan. Datanya akurat karena baru saya rancang dari Juli 2016 dan kita akan berangkat liburan pada bulan Januari 2017. Saya dan keluarga akan berlibur ke Bali selama 4 hari 3 malam, yuk saya share beberapa informasi yang terkait:

Jumlah Orang

• 4 Orang (2 Dewasa + 2 Anak usia 3,5 tahun dan 6 tahun) – menurut peraturan dengan usia anak di atas 2 tahun maka bayar tiket pesawat FULL

Tujuan & Durasi Liburan

• Bali – 4 Hari 3 Malam

Rencana Keuangan

• 4 tiket pesawat Air Asia (berangkat): Rp. 1.661.000
  • 4 tiket pesawat (pulang): Rp. 1.828.000
  • 1 malam menginap di Villa Mandi Ubud (termasuk sarapan untuk 2 orang): Rp. 307.000
  • 2 malam menginap di Seminyak dengan Airbnb (tanpa sarapan): Rp. 156.000 (saya dapat travel credit USD80)
  • Sewa mobil Karimun Estilo Rp. 170.000 x 3 hari: Rp. 510.000
  • Bensin untuk 3 hari: Rp. 200.000 (Karimun Estilo mobil paling irit yang pernah saya tahu)
  • Tour (Bali Safari Marina Park dan Bedugul): Rp. 505.000
  • Belanja oleh-oleh: Rp. 500.000
  • 9x makan: Rp. 1.200.000

TOTAL Rp. 6.867.000,-

Coba dibulatkan saja angkanya jadi 6,9 juta biar gampang maka anda tinggal nabung:

• 575.000/bulan selama 12 bulan/1 tahun
  • 287.500/bulan selama 24 bulan/2 tahun
  • 191.666/bulan selama 36 bulan/3 tahun

Jangan remehkan dulu jumlah bulan anda menabung di atas! 12 bulan atau 24 bulan menabung tapi bisa liburan itu jauh LEBIH BAIK daripada anda tidak liburan sama sekali, bahkan jika memang anda baru bisa liburan setelah tahun ke 3 itupun sudah luar biasa. Coba anda lihat rencana dan perhitugan uang liburan di atas? Sebagian orang mungkin bilang mahal, sebagian orang bilang murah, faktanya seorang teman saya melakukan perjalanan serupa ke Bali dengan jumlah hari yang sama dia sudah menghabiskan Rp. 15.000.000,-

Artinya begini…anda tidak perlu seperti orang lain untuk melakukan liburan, ingat TUJUANNYA ADALAH LIBURAN, dan bukan masalah banyak-banyakan uang yang dipakai. Intinya juga KEBAHAGIAAN jadi jika anda pikir biaya 9x makan sejumlah 1,2 juta untuk 4 orang adalah terlalu mahal maka jangan lakukan itu, di Bali juga ada kok warung pecel penyetan ataupun nasi goreng dok-dok, cari deh daerah jalan Teuku Umar Denpasar, seabrek-abrek makanan di daerah itu.

Yuk saya bantu lagi dengan informasi yang berguna tentang mendapatkan akomodasi atau penginapannya:

VILLA MANDI UBUD

Ini villa letaknya di Ubud di tengah persawahan dan kampung, ada kolam renangnya, anda bisa ajak putra-putri anda berenang sampe puas. Tempat wisata yang masih terjangkau yaitu Monkey Forest, Ubud Center, dan Museum Lukis Blanco. Anda bisa bandingkan harga yang ada dari traveloka ataupun Agoda.com biasanya traveloka lebih murah tapi coba aja kadang-kadang persaingan harga antar 2 marketplace ini sering terjadi, jadi MANFAATKAN! — cek harga villa mandi

VILLA DI SEMINYAK

Saya menginap menggunakan Airbnb, kenapa di atas ditulis saya dapat travel credit USD80, yaitu karena saya berhasil meyakinkan seseorang untuk menjadi host juga seperti saya maka airbnb menghadiahkan saya voucher menginap senilai USD80, jadi dari harga total kamar sekitar 1,2 juta untuk 2 malam saya cukup membayar Rp. 156.000 saya.

Kalau anda ingin dapat voucher menginap dengan airbnb juga di Bali, saya kasih voucher antara USD20-USD25 tapi syaratnya total biaya menginap anda minimal USD70.

airbnb voucher bomanta

Selamat merencanakan liburan, mumpung masih muda, tenaga masih meluap-luap, dan anda masih dalam usia produktif dimana bisa men-generate uang dengan lebih leluasa, sampai ketemu di tulisan selanjutnya.

Bima

Professional wedding photographer and blogger since 2010 who put a concern to write a story about photography, traveling, culinary, and hospitality services