Airbnb Host Indonesia

Apakah anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan hingga jutaan rupiah/hari dari sekedar menyewakan kamar dan properti nganggur?

Halo semua nama saya Bima dan saya adalah founder dari blog Bomanta.com yang sedang anda baca saat ini. Sejak tahun 2002 saya sudah punya impian untuk memiliki sebuah bisnis perhotelan yang tamunya berasal baik dari dalam maupun luar negeri.

2013 adalah tahun pertama dimana saya tahu ada sebuah platform dimana saya bisa me-monetize aset properti saya secara lebih baik yaitu dengan menyewakan kamar per kamar kepada para traveler yang datang dari seluruh penjuru dunia. Karena itulah sebagai seorang traveler dan host airbnb aktif sejak 2013 saya ingin membagikan peluang ini dengan anda semua.

Sebelum anda melanjutkan membaca, silahkan lihat video tentang bagaimana serunya melayani para traveler tersebut di rumah saya!

 

Airbnb Mewujudkan Impian Masa Kecil Saya Untuk Bisa Menjalankan Bisnis Perhotelan di Usia 33 Tahun

Terhitung mulai tahun 2013 saya sudah membangun dan menjalankan 3 (tiga) unit properti Airbnb yang masih aktif melayani para tamu baik dari dalam dan luar negeri. Karena kebetukan saya tinggal di Jogja maka semua properti tersebut juga berada di Jogja, sebuah kota penuh cinta dan seabrek wisatawan baik dari Indonesia dan luar negeri.

BOMA HOUSE

Properti pertama saya, Boma House, adalah rumah tinggal saya pribadi dimana saya menyewakan 2 kamar nganggur bekas kos-kosan yang terpaksa saya tutup tahn 2013 setelah adanya anak kos yang hamil di luar nikah.

 

REGOL IJO – Dulu Namanya adalah Boma House Malioboro

airbnb experience

Ini adalah properti kedua yang saya dirikan pada tahun 2014, lokasinya yang berada dalam radius 300 meter dari Malioboro membuatnya menjadi salah satu rumah terbaik bagi para wisatawan yang ingin tinggal di pusat kota. Singkat cerita ini adalah rumah dari budhe saya yang seorang pensiunan dimana beliau saya bantu mendapatkan penghasilan tambahan dari menyewakan 3 kamar yang dimilikinya.

 

THE CHENDELA

yogyakarta for 3 days

Properti ketiga saya, The Chendela, adalah rumah tinggal eyang yang disulap menjadi sebuah guest house dengan 7 kamar lengkap dengan cafe dan ornamen bunga-bunga cantik hasil kreasi seniman lukis asal Jogja.

 

7 Alasan Kenapa Airbnb Lebih Baik?

1 – Networking Yang Luas Sesama Traveler

Airbnb adalah platform terbaik dimana anda bisa menyewakan kamar atau rumah tempat tinggal anda sendiri bahkan sekalipun anda tinggal di properti tersebut. Platform ini diciptakan agar para traveler bisa bertemu langsung dengan host-nya dan saling bertukar pikiran, ngobrol bersama bahkan ada yang akhirnya bertemu jodoh.

Jika anda adalah seorang traveler aktif atau orang yang kerap melakukan perjalanan bisnis maupun liburan, bertemu dengan sesama traveler dari seluruh belahan dunia adalah hal yang menyenangkan karena dari sini anda bisa saling bercerita tentang dunia traveling.

2 – 100% Kontrol Terhadap Properti Anda

Dengan menggunakan Airbnb anda punya kontrol 100% terhadap properti yang anda miliki, jika sewaktu-waktu anda ingin menutupnya sementara waktu karena akan pergi liburan atau dipakai oleh saudara dekat maka anda tinggal mem-blokir tanggalnya secara manual.

3 – Tidak Ada Target

Tidak seperti anda bergabung sebagai pengemudi online dimana meraka harus punya target perjalanan jika ingin mendapatkan bonus. Di Airbnb TIDAK ADA target sama sekali, kalau anda mau sewakan maka akan dapat penghasilan tapi jika anda mau tutup sementara waktupun tidak ada masalah

4 – Garansi Kerusakan dari Airbnb

Ini adalah satu-satunya alasan kenapa anda bisa mencoba menjalankan bisnis airbnb dengan rasa aman, Airbnb menjamin kerusakan properti anda yang disebabkan oleh tamu. Semua term & condition ini akan anda dapatkan ketika hunian anda sudah ‘publish’ di Airbnb

5 – Pembayaran Langsung

Secara umum Airbnb punya 2 sistem pembayaran yaitu dengan Paypal maupun transfer antar bank. Secara sistem jumlah uang hasil sewa kamar ini akan anda dapatkan 24 jam paska tamu check in.

Bagi anda yang memilih meneria uang dengan Paypal maka keesokan harinya uang tersebut sudah masuk ke rekening Paypal Anda, tapi bagi anda yang menggunakan transfer bank keesokan harinya anda sudah menerima email notifikasi tentang jumlah penghasilan dan uang tersebut akan masuk ke rekening anda dalam waktu 3-4 hari kerja.

6 -Review Yang Adil di Kedua Belah Pihak

Tidak seperti platform lain dimana hanya pihak tamu yang boleh me-review, tapi di Airbnb baik anda di posisi host maupun tamu di posisi traveler sama-sama bisa meninggalkan review.

Hal ini akan menjadikan anda dan para tamu sama-sama jujur terhadap pelayanan yang diberikan dan seketika nanti ada tamu yang menjengkelkan anda pun ber hak untuk mereview-nya secara negatif untuk alasan keamanan para host lainnya.

7 – Anda yang tentukan harga dan Airbnb hanya mengambil sedikit dari uang sewa

Anda bebas menentukan harga bahkan Airbnb menyediakan fitur ‘Smart Pricing’ untuk mendeteksi berapa harga pasaran dari kompetitor dalam radius 2 km dari rumah anda.

Di platform lain sistem bagi hasil adalah mutlak di kisaran 15% tapi di Airbnb berbeda!

Anda sewakan kamar seharga $30/malam maka yang TAMU BAYARKAN adalah sewa kamar + airbnb fee dan pada akhirnya anda akan mendapatkan kisaran $29. Selama lebih dari 6 tahun ini saya hanya dipotong sekitar $1 untuk setiap malamnya dari harga sewa yang saya tetapkan….sangat-sangat mengungtungkan!

 

Ini Bukan Cara Cepat Jadi Kaya, Walaupun Nantinya Anda Akan Merasakannya

Jika anda mengharapkan kekayaan dalam waktu 1 bulan setelah buka maka anda salah tempat, Airbnb mutlak adalah sebuah bisnis dimana anda harus mengelola dan menjalankannya dengan baik. Di bawah ini saya akan tunjukkan screenshots penghasilan saya dari menyewakan kamar di Boma House senilai $12/malam:

cari uang dari airbnb

Lihat degan teliti bahwa di tahun pertama saya memulai (Juli 2013) saya hanya mendapatkan $121 tapi coba lihat di tahun berikutnya dimana angka itu naik hingga $1775.

Ingat! di Boma House saya hanya menyewakan kamar senilai $10 tapi jika anda menyewakan kamar di harga yang lebih baik dari saya maka peluang anda untuk mendapatkan uang lebih banyak jelas sangatlah mungkin.

Yuk saya berikan berhitungan sederhananya:

BOMA HOUSE

  • $1775/tahun dengan kurs 14.000 maka penghasilan saya Rp. 24.850.000/tahun hanya dengan menyewakan 2 kamar. Perlu diketahun bahwa rumah kontrakan 2 kamar di sekitar saya hanya disewakan maksimal 12 – 15 juta pertahunnya
  • Dengan $1775 itu artinya saya hanya menyewakan kamar sebanyak 147 malam dalam setahun, masih banyak malam yang tersisa untuk digunakan saudara atau teman dekat yang mau menginap

HUNIAN ANDA

  • Jika anda bisa menyewakan apartemen atau kamar yang lebih layak maka anda bisa menaikkan harga sewanya. Rata-rata harga sewa apartemen kelas studio di kota seperti Semarang, Solo, dan Bekasi adalah $23, villa di Ubud Bali bahkan ada yang disewakan hingga $80/malamnya!
  • Dengan harga $23 tersebut dan anda sewakan sebanyak 147 malam seperti saya maka penghasilan anda akan menjadi $3381 atau Rp. 47.334.000 – angka yang sangat cukup untuk menanggung biaya liburan tahunan anda kan!

 

Panduan Menjadi Seorang Host Airbnb

Sebelum anda menjadi seorang host ada baiknya anda mempelajari tahapan-tahapan yang perlu anda lakukan untuk bisa melayani para calon tamu di rumah anda. Karena itu silahkan pilih panduan yang sesuai dengan kebutuhan anda:

 

NOTE – Panduan Airbnb nomer 2 dan 3 memerlukan pembayaran dalam satuan USD dimana anda perlu membayar dengan Paypal maupun Kartu Kredit (bisa dengan kartu kredit dari bank apa saja). 

SOLUSI PEMBAYARAN Paypal dan Kartu Kredit

Jika anda ingin membeli ebook dan mengikuti kursus saya tapi tidak memiliki kartu kredit maupun Paypal maka anda bisa menggunakan salah satu layanan dari perusahaan yang saya rekomendasikan berikut ini:

 

1 – Saya Sudah Paham dan Ingin Langsung Daftar Jadi Host Airbnb

Jika anda sudah pernah punya pengalaman mengelola bisnis hospitality maka saya sarankan anda untuk langsung mendaftarkan rumah, villa,  atau properti anda di Airbnb. Caranya mirip seperti ketika anda mendaftarkan nama dan email anda ke social media seperti facebook dan instagram, bedanya adalah di sini anda perlu memasukkan rekening bank atau akun paypal anda untuk menerika pembayaran dari para tamu yang menginap.

 

2 – Saya Ingin Mendapatkan Inspirasi Terlebih Dahulu

Tahun 2016 lalu saya menulis sebuah eBook yang berisi cerita suka duka selama saya menjadi host dan membantu budhe saya mendapatkan penghasilan tambahan dari menyewakan huniannya di Airbnb.

Bagi anda yang ingin mendapatkan inspirasi tentang bagaimana saya dulu memulai bisnis ini dan seperti apa rasanya menjadi seorang host maka anda bisa membeli ebook Airbnb Be A Host tersebut melalui Sellfy maupun Google Book Store

 

 

 

 

 

 

3 – Saya Ingin Tahu Semua Hal Tentang Airbnb Sebelum Menjadi Seorang Host

Jika anda adalah seseorang yang masih awam atau belum pernah menjalankan bisnis hospitality ini sebelumnya maka anda bisa mengikut kursus ‘Airbnb Be a Host’ dalam format video yang secara langsung saya bawakan.

Di dalam paket kursus ini anda akan saya tunjukkan secara visual tentang ke-3 properti Airbnb yang saya bangun sejak 6 tahun belakangan (Boma House – Regol Ijo – The Chendela) sehingga anda akan tahu persis bagaimana saya memulai bisnis ini dari NOL dan bermodalkan kamar nganggur dan serta uang 100 ribu rupiah.

Bagi anda yang bergabung dalam kursus ‘Airbnb Be a Host’ ini maka anda sekaligus akan mendapatkan 2 (dua) bonus pembelajaran seperti:

  • eBook Airbnb Be a Host seperti pada point nomer 2 di atas (formatnya dalam PDF)
  • Review tentang Sapulu Coffee, ini adalah bisnis Food and Beverages yang saya bangun bersamaan dengan unit ke 3 saya bernama The Chendela dimana baik para tamu dari luar guest house maupun dari dalam bisa menikmati sajian kopi nikmat racikan para barista terbaik yang bekerja selama ini dan membantu saya menjalankan bisnis ini menjadi jauh lebih sempurna.

NOTE — Chapter 1 di dalam video kursus ini bisa anda akses secara GRATIS, langsung masukkan nama dan email di kursus ‘Airbnb Be a Host’ saya ya..!