Cara Menggunakan Fitur Special Offer Bagi Para Host Airbnb

host airbnb bannerSelamat pagi teman-teman semua saya Boma, setelah hampir 5 tahun saya menjadi host airbnb dan mengumpulkan travel credit rasanya ini adalah waktu yang tepat bagi saya untuk mulai menikmati hasil jerih payah selama 5 tahun terakhir yang tidak lain adalah menjadi tamu di beberapa unit airbnb yang ada baik di Indonesia dan di luar negeri. Kalau hanya jadi seorang host rasanya tidak lengkap pengalaman yang didapat karena dari itu penting bagi saya untuk merasakan pengalaman sebagai tamu agar bisa melayani lebih baik lagi bagi para tamu yang berkunjung ke Boma House. Yang saya tahu beberapa hotel dan guest house mulai mendaftarkan unitnya ke Airbnb, jika anda belum maka silahkan coba mendaftarkan unit anda di airbnb dan lihat seberapa banyak kemungkinan pendapatan anda. Jika sebelumnya anda terbiasa dengan mendaftarkan diri di Traveloka, Agoda, maupun Booking.com maka ada fitur yang berbeda dari airbnb yaitu Fitur Special Offer, ini adalah fitur yang biasanya tidak diketahui oleh kebanyakan host.

Secara singkat special offer adalah fitur yang bisa anda gunakan untuk memberikan harga khusus (tidak melulu diskon) kepada tamu baik itu merupakan diskon harga kamar maupun charge tambahan yang ingin tamu bayarkan sekaligus pada saat pemesanan misalnya, extra bed, breakfast, atau layanan tambahan lainnya seperti tur dan lain sebagainya. Dengan fitur ini maka anda akan dipastikan menerima uang baik dari sewa kamar hingga additional cost dari sebelum tamu datang sekalipun posisi uang masih di tahan di airbnb sampai 24 jam tamu tersebut melakukan check in. Kelebihan bagi tamu adalah, ada sebagian tamu yang tidak mau repot dengan membayar cash maupun debit di meja resepsionis karena mereka maunya semua beres dari pada saat mereka melakukan pemesanan atau reservasi. Bagaimanakah caranya mengirim ‘Special Offer’ untuk para tamu anda, yuk simak panduan saya di bawah ini:

  1. Bukalah halaman pesan antara anda dengan tamu yang ingin dikirimkan special offer
  2. Klik ‘Send Special Offer’
  3. Di bagian kiri halaman tertulis ‘Subtotal’ kemudian isilah kolomnya dengan angka yang anda inginkan tamu untuk membayar, silahkan tambahkan semua item yang sudah sewajibnya tamu bayarkan
  4. Selanjutnya tinggal klik ‘Send Special Offer’

Setelah anda menekan tombol ‘Send Special Offer’ maka tamu akan menerima email tentang hal tersebut, begitu tamu menyetujui special offer dari anda maka tamu tersebut akan melihat daftar harga baru yang seharusnya dibayar.

ini adalah bentuk fitur special offer yang akan anda kirimkan kepada para tamu
ini adalah special offer yang tamu terima di email mereka

 

Ada beberapa hal lagi yang seharusnya anda ketahui tentang fitur special offer yaitu:

  1. Special Offer tidak akan memblokir tanggalan kamar di hotel anda sebelum si tamu menyetujui (menekan tombol accepted)
  2. Jika anda tidak bisa mengirimkan Special Offer ke tamu anda maka pastikan terlebih dahulu jika tanggal di hari lain itu tersedia (ini kasus ketika tamu mau extend kamar)

Saya sangat berharap anda dan para host baru di Airbnb membaca tulisan ini sehingga jika suatu saat ada tamu yang meminta anda melakukan pilihan Special Offer ini maka anda sudah bisa melakukannya untuk mereka. Perlu diketahu bahwa ada sejumlah tamu Airbnb yang punya keistimewaan seperti saya yaitu membayar dengan Travel Credit, jadi bukan dengan uang cash maupun membayar dengan kartu kredit. Pada prinsipnya travel credit adalah semacam uang dunia maya seperti yang anda sering temukan pada fitur GoPay.

Semoga tulisan ini berguna untuk anda semua, selamat menjadi host dan mendapatkan penghasilan tamabahan dari Airbnb. Jika anda belum mendaftar menjadi host dan ingin memperluas segmen market tamu anda, maka silahkan daftarkan hotel/guest house yang anda miliki dengan Airbnb.

Boma

Professional blogger since 2010 who put a concern to write a story about traveling, culinary, and hospitality services - An airbnb Host since 2013 in Boma House Yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat WhatsApp us