Cara Mendaftarkan dan Menjual Tur Anda di Airbnb

Apakah anda memiliki tur atau layanan personal yang terkait dengan dunia tourism? kalau jawaban anda iya maka kini saatnya anda memperluas segmen market, berburu dollar dan menambah pundi-pundi di dalam tabungan anda.

Halo nama saya Bima dan saya adalah seorang host aktif Airbnb sejak 2013, kegiatan melayani penginapan bagi ribuan tamu baik dari dalam dan luar negeri serta memberikan layanan tur di sekitar tempat kota tinggal saya adalah aktivitas menarik yang hingga saat ini memberikan penghidupan bagi saya dan keluarga.

Karena saya tinggal di Yogyakarta maka layanan yang saya berikan kepada para tamu-tamu dari blog ini adalah menonton sendratari Ramayana, hiking ke bukit di belakang Candi Borobudur, kursus Batik, serta eksplorasi kedua candi yang ada di dekat Jogja tersebut (Borobudur dan Prambanan).

Yang menarik dari mendaftarkan layanan tur di Airbnb ini adalah TIDAK MELULU harus berupa tur pariwisata secara murni seperti yang saya lakukan di atas karena dengan airbnb anda bisa mendaftarkan beragam keahlian pribadi seperti:

  1. Menjadi guide keliling kota
  2. Menemani tamu untuk wisata kuliner
  3. Mengajarkan orang untuk memotret pariwisata di kota anda
  4. Memberikan tutorial menari klasik maupun kontemporer
  5. Memberikan pembelajaran tentang kursus masak makanan lokal
  6. Mengajarkan wisatawan untuk bercocok tanam dan menamam padi langsung di sawah
  7. Bahkan menyewakan mobil kendaraan anda sendiri dan langsung menjadi guidenya untuk keliling kota tempat anda tinggal

gardu pandang barede borobudur jual tur borobudur sunrise

Coba lihat pemandangan indah Borobudur di pagi hari tadi, inilah yang saya jual kepada para tamu-tamu saya.

Saya ‘memaksa’ para tamu saya baik dari dalam dan luar negeri untuk bangun pagi karena saya akan menjemput mereka pada pukul 3.30 pagi (jelas sekali mereka masih ngantuk) dan kemudian saya bawa menggunakan mobil ELF atau Hiace untuk menuju ke sebuah bukit cantik di belakang candi borobudur bernama Bukit Barede. Dari bukit tersebut saya masih ‘memaksa’ para tamu saya untuk ngos-ngosan mendaki bukit selama kurang lebih 10 menit berjalan kaki tapi pada akhirnya saya hadiahkan mereka dengan pemandangan alam seindah ini.

Saya bekerja sama dengan para penduduk lokal untuk memberikan sentuhan-sentuhan kreatif agar mereka mengenakan baju jawa dan memainkan alat musik gamelan agar ketika mereka datang maka alunan musik tradisional jawa-lah yang akan mereka dengar.

Sebuah hal sederhana yang tentu anda dan siapun orang bisa melakukannya!

 

Kenapa Harus Susah-Susah Cari Uang di Tempat Yang Anda Tidak Suka Kalau Ada Hal Menarik Yang Bisa Anda Optimalkan Untuk Mencari Penghidupan?

Bekerja dan mendapatkan uang melalui passion yang anda miliki bukanlah sebuah hal mustahil karena dunia memberikan solusinya. Dengan sebuah program Airbnb Experience ini maka anda bisa menjual APA SAJA yang terkait dengan keahlian pribadi anda kepada setiap pengunjung baik dari dalam dan luar negeri.

Internet jelas memberikan kebebasan anda untuk berkarya karena itu jelas anda bisa melakukan hal apapun yang anda sukai untuk mendulang rejeki bagi anda dan keluarga.

Di awal tadi sudah saya jelaskan bahwa saya menjadi seorang host aktif airbnb sejak 2013 dimana anda bisa membaca cerita perjalanan karir saya sebagai host Airbnb untuk memberikan inspirasi dan gambaran seperti apakah bekerja di dunia hospitality itu.

 

Kini Saatnya Anda Memanjakan Tamu Anda Dengan Ekspertis Yang Anda Bisa!

Untuk mendaftarkan layanan atau ekspertis yang anda miliki anda cukup masuk ke halaman pendaftaran Airbnb Experience, saya pribadi mengundang anda untuk bergabung dan mulailah mendulang dollar dari para tamu yang berasal dari dalam dan luar negeri.

Ketika anda akan mulai mendaftar maka anda akan menemui beberapa halaman yang perlu diisi seperti:

1 – Tentukan Lokasi Anda

Di dalam halaman ini anda hanya perlu memilih dimana kah anda akan membuka layanan anda

mendaftarkan tur di airbnb

 

2 – Isi bahasa yang akan anda gunakan

Bekerja dengan platform asing seperti Airbnb memang mutlak adanya untuk anda bisa berbahasa Inggris sekalipun pada prakteknya banyak juga orang Indonesia yang sudah mulai menggunakan platform ini untuk mencari layanan-layanan atau tur lokal di tempat mereka liburan.

Di dalam form berikutnya ini anda bisa mengisi bahasa apa yang akan anda pergunakan untuk melayani para tamu.

mendapatkan uang dari menjual tur

 

3 – Layanan apa yang akan anda berikan

Coba perhatikan jenis-jenis layanan yang bisa anda tawarkan melalui airbnb di bawah ini, sangatlah beragam!

Dengan begini anda bisa mendaftarkan apapun layanan atau ekspertis yang anda mampu dan mulailah untuk mendulang uang secara terus menerus baik dari para tamu di Indonesia maupun luar negeri.

cara menjalan tur secara pribadi

Selanjutnya anda tinggal melengkapi beberapa kolom seperti deskripsi layanan yang akan anda berikan, latar belakang anda secara pribadi hingga mengkonfirmasi data identitas anda (bisa dengan KTP atau Paspor), dan selanjutnya anda bisa mulai menjualkan layanan pribadi anda kepada para tamu-tamu yang ada.

 

Kini Giliran Anda Meraup Dollar!

Sudah lebih dari 5 tahun saya memberikan layanan bagi para tamu-tamu yang datang ke guest house bahkan tamu luar yang mampir ke blog ini, karenanya kini giliran anda.

Daftarkan segera tur atau layanan pribadi yang anda miliki sekarang juga!!! isi data-data yang bisa menjelaskan secara lebih rinci tentang layanan tersebut dan raup penghasilan anda sekarang juga!

Bagi anda yang sudah mulai menjalankan bisnis ini dan ingin berbagi inspirasi kepada para pembaca blog saya maka anda bisa menuliskan pengalaman anda pada kolom komentar di bawah ini.

Sampai ketemu lagi di artikel selanjutnya!

Bima

Professional wedding photographer and blogger since 2010 who put a concern to write a story about photography, traveling, culinary, and hospitality services

2 thoughts on “Cara Mendaftarkan dan Menjual Tur Anda di Airbnb

  • June 8, 2019 at 4:21 am
    Permalink

    Sangat bagus sekali, apakah ada instagram atau alamat whatsapp yg berkenan untuk sharing? Saya tertarik sekali mendaftarkan host

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *