Airbnb Indonesia, Ini Cara Memulai Bisnis Sewa Kamar Dengan Airbnb

Tidak ada yang menyangka bahwa sebuah platform bernama Airbnb Indonesia bisa merombak segala tatanan bisnis dalam persewaan kamar di tanah air. Semua ini berawal dari cerita klasik sekelompok anak muda di Amerika yang kebingungan membayar operasional bulanan apartemennya hingga mereka terpikir untuk menyewakan ruangan kosong agar mendapatkan tambahan penghasilan.

Halo teman-teman semua salam kenal saya Bima, sejak 2013 lalu saya memulai petualangan menjadi seorang host Airbnb di rumah saya yang ada di Yogyakarta. Dua gadis cantik asal Belgia yang akhirnya bertukar masakan dengan saya adalah tamu pertama di rumah yang memberikan saya penghasilan sebesar US$29 (kisaran 390 ribuan pada kurs 2013) untuk menginap selama 3 malam. Nominal uang yang kecil!….ya tapi itulah penghasilan pertama saya dari menyewakan kamar nganggur di rumah hingga nantinya bisnis semacam inilah yang akan memberikan penghasilan bagi tante saya yang sudah pensiun dari salah satu instansi pemerintah dan menghadapi kenyataan bahwa uang pensiunnya tidak cukup untuk menutupi operasional harian di Jakarta.

Saya hanyalah seorang Host dan bukan staf Airbnb!

Memang benar bahwa saya hanyalah seorang host dan bukan tim, staf, atau bahkan pemilik saham Airbnb Indonesia. Cuma saya berharap cerita ini bisa menjadi alternatif bagi anda semua yang ingin mendapatkan tambahan penghasilan dari sebuah pekerjaan sederhana yaitu menyewakan kamar nganggur di rumah. Walau pada kenyataannya nanti, ketika anda adalah pemilik dari guest house, hotel, resort, maupun apartemen sekalipun maka anda tetap bisa me-Monetize unit anda tersebut untuk mendatangkan penghasilan harian.

Apakah Airbnb Itu?

Secara sederhana Airbnb Indonesia adalah sebuah platform baru di tanah air yang memberikan anda kebebasan untuk menyewakan unit properti anda yang semua pengelolaanya anda KUASAI sepenuhnya alias tanpa menggunakan agen atau jasa marketing. Peluang ini sangat terbuka bagi ada yang hanya sekedar punya kamar nganggur (seperti saya) atau bahkan sudah memiliki apartemen, guest house, hotel, maupun resort.

Dengan platform yang sangat sederhana anda bisa mengendalikan unit anda baik dari laptop maupun aplikasi yang bisa diunduh melalui App Store dan Android. Dari bisnis ini anda akan memulai sebuah pengalaman baru mendulang rejeki dari menyewakan unit properti bahkan bisa dikembangkan seperti penjualan tur, rental mobil, hingga jasa pemandu wisata konvensional yang ada di sekitar tempat unit anda berada.

Bagaimana Tahapan Mendapatkan Uang Dengan Airbnb?

Sederhana sekali dan konsepnya hampir sama ketika anda pernah berprofesi sebagai driver gojek maupun penyedia Go-Food.

Seorang tamu akan mencari hunian yang sesuai dengan keinginan mereka, kemudian memesan hunian tersebut dan langsung membayar di depan dimana uangnya ditampung oleh pihak Airbnb Indonesia maupun pusat. 24 jam paska tamu check in maka uang anda akan dicairkan ke rekening penerima uang yang anda daftarkan. Secara umum ada 2 macam rekening penerima yaitu Paypal dimana penghasilannya langsung dikonversi ke dalam USD (sangat cocok bagi anda yang suka memegang dolar) dan wire transfer atau transfer langsung ke rekening anda di Indonesia.

Baik ketika anda akan menggunakan Paypal dan mencairkannya ke rekening di Indonesia maupun anda yang LANGSUNG menggunakan rekening bank di Indonesia maka rata-rata uang akan masuk dalam kurun waktu 2-3 hari, perlu diingat bahwa Sabtu dan Minggu transaksi akan di hold atau berhenti sama seperti layaknya transaksi perbankan.

Apa Yang Menjadikan Airbnb BERBEDA Dibandingkan Kompetitornya?

Local Hospitality, ini adalah alasan utama kenapa orang menggunakan Airbnb.

Ketika seorang tamu memesan kamar di Airbnb, BIASANYA mereka punya keinginan lebih untuk bisa berbaur dengan tamu lainnya atau bahkan dengan pemilik unit. Tentu saya juga paham bahwa ada pemilik unit yang hanya fokus ke bisnis dan memilih untuk tidak bertemu fisik langsung dengan tamu dimana ini semua kembali kepada anda masing-masing.

Di Boma House, saya memilih untuk berbaur dengan tamu karena ini adalah passion. Saya merasa sangat bahagia ketika saya bisa membantu tamu saya yang sedang sakit kemudian mengantarnya ke rumah sakit terdekat atau bahkan mengantar mereka ke kantor polisi untuk mendapatkan surat keterangan ketika handphone mereka dijambret di pinggir jalan, sebuah urusan klasik yang cukup repot bagi anda yang memang tidak suka berbaur secara langsung.

Airbnb bukanlah cara cepat jadi kaya, di sini anda mutlak berbisnis dan berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan terbaik

Kehidupan Host Airbnb

Saya berteman dengan beberapa host yang mayoritas mereka adalah juga seorang traveler aktif, karena itu dari penghasilan yang saya dan teman-teman host peroleh biasanya kami bisa melakukan beberapa hal terkait renovasi rumah, menambah unit kamar, hingga melakukan liburan baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Sebagai gambaran seperti apakah kehidupan Host yang saya lakukan di rumah, anda bisa lihat dari video di bawah ini:

peluang usaha host airbnb
saya dan para tamu

Bukti Penerimaan Penghasilan dari Airbnb

Di bawah ini anda akan lihat bahwa penghasilan Airbnb sangatlah bervariasi dna tentu saja akan tergantu dari harga sewa properti anda, prosentase occupancy, dan hospitality yang anda berikan

cari uang dari airbnb
Penghasilan airbnb tahun 2013 s.d. 2015
penghasilan dari airbnb
tahun 2016

penghasilan dari sewa kamar airbnb

Gambar di atas adalah penghasilan Boma House dari tahun 2013 s.d. 2017 dimana dalam kondisi normal occupancy  yang saya miliki berkisar di angka 25% (artinya dalam 30 hari maka kamar saya terisi untuk 7-8 malam) sebagai informasi harga kamar di rumah saya adalah US$10 – 12 per malamnya.

Sebagai gambaran bahwa beberapa villa di Bali juga menyewakan propertinya dengan Airbnb dengan tingkat hunian atau occupancy mencapai 50% yang harga sewanya adalah US$100-150 per malam (entire villa). Jika anda memiliki hunian dengan harga sewa yang lebih mahal tentu penghasilan anda akan jauh lebih besar daripada yang saya peroleh, gambarannya sbb:

  • Harga sewa villa secara utuh (entire Villa) US$125 per malam
  • Jika dengan tingkat hunian mencapai 50% maka dalam 30 hari hunian anda rata-rata terisi untuk 15 malam
  • Dengan angka tersebut maka penghasilan yang diperoleh adalah US$125 x 15 malam = US$1875 atau kisaran Rp. 26.250.000/bulan (belum dikurangi operasional)
  • Dalam setahun maka penghasilan rata-rata yang dihasilkan adalah Rp. 26.250.000 x 12 bulan = Rp. 315.000.000

Sekali lagi penghasilan anda akan dipengaruhi dari tingkat hunian, harga kamar, dan juga kualitas layanan yang anda berikan

Cara Mendaftarkan Unit Properti Anda di Airbnb Indonesia

Airbnb Indonesia punya sebuah sistem algoritma yang cukup canggih dimana sistem tersebut memungkinkan anda mengetahui potensi penghasilan unit anda (ini hanya perkiraan) dibandingkan dengan kompetitor yang berada di sekitar anda. Karena itu anda bisa mulai mendafarkan unit properti anda ke Airbnb sekarang juga! dengan klik gambar di bawah ini:

daftar jadi host airbnb indonesia

Setelah anda klik gambar di atas maka saya sarankan anda membaca tulisan saya di bawah ini dimana saya sudah tulis tata cara memilih tipe properti, banyaknya tamu yang bisa anda layani, proses penerimaan uang, pengambilan foto properti, hingga ke penentuan harga.

 

Cara Praktis Mendaftarkan Properti Anda di Airbnb

Silahkan lanjut baca artikel di bawah ini

Airbnb Indonesia MEWAJIBKAN anda mencantumkan identitas asli anda (KTP) serta menyertakan link social media (facebook, instagram, dan semacamnya) dan pastikan anda terlibat aktif di dalamnya karena dalam tahapan inilah anda secara pribadi akan di track oleh sistem airbnb secara manual*

NOTE – Tracking secara manual ini digunakan oleh Airbnb untuk mengetahui siapa anda, apa profesi anda, dan apakah anda mempunyai catatan hitam di dalam dunia maya. Airbnb Indonesia akan MELARANG SIAPAPUN calon host yang terlibat terorisme, fanatik keagamaan, dan semacamnya

 

Pemahaman Tentang Karakteristik Tamu Domestik VS Mancanegara

Dalam kurun waktu 5 tahun terakhir ini saya menyewakan 2 kamar (AC dan FAN) di dalam rumah saya dimana secara jumlah sudah lebih dari 500 tamu yang berasal dari 15 negara (selain Indonesia) pernah saya tangani.

Di dalam artikel berikutnya saya akan memberikan gambaran tentang karakteristik tamu domestik dan juga tamu mancanegara.

Silahkan baca artikel saya tentang karakteristik tamu di bawah ini:

 

Pengenalan Fitur SPECIAL OFFER di Airbnb

Ketika anda sudah mulai menerima pesan dari tamu bahwa mereka akan menginap di properti anda maka PASTIKAN ANDA MEMBALAS pesannya, perhatikan tulisan saya di atas tentang alasan kenapa tamu memilih Airbnb yaitu karena Local Hospitality. Kecepatan anda membalas chat akan berpengaruh terhadap rating anda di Airbnb yang juga akan diperlihatkan kepada calon tamu.

Yang jadi unik di Airbnb adalah adanya fitur SPECIAL OFFER dimana di dalam fitur ini anda bahkan bisa menambahkan langsung biaya-biaya tambahan seperti sarapan, tur, extra bed, dan semacamnya.

Silahkan baca artikel saya tentang special offer di bawah ini:

Ini adalah akhir dari tulisan saya kali ini, sebuah cerita singkat tentang peluang yang ditawarkan oleh Airbnb Indonesia buat kita semua. Jika anda sudah memiliki properti yang bisa disewakan maka anda bisa mendaftarkan diri sekarang juga sebagai host. Sekalipun anda tidak punya properti tapi bisa mengajak kerjasama orang tua, saudara, teman, atau bahkan mitra kerja anda maka anda bisa juga menjadi host Airbnb.

Cari tahu perkiraan penghasilan properti anda dan daftarkan dan segera propertinya di Airbnb melalui gambar di bawah ini:

Bima

Professional wedding photographer and blogger since 2010 who put a concern to write a story about photography, traveling, culinary, and hospitality services

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat WhatsApp us